Apa Itu Asterisk Dan Kegunaannya 2021

Pengertian Asterisk

Asterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol).


SIP tidak menyediakan layanan secara langsung , tetapi menyediakan pondasi yangdapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol) untuk transfer data secara real-time, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendiskripsikan sesi multimedia , dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network).

Pengertian SIP



SIP (Session Initiation Protocol) adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang bisa meliputi suara, video, dan text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan pondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna

Kelebihan :

  • dapat jalan dibanyak platform OS
  • dapat melakukan koneksi pada semua standar yang berbasis telepon, dan
  • menggunakan hardware yang harganya terjangkau.

kekurangan :

  • sangat rentang terhadap aktivitas intruder.

Setelah mengetahui apa itu VOIP, maka kita akan membahas apa itu PSTN, PSTN sendiri merupakan singkatan dari Public Switched Selephone Network, suatu jalur atau jaringan telepon menggunakan kabel.



Untuk pengertian asterisk sendiri adalah software yang digunakan untuk melakukan dan berbagai macam pengaturan terkait panggilan VOIP, agar bisa melakukan panggilan VOIP ke panggilan telepon biasa yang masih menggunakan kabel, kita memerlukan suatu perantara yaitu jadi asterisk interface pstn.

Demikian penjelasan mengenai asterisk interface pstn, suatu software yang bias kita gunakan untuk melaukan VOIP dan panggilan telepon biasa, selain software kita juga memerlukan perangkat keras seperti PABX agar kita bisa menggabungnkan antara VOIP dengan panggilan telepon biasa.

0 Komentar

Posting Komentar