Cara berbagi jaringan WiFi lewat Bluetooth

Cara berbagi jaringan WiFi lewat Bluetooth - Apa yang dapat Anda kerjakan bila memerlukan signal WiFi untuk netbook tapi cuman handphone atau tablet anda yang dapat tangkap signal WiFi itu? Jalan keluarnya, Anda dapat membagi konektifitas WiFi ke piranti yang lain memberikan dukungan Bluetooth. Berikut kami coba suguhkan langkah share signal WiFi melalui Bluetooth.

Bluetooth sebagai satu perlengkapan media komunikasi yang bisa dipakai untuk menyambungkan sebuah piranti komunikasi dengan piranti komunikasi yang lain. Piranti ini secara umum dipakai di smartphone, computer atau pc, tablet, dan yang lain.



Bluetooth memiliki peranan untuk memudahkan share file, audio, gantikan pemakaian kabel dan sebagainya. Di saat ini telah banyak piranti yang memakai piranti bluetooth ini.

Keterangan yang lain mengenai bluetooth atau pengertian yang lain dari bluetooth yakni sebuah tehnologi komunikasi wireless atau tanpa kabel yang bekerja dalam pita frekwensi 2,4 GHz (di antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz) dengan memakai sebuah frequency hopping tranceiver yang bisa sediakan service komunikasi data dan suara secara real-time di antara host-host bluetooth dalam jarak capaian service yang terbatas.

Pada intinya tehnologi bluetooth dibuat tidak cuma untuk gantikan atau hilangkan pemakaian media kabel saat lakukan transisi data atau info, tetapi dapat tawarkan feature yang baik atau bagus untuk tehnologi mobile wireless (tanpa kabel), dengan ongkos yang relatif rendah, konsumsi daya rendah, interoperability yang paling prospektif, gampang dalam operasionalisasinya dan dapat sediakan beragam jenis service.

Langkah Kerja Bluetooth

Mekanisme ini terbagi dalam sebuah radio transceiver, baseband link Manajemen dan Kontrol, Baseband (prosesor core, SRAM, UART, PCM USB Interface), flash dan voice codec.

Baseband link controller menyambungkan piranti keras radio (hardware) ke baseband processing dan layer prosedur fisik.

Link manajer beraktivitas prosedur dengan tingkat yang tinggi, yakni seperti lakukan link setting, autentikasi dan komposisi.

Kelebihan Dan Kekurangan Bluetooth

Kelebihan :

- Bisa tembus halangan, seperti dinding, kotak, dan lain-lain. Meskipun jarak transmisinya cuman 10 mtr..

- Tidak membutuhkan media kabel atau kawat.

- Bisa mensinkronisasi data dari Smartphone ke Computer atau netbook.

- Dapat digunakan sebagai mediator modem.

- Ringkas dan tidak repot saat pemakaianya.

Kekurangan :

- Menggunakan frekwensi yang serupa dengan gelombang WiFi.

- Bila kebanyakan jaringan bluetooth pada sebuah ruang, akan susah untuk mendapati yang menerima tujuan.

- Beredar banyak virus yang ditebarkan lewat bluetooth, terutamanya dari smartphone.

- Lumayan banyak proses keamanan yang perlu jadi perhatian untuk menahan ketidakberhasilan pengangkutan data atau akseptasi data atau info.

- Kecepatan dalam data transfer tak tetap, bergantung dari piranti yang digunakan untuk mengirimi dan terima data.

Langkah – Langkah konfigurasi :

Tentu saja untuk lakukan trick ini, Anda harus menghubungkan handphone atau tablet anda dengan signal WiFi yang ada. Sesudah terhubung dengan WiFi, masuk ke menu settings dan pilih menu Connections/Wireless dan Networks.

Dapatkan pilihan Tethering dan portable hotspot, lalu membuka pilihan itu. Sesudah masuk ke pilihan Tethering dan portable hotspot, anda akan mendapati opsi jaringan seperti Portable WiFi hotspot, USB tethering dan Bluetooth tethering.

Untuk membagi WiFi lewat Bluetooth, tentu saja anda harus sentuh opsi Bluetooth tethering. Membuka pilihan itu dan aktifkan Bluetooth ke-2 piranti yang ingin disambungkan. Dapatkan Bluetooth ke-2 piranti itu dan kenakan untuk terima signal Wi-Fi dari ke-2 piranti. [Lalu/timBX].

0 Komentar

Posting Komentar