Konsep Kerja Voip Adalah

1. Pemahaman VoIP ( VOICE OVER INTERNET PROTOCOL )

Voice over Internet Protocol ( disebutkan VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) ialah tehnologi yang memungkinkannya pembicaraan suara jarak jauh lewat media internet. Data suara diganti jadi code digital dan disalurkan lewat jaringan yang mengirim beberapa paket data, dan bukan melalui circuit analog telephone biasa.


Konsep Kerja Voip Adalah

2. Konsep Kerja Voip

Konsep kerja VoIP - ialah mengganti suara analog yang didapat dari speaker pada Computer jadi data paket digital, selanjutnya dari PC dilanjutkan lewat Hub/ Router/ ADSL Modem dikirim lewat koneksi internet dan akan diterima oleh tujuan lewat media yang serupa. Atau juga bisa lewat melalui media telephone dilanjutkan ke phone adapter yang dihubungkan ke internet dan dapat diterima oleh telephone arah.

Wujud paling simpel dalam mekanisme VoIP ialah 2 buah computer tersambung dengan internet. Persyaratan dasar untuk melangsungkan jaringan VoIP ialah computer yang tersambung ke internet,
memiliki sound card yang disambungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan support software khusus, ke-2 pengguna computer dapat sama-sama tersambung dalam jaringan VoIP

3. Protokol Voip

Ada banyak prosedur sebagai pendukung jaringan VoIP, diantaranya :

  • TCP/IP(Transfer Kontrol Protocol/Internet Protocol)

sebuah prosedur yang dipakai pada koneksi internet. Standarisasi dibutuhkan supaya antara computer terjadi persetujuan mengenai tata langkah pengangkutan dan akseptasi data hingga data bisa dikirim dan diterima secara benar. Prosedur ini terdiri dari 2 sisi besar, yakni TCP dan UDP dan di bawah susunan itu ada prosedur yang namanya IP.

- Transmission Kontrol Protocol (TCP) sebagai prosedur yang jaga kredibilitas jalinan komunikasi end-to-end.
- Pemakai Datagram Protocol (UDP) merupakansalah satu prosedur khusus di atas IP, yang lebih simpel dibanding dengan TCP. UDP dipakai untuk keadaan yang tidak mengutamakan proses kredibilitas. UDP dipakai pada VoIP pada pengangkutan audio streaming yang berjalan terus-terusan serta lebih mengutamakan kecepatan pengangkutan data supaya datang di arah tanpa memerhatikan ada paket yang lenyap meskipun capai 50% dari jumlahnya paket yang dikirim.
- Internet Protocol (IP) Internet Protocol dibuat untuk interkoneksi mekanisme komunikasi computer pada jaringan paket switched. Pada jaringan TCP/IP, sebuah computer dideteksi dengan alamat IP. Setiap computer mempunyai alamat IP yang unik, masing-masing berlainan keduanya. Ini dilaksanakan untuk menahan kekeliruan pada data transfer. Paling akhir, prosedur data akses terkait langsung dengan media fisik. Pada umumnya prosedur ini bekerja untuk tangani pendeteksian kekeliruan di saat data transfer.

  • SIP (Sesi Initiation Protocol)

SIP ialah prosedur yang dipakai untuk inisiasi, modifikasi dan terminasi sesion komunikasi VoIP. SIP ialah prosedur Open Standar yang dipublikasi oleh IETF, RFC 2543 dan RFC 3261. Selainnya dipakai untuk perundingan sesion komunikasi voice, SIP dapat dipakai untuk perundingan sesion komunikasi data media lain seperti video dan teks. Disebut sebagai cuman lakukan "perundingan sesion komunikasi " ialah karena SIP sebagai signalling protocol , bukan media transfer protocol. Maknanya SIP tidak mengantar data media (voice, video dan text), tetapi cuman lakukan perundingan sesion komunikasi saja dan manfaatkan prosedur lain seperti RTP sebagai media transfer protocol.

  • H.323

VoIP bisa berbicara dengan mekanisme yang lain bekerja pada jaringan packet-switch. Agar bisa berbicara diperlukan satu standarisasi mekanisme komunikasi yang cocok keduanya. Salah satunya standard komunikasi pada VoIP menurut referensi ITU-T ialah H.323 (1995-1996). Standard H.323 terbagi dalam elemen, prosedur dan proses yang sediakan komunikasi multimedia lewat jaringan packet-based. Wujud jaringan packet-based yang bisa dilewati diantaranya koneksi internet, Internet Packet Exchange (IPX)-based, Local Tempat Network (LAN) dan Wide Tempat Network (WAN). H.323 bisa dipakai untuk beberapa layanan multimedia seperti komunikasi suara (IP telephony), komunikasi video dengan suara (video telephony), dan kombinasi suara, video dan data.

  • RTP(Real Time-Transport Protocol)

Biasanya dipakai dalam jaringan IP. RTP direncanakan untuk menyiapkan peranan transport jaringan untuk lakukan pengangkutan data real time, misalkan audio atau video, lewat service jaringan multicast atau unicast.

  • MGCP (Media Gateway Kontrol Protocol)

MGCP ialah prosedur pengatur panggilan berbasiskan client-server.

  • H.248/MEGACO

Megaco memungkinkannya penyatuan paket voice, fax dan multimedia di antara jaringan PSTN dan jaringan IP. Penyatuan dengan voice-to-text application misalkan, bisa saja dalam prosedur ini. Diperkembangkan dari Media Gateway Kontrol Prosedur (MGCP), Megaco sediakan kontrol yang terkonsentrasi untuk komunikasi multimedia dan service yang berbasiskan IP. Secara fungsional, Megaco ialah protocol pensinyalan yang dipakai di antara MG dan MGC (softswitch).

0 Komentar

Posting Komentar