7 Penyebab Hardisk Cepat Rusak dan Mengatasinya Terbaru 2022 [Nomor 4 FATAL BANGET!]

Pemicu hard disk hancur bisa dijumpai secara mudah yaitu jika Anda rasakan masalah atau performa computer yang turun. Hard disk sebagai salah satunya piranti keras computer yang terpenting.

Karena, sebagian besar mekanisme yang berperan untuk jalankan computer ada pada hard disk. Oleh karena itu, kenali pemicu hard disk hancur sampai langkah menghindarinya yang diringkas dari beragam sumber di bawah ini.

7 Penyebab Hardisk cepat rusak dan Mengatasinya

Pemicu Hard Disk Hancur

1. Pemakaian Terlalu berlebih

Pemicu hard disk hancur yang pertama yaitu pemakaian terlalu berlebih. Pemakaian computer atau netbook dalam periode waktu lama memungkinkannya harddisk akan alami kenaikan temperatur sampai cepat hancur. Bukan hanya hard disk, pada intinya semua piranti electronic butuh waktu interval untuk mendinginkan temperatur didalamnya.

2. Over Heat

Sama dengan piranti electronic dan elemen yang lain pada computer, hard disk dapat dengan cepat untuk alami kenaikan temperatur (over heat) bila dipakai secara terus-terusan. Jalan keluar yang paling aman untuk menangani ini yaitu pemberian kipas pendingin buat turunkan temperatur harddisk.

3. Umur Hard Disk

Pemicu hard disk hancur seterusnya yaitu terkait dengan factor umur hard disk sendiri. Makin lama sebuah harddisk, maka semakin alami pengurangan peranan dan performanya pada computer. Karena, waktu pemakaiannya langsung dapat memengaruhi performa hard disk.

4. Suplai Listrik Yang Tidak Konstan

Pemicu hard disk hancur yang setelah itu ada saluran listrik yang tidak konstan. Ini karena suplai listrik akan punya pengaruh pada kekuatan perputaran hard disk.

Karena ada suplai listrik yang tidak konstan, karena itu perputaran atau cakram pada hard disk akan bekerja dengan tidak konstan juga.

5. Biasanya Alami Mati Saat itu juga

Pemicu harddisk hancur yang selanjutnya yaitu biasanya computer alami mati saat itu juga. Saat computer mati secara mendadak, karena itu cakram pada harddisk yang sebelumnya berputar-putar sampai kecepatan 10.000 perputaran per menit akan mendadak stop. Ini jika terjadi secara terus-terusan, karena itu hard disk akan cepat alami kerusakan.

6. Bentrokan

Pemicu harddisk hancur yaitu satu diantaranya disebabkan karena ada bentrokan yang lumayan keras pada hard disk. Beberapa bentrokan yang bisa memengaruhi harddisk yakni seperti guncangan, gesekan keras atau jatuh.

7. Biasanya Lakukan Proses Instalasi

Pemicu harddisk hancur yang paling akhir yakni biasanya lakukan proses instalasi pada piranti computer. Bila ini secara terus-terusan dilaksanakan, karena itu secara umum harddisk akan alami Bad Sector sampai kerusakan yang susah untuk diperbarui seperti sebelumnya.

Ciri-Ciri Hard Disk Hancur

1. Data Alami Kerusakan

Ciri-ciri yang gampang dikenal jika hard disk mulai alami permasalahan ialah ada data yang alami kerusakan. Umumnya, kerusakan data ini mencakup berbeda pola sampai tidak bisa dibuka.

2. Performa Computer Yang Melamban

Computer yang mulai melamban adalah ciri-ciri harddisk yang mulai alami kerusakan. Secara umum, performa computer yang melamban bisa menjadi satu tanda jika computer Anda alami permasalahan pada piranti kerasnya.

3. Suara Aneh Pada Hard Disk

Ciri-ciri ke-2 yang bisa dikenal yaitu ada suara aneh yang muncul pada computer. Umumnya, hard disk yang alami kerusakan akan keluarkan suara berisik dari dalam. Hal yang bisa dilaksanakan saat dengar suara berisik pada computer yaitu selekasnya matikan piranti computer saat sebelum alami kerusakan yang lebih fatal.

4. Hard Disk Cepat Panas dan Kerap Over Heat

Selainnya performa computer yang melamban, hard disk yang memiliki masalah memperlihatkan tanda yang lain yaitu berlangsungnya kenaikan temperatur pada piranti secara mencolok. Jika terjadi hal ini, karena itu terjadi kemungkinan sebagai akibatnya karena dampak performa CPU yang sering dipakai.

5. Ada Code Eror

Kenaikan temperatur secara mendadak bisa mengakibatkan proses Re-start pada computer secara mendadak. Jika harddisk alami kerusakan, umumnya akan ada code eror di saat proses Re-start itu. Proses ini kerap memerlukan waktu lama hingga bisa memengaruhi performa dan keproduktifan Anda.

6. Blue Screen

Blue Screen sebagai salah satunya tanda jika ada permasalahan pada piranti hard disk yang Anda pakai. Walau sudah dilaksanakan proses instalasi ulangi, piranti harddisk yang alami kerusakan umumnya tetap mengakibatkan timbulnya Blue Screen kembali.

Langkah Menangani Pemicu Hard Disk Hancur

Sebetulnya saat piranti computer memperlihatkan tanda ada harddisk yang alami kerusakan, Anda tak perlu cemas. Berikut cara-cara untuk menangani hard disk hancur yang bisa Anda turuti.

1. Cabut hard disk yang diindikasi memiliki masalah dan hubungkan pada piranti computer yang normal.

2. Jalankan feature Cek Disk pada Windows untuk cari pemicu hard disk yang mulai alami kerusakan.

3. Cadangkan semua data yang ada pada hard disk jika sempat.

4. Lakukan pola ulangi pada harddisk yang diindikasi alami permasalahan.

5. Cek ulangi performa hard disk dengan memakai Acronis Drive Monitor.

6. Apabila hard disk yang sudah usai diperbarui dan dilihat ulangi tidak memperlihatkan tanda yang bagus, karena itu ditegaskan hard disk Anda tidak bisa ditolong.


Langkah Menahan Harddisk Supaya Tidak Gampang Hancur

Walau bisa ditangani, tetapi menahan harddisk supaya tidak gampang hancur sebagai hal yang pantas untuk dilaksanakan. Beberapa perlakuan penangkalan yang bisa dilaksanakan yaitu seperti berikut.

1. Selalu matikan piranti computer secara pas

2. Hindari bentrokan pada piranti computer atau netbook.

3. Tidak memakai piranti netbook di atas beberapa bahan yang lunak supaya menghindar kenaikan temperatur pada harddisk.

4. Sortir data dan file yang tidak dipakai.

5. Bersihkan file sampah dengan teratur.

6. Install dan melakukan scanning pada piranti lunak yang mempunyai resiko untuk diserang virus malware.

0 Komentar

Posting Komentar