9 Fungsi Cloudflare yang wajib Anda ketahui

9 Fungsi Cloudflare yang wajib Anda ketahui - Cloudflare adalah penyuplai jaringan pengangkutan content (Konten Delivery Network) paling populer di dunia. Konten Delivery Network (CDN) sendiri ialah jaringan yang berperan untuk mengirim content dari server ke web.

9 Fungsi Cloudflare yang wajib Anda ketahui

Dalam kata lain, Cloudflare bertindak selaku proxy di antara web dan pengunjung. Cloudflare banyak memiliki server yang menyebar di sejumlah negara, hal tersebut jadikan loading sebuah web bisa lebih cepat.

Sebagai deskripsi simpel, Cloudflare bertindak selaku penyambung di antara pengunjung dan server web. Maksudnya, agar web terbebas dari gempuran beresiko yang sudah dilakukan oleh pengunjung web. Nach, pengunjung web dipisah jadi tiga tipe:

1. Visitor. Di sini, pengunjung ialah pengunjung.

2. Robot. Robot ialah program yang yang berkunjung web untuk scan tiap halaman web hingga bisa habiskan bandwidth server.

3. Attackers. Attackers ialah faksi yang ingin lakukan gempuran pada web.

Dengan memakai service Cloudflare, web Anda ditanggung aman dari beragam gempuran atau kegiatan yang bisa menghancurkan perform web Anda.

Disamping itu, Cloudflare layani semua request ke web dan bisa tawarkan service yang lebih bermanfaat bila dibanding dengan CDN lain. Apa sajakah?

Berikut beberapa feature yang hendak Anda peroleh dengan memakai Cloudflare:

• Mitigasi gempuran DDoS

• Analytics untuk semuanya request yang dibikin ke web

• Instalasi sertifikat SSL yang lebih gampang

• Network gateway di antara protocol

Untuk nikmati feature di atas, Anda perlu pilih rencana pada account Cloudflare Anda. Ada empat rencana yang dijajakan, yakni: Pro, Business, Enterprise dan Free. Bedanya berada dalam jumlah feature yang disiapkan pada setiap rencana.

Sesudah tahu apakah itu Cloudflare, silahkan dalami selanjutnya mengenai perannya.

Peranan CloudFlare

Saat CloudFlare diaktifkan pada web Anda, nameserver akan secara automatis ikuti nameserver dari CloudFlare. Ini memungkinkan semua kegiatan ke web akan tersaring dan bisa dijangkau bisa lebih cepat.

Berikut ialah fungsi-fungsi CloudFlare yang cukup penting:

1. Mengarahkan pengunjung pada jaringan tercepat. CloudFlare akan arahkan pengunjung pada data center paling dekat, hingga web bisa dijangkau 2x bisa lebih cepat bila dibanding tanpa memakai CloudFlare.

2. Mengawasi jalan raya beresiko pada web. CloudFlare akan terima keinginan akses dan menganalisis apa pengunjung itu beresiko atau mungkin tidak. Ini disaksikan dari IP, resource yang dijangkau, dan berapa kerap lakukan akses itu ke situs Anda. Jika seperti terlihat sebuah teror, CloudFlare akan membloknya.

3. Sebagai cache content statis. CloudFlare berperan sebagai cache content statis untuk web, misalkan gambar, JavaScript, CSS, dan sebagainya.

Dengan beragam peranan di atas, sudah pasti ada beberapa argumen untuk Anda untuk memulai memakai Cloudflare untuk web, diantaranya:

1. Meningkatkan performa web. CloudFlare mempunyai server proxy menyebar di sejumlah negara dan bisa arahkan pengunjung ke server paling dekat. Perihal ini pula yang jadikan kecepatan loading halaman web bertambah.

2. Optimasi web pada piranti mobile. Tehnologi Rocket Loader dan AutoMinify jadikan web Anda bisa dijangkau bisa lebih cepat dan efektif lewat beragam piranti.

3. Perlindungan dari bot dan teror. CloudFlare memakai data dari pemakai dan faksi ke-3 untuk mengenali apa jalan raya ke web sebagai teror ataulah bukan, dan akan usaha menghentikannya. Anda bisa menyaksikan laporannya pada dasbor CloudFlare.

4. Melindungi web dari komentar spamming. CloudFlare memakai data dari faksi ke-3 untuk memfilter komentar di website Anda.

5. Memberikan peringatan pada pengunjung bila computer terkena virus. CloudFlare bisa memberi teguran ke pengunjung jika computer mereka terkena virus dan merekomendasikan untuk selekasnya membersihkan. Umumnya, agar terhubung web Anda, pengunjung akan disuruh masukkan CAPTCHA.

6. Browsing model off-line. Saat hosting alami masalah, pengunjung tetap bisa terhubung web karena halaman web telah ada pada cache CloudFlare.

7. Mengurangi pemakaian resource server. Request pada server akan menyusut dan ini memengaruhi beban server, misalkan pemakaian CPU pada hosting. Bahkan juga saat ada kenaikan pengunjung, beban server tetap aman.

8. Laporan pengunjung. Cloudflare bisa tampilkan pengunjung apa itu robot mesin pencari, teror, atau jalan raya dari pengunjung manusia.

9. Kemudahan integratif. Cloudflare bisa terpadu dengan Konten Manajemen Sistem (CMS) seperti WordPress atau dengan kontrol panel penyuplai service hosting seperti Niagahoster. Integratif ini mempermudah Anda untuk terhubung Cloudflare bisa lebih cepat.

Ringkasan

Cloudflare sebagai salah satunya jalan keluar untuk Anda yang inginkan performa terbaik dari web yang diatur. Kami telah menerangkan komplet apakah itu Cloudflare dan peranan Cloudflare hingga Anda jadi memahami mengenai beragam faedahnya.

Satu diantara keunggulan dari Cloudflare ialah pada keringanan integratif di beberapa basis web yang Anda pakai. Integratif Cloudflare dapat dilaksanakan dalam langkah-langkah saja sama sesuai tutorial di atas.

0 Komentar

Posting Komentar