3 Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Menjalankan Suatu Bisnis

3 Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Menjalankan Suatu Bisnis

Dalam menjalankan setiap usaha bisnis anda haru mengetahui dan menguasai berbagai jenis strategi pemasaran produk, agar nantinya anda bisa menjual produk-produk anda secara cepat dan tepat dalam kondisi pasar yang selalu berubah-ubah. Strategi pemasaran menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam berbisnis.

Agar dapat mengembangkan sebuah bisnis dan juga mencapai target yang telah ditetapkan. Secara gampang strategi bisnis adalah suatu cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan jumlah  penjualan produk yang anda miliki, semua itu berguna untuk menambah omset penjualan dan pada akhirnya berujung dalam pencapaian keuntungan.

Jenis Strategi Pemasaran Produk

Sebagai pembisnis anda harus menguasai strategi pemasaran yang telah ada agar dapat bersaing dengan competitor amda, selain itu dengan menguasai strategi pemasaran anda dapat menjalankan strategi yang tepat untuk usaha yang anda. Strategi pemasaran dapat dijalankan dangan metode online ataupun offline adapun jenis-jenis strategi pemasaran sebagai berikut

1. Penjualan Langsung (Direct Selling)

Strategi pertama adalah Direct selling. Strategi Direct selling adalah jenis strategi pemasaran yang mana penjual menawarkan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen. Meski disebut sebagai penjualan langsung, direct selling tidak termasuk penjualan melalui toko atau retail. 

Dalam prakteknya Direct selling adalah strategi yang sangat cocok bagi anda yang memasarkan jasa misalnya asuransi karena anda dapat langsung menjelaskan secara detail tentang produk anda.

2. Internet Marketing

Strategi pemasaran yang kedua adalah menggunakan media internet. Bagi para pembisnis modern media internet adalah senjata andalan yang sangat bagus dan juga dapat menekan biaya promosi yang begitu besar. Dengan menggunakan media internat anda dapat memasarkan produk dengan jumlah besar-besar dan biaya yang seminimal mungkin.

Media yang dapat anda gunakan adalah facebook, instagram, TikTok dan masih banyak yang lain lagi. Kunci sukses strategi media internet  ini terletak pada seberapa bagus Anda dalam membuat konten untuk produk anda. Konten tersebut harus bisa menginformasikan, mengajak, dan membujuk pengunjung untuk membeli produk Anda.

3. Earned Media

Earned media merupakan strategi yang didapat dari hubungan masyarakat, media sosial dan lain lain, secara sederhana earned media adalah strategi pemasaran yang didapat dari publisitas atau keterpaparan yang didapat dari metode salain iklan berbayar. Strategi marketing ini berbeda dengan direct selling dan internet marketing.

 Earned media merupakan teknik penjualan secara tidak langsung. Fokus yang diupayakan ketika melakukan strategi ini adalah upaya mempengaruhi konsumen agar percaya dengan produk yang anda miliki, kebanyankan perusahaan yang menggunakan strategi tersebut adalah dengan cara membangun nama Brand agar memiliki power yang kuat dimata masyarakat

Cara yang sering digunakan oleh perusahaan adalah memberikan konten-konten lewat media sosial yang berisi tentang informasi produk, keunggulan produk agar masyarakat lebih percaya dengan produk perusahaan tersebut.

Itulah 3 strategi pemasaran yang harus anda ketahui dan wajib kuasai jika anda ingin menjalankan suatu bisnis agar bisnis anda dapat berjalan lancar.

Semoga bermanfaat

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar