Begini Cara Merawat PC Gaming Yang Mudah Di Praktikkan

Begini Cara Merawat PC Gaming Yang Mudah Di Praktikkan

Para gamer PC tentunya memiliki desktop favorit. Komputer kesayangan kita biasanya merupakan barang kompulsif yang tidak diurus. Mesin ini, yang dapat beroperasi lebih dari tiga jam sehari, tidak akan lagi dalam kondisi yang baik seperti ketika pertama kali dirakit. Kamu harus bisa menjaga kestabilan PC agar tidak sering error saat kamu gunakan.

Ditambah lagi penggunaan PC dengan durasi waktu yang sangat lama akan semakin mempengaruhi kinerja PC itu sendiri, Berikut ini Cara Merawat PC Gaming Yang Mudah agar performa PC anda stabil.

Atur Kabel Agar Tidak Terlepas

Hal pertama yang akhirnya bisa membuat komputer Anda adalah mengurus manajemen kabel. Ini mungkin terdengar sepele, tapi percayalah, kabel yang terlipat dan kusut bisa membuat komponen menjadi lebih rentan. Apalagi jika kabel terlalu berantakan di atas meja, tentu saja berisiko tinggi akan tercabut atau terjepit elemen tersebut. Jangan membiasakan diri untuk tidak memperhatikan kabel. 

Kabel yang terpotong atau kehilangan fleksibilitas lebih rentan terhadap kerusakan dan bahkan dapat mengancam komponen lainnya. Untuk kabel CPU misalnya, Anda harus bisa melakukan penataan yang baik. Jadi, saat memasang atau mengganti komponen, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Pasang Filter Debu Pada CPU

Jika Anda ingin merawat CPU Anda, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah memasang filter debu. Dalam hal ini tentunya kita memasang kipas angin yang mengedarkan udara dan debu tidak terlalu sering terbawa sehingga menyumbat. Casing premium biasanya memiliki fitur ini, tetapi tentu saja tidak semua casing memiliki fitur ini.

Filter debu untuk komputer cenderung besar dan dapat dipotong untuk dipasang. Tapi ada juga yang bisa langsung dipasang di kipas angin. Filter debu biasanya sangat murah. Jadi, jangan pelit untuk menginstal fitur penting ini.

Letakkan Komputer Di Tempat Terbuka

Ternyata, hal yang lumrah ini membuat CPU lebih cepat kotor. Di ruang tertutup, debu dan udara lembab tidak hanya berkontribusi pada pembentukan debu, tetapi juga membuat komputer cepat panas. Idealnya, CPU harus diletakkan di atas meja dan ruang terbuka untuk aliran udara yang lebih sehat.

Padahal, pertimbangan lain selain menjaga aliran udara adalah agar komponen dan kabel komputer dapat terlihat lebih jelas. Dengan menempatkan CPU di bawahnya, simpul kabel biasanya berserakan sehingga dapat terjepit. 

Bersihkan Komputer Anda Dengan Hati-Hati

Idealnya, jika Anda memberikan perlindungan dari debu atau menyimpan komputer Anda di tempat terbuka, sebaiknya Anda terus melakukan perawatan setiap tiga bulan sekali. Meskipun kita sudah memasang filter debu, namun harus dibersihkan karena debu yang menumpuk akan mempersulit aliran udara ke dalam mesin. Belum lagi sisa debu yang masuk ke komputer.

Alat yang bisa kita gunakan untuk membersihkan komponen komputer adalah sikat debu atau blower. Alat sederhana ini dapat digunakan untuk menghilangkan sisa debu pada komponen. Selain debu, Anda juga bisa memperhatikan thermal paste yang menempel pada prosesor. Meskipun pasta ini dapat bertahan sangat lama, yang terbaik adalah mengganti pasta termal jika terlalu kering dan prosesor sering terlalu panas.

Demikian penjelasan dari saya tentang Begini Tips Merawat PC Gaming Yang Mudah di praktikkan semoga bermanfaat.

Terimakasih.



0 Komentar

Posting Komentar