Penyebab Laptop Tidak Menyala Inilah yang Harus Di Perhatikan

Penyebab Laptop Tidak Menyala Inilah yang Harus Di Perhatikan

Laptop tidak menyala? Jika laptop Anda tidak mau hidup, bahkan saat dicolokkan, mungkin ada kerusakan pada catu daya, baterai, motherboard, kartu video, atau RAM. Saat memecahkan masalah laptop yang tidak mau hidup, mulailah dengan dasar-dasarnya. 

Pastikan steker ke kabel daya dicolokkan ke stopkontak di dinding dan ke komputer. Periksa baterai laptop dan konektor daya untuk memastikan koneksi tidak longgar. Jika masih tidak mau hidup, mungkin ada masalah dengan komponen internal. Berikut ini Penyebab Laptop Tidak Menyala yang harus di perhatikkan.

Penyebab Laptop Tidak Menyala

Banyak faktor yang dapat menyebabkan laptop menyala, namun setidaknya kamu harus mengerti kerusakan yang biasa terjadi, dengan begitu kamu bisa menentukan kemana akan kamu perbaiki, dapat kamu perbaiki sendiri atau harus pergi ke service laptop.

Berikut adalah kerusakan yang harus kamu periksa terlebih dahulu agar kamu dapat menentukan kelanjutanya

Periksa Kabel Listrik

Pertama dan terpenting, pastikan laptop Anda terhubung. Perhatikan baik-baik kabel power jika ada yang bengkok atau putus yang dapat mengganggu aliran listrik. Jika kotak trafo AC menunjukkan tanda-tanda perubahan warna, bau terbakar atau bagian yang bengkok, mungkin perlu diganti. 

Jika Anda menemukan kesalahan pada kabel listrik, gantilah. Anda dapat menemukan catu daya pengganti secara online, di pengecer elektronik, atau dengan menghubungi pabrikan komputer Anda. Jika Anda menemukan kerusakan pada catu daya, cabut dari dinding dan laptop hingga Anda dapat menggantinya.

Perhatikan Koneksi dan Baterai 

Setelah Anda mengesampingkan satu daya yang rusak, periksa konektor daya pada laptop itu sendiri. Konektor daya dapat menjadi longgar seiring waktu dan berhenti bekerja. Jika ada kerusakan nyata pada konektor daya, atau bagian yang longgar dan bergoyang, bawa laptop untuk diperbaiki. 

Jika memungkinkan, lepaskan baterai dari laptop dan coba hidupkan hanya dengan catu daya yang terhubung. Jika laptop berjalan tanpa baterai, ganti baterai agar dapat diisi dan dihidupkan dengan benar. Beberapa produsen, seperti Apple, tidak mengizinkan Anda melepas baterai sendiri, dalam hal ini bawa laptop Anda untuk mengganti baterai internal.

Hati-Hati Terlalu Panas

Sebagian besar prosesor laptop memiliki perlindungan termal internal yang mematikan komputer. Laptop tidak akan mulai lagi sampai sistem mendingin. Jika Anda menggunakan komputer di tempat tidur, bantal, atau permukaan lembut lainnya, pastikan ventilasi komputer tidak terhalang dan udara panas dipindahkan dengan benar. 

Laptop yang tidak berventilasi baik dapat memiliki kipas yang rusak yang perlu diganti. Jika laptop Anda panas saat disentuh, biarkan hingga benar-benar dingin sebelum mencoba memulai ulang. Laptop yang restart setelah pendinginan kemungkinan besar memiliki masalah dengan panas berlebih.

Masalah Internal

Jika Anda tidak menemukan masalah apa pun dengan catu daya, baterai, atau panas berlebih, komponen internal yang rusak dapat menyebabkan masalah motherboard yang rusak, misalnya, atau sirkuit pengisian daya yang rusak, kartu video yang rusak, RAM, atau masalah lain. 

Jika Anda baru saja membuka komputer dan menyentuh salah satu komponen, listrik statis dapat menyebabkan kerusakan. Jika Anda menduga ada komponen internal yang menyebabkan masalah, bawa komputer untuk diperbaiki atau hubungi produsen untuk detail garansi dan penggantian.

Demikian penjelasan dari saya tentang Penyebab Laptop Tidak Menyala yang harus di perhatikkan Semoga bermanfaat.

Terimakasih.


0 Komentar

Posting Komentar