Tahap Investasi Yang Benar dan Gimana Sih Cara Investasi Dengan Gaji Kecil Pas Pasan

Tahap Investasi Yang Benar dan Gimana Sih Cara Investasi Dengan Gaji Kecil Pas Pasan

Sejak tahun 2020 masyarakat dunia semakin ramai berkontribusi didunia investasi, tidak ketinggalan masyarakat Indonesia kini semakin melek investasi, terbukti dari tahun 2019-2020 pertumbuhan investor meningkat sampai 50% dan tercatat dalam KSEI Indonesia investor mencapai 3.7 juta tercatat sampai tanggal 29 desember 2020.

Investasi memang salah satu instrument yang dapat kamu pilih jika kamu ingin menjadi kaya, namun dalam investasi kamu harus mengetahui tahap-tahap  dalam invetasi karena banyak yang melakukan investasi dengan asal –asal an yang pada akhirnya bukan profit yang didapat tapi malah boncos.

Investai Secara Bertahap

Seorang investor pemula harus benar-benar memikirkan apa yang akan dicapai dalam invetasi tersebut dan apa saja resiko yang akan didapat. Karena faktanya dalam kehidupan sehari-hari keuangan setiap orang berbeda-beda, penghasil setiap orang tidaklah sama, jadi bagi kalian investor pemula harus memiliki tahap yang benar dalam investasi.

Misalnya saja kamu dapat menyisihkan penghasilan kamu sebesar 10% secara rutin namun kamu tidak memiliki tabungan sama sekali dan penghasilan kamu hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, jika kamu tiba-tiba sakit dan memerlukan biaya yang lebih maka apa yang harus kamu lakukan?

Apakah kamu harus mencari pinjaman uang kesana kemari untuk kebutuhan biaya kamu ? tentunya cara itu tidaklah efektif karena jika kamu melakukan itu kamu juga harus mengembalikan uang tersebut bukankah itu hanya menambah masalah baru buat kamu.

Cara yang lebih efektif tentunya kamu mengambil uang tabungan yang sudah kamu investasikan. Selain kamu cepat sembuh dari sakit kamu tidak menambah masalah baru lagi, terus bagaimana cara investasi jika seperti itu.

 Berikut adalah tahapan dalam kamu investasi.

Tahap Investasi Yang Benar dan Gimana Sih Cara Investasi Dengan Gaji Kecil Pas Pasan

Tahap Investasi Yang Benar dan Gimana Sih Cara Investasi Dengan Gaji Kecil Pas Pasan

Sebelum memulai investasi kamu harus memahami kondisi-kondisi  dibawah ini agar kamu dapat menentukan dengan baik investasi kamu kedepannya.

1. Dependen

Kondisi ini adalah kondisi financial dimana kamu masih bergantung kepada orang lain dan kondisi ini banyak dialami oleh mereka yang masih bersekolah. Mereka belum mempunyai penghasilan tetap hanya saja memiliki uang dari orang tua.

Kondisi ini belum dianjurkan terjun dalam investasi, karena kamu sendiri belum mampu mencukupi kebutuhan diri sendiri ,kalaupun tetap berinvestasi kamu harus mempuyai fikiran belajar mengenal investasi  dan jangan berharap akan cepat kaya dari investasi.  

2. Penghasilan Tidak Tetap

Penghasilan tidak tetap adalah kondisi dimana kamu sudah mempunyai penghasilan namun penghasilan kamu belum stabil. Penghasilan kamu hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, itupun kamu masih sering gali lubang tutup lubang.

Dalam kondisi ini kamu juga belum direkomendasikan untuk investasi ,alangkah baiknya kamu lebih menjaga keuangan kamu agar mempunyai fungsi yang lebih positif, dengan cara meminimalkan gaya hidup kamu agar pengeluaran kamu dapat berkurang.

Jikalau kamu memiliki penghasilan yang lebih, ada baiknya kamu meningkatkan skill kamu agar kamu dapat menambah income baru dengan skill baru yang kamu miliki sehingga keuangan kamu semakin stabil.

3. Kestabilan Financial

Kestabilan Fiancial adalah kondisi dimana kamu sudah mampu memenuhi kebutuhan kamu setiap bulan, kamu tidak perlu lagi gali lubang tutup lubang untuk mencukupi kebutuhan setiap  bulan kamu, namun dalam kondisi ini kamu belum memiliki uang dingin dalam kebutuhan investasi.

Dalam kondisi kestabilan financial kamu sudah dianjurkan untuk berinvestasi agar kamu mengetahui lebih dalam tentang investasi, meski begitu kamu harus benar-benar mengatur keuangan kamu agar keuangan kamu tetap stabil.

4. Keamanan Financial 

Jika kamu sudah mencapai pada titik keamanan financial kamu sudah memiliki bekal yang dirasa cukup untuk masuk dalam dunia investasi. Keamanan financial adalah kondisi dimana kamu sudah mampu mencukupi kebutuhan kamu dan juga dapat menyisihkan sebagaian penghasilan kamu ke dana jaga-jaga

Dana yang dimaksut adalah dana yang dapat kamu gunakan jika terjadi sesuatu yang sifatnya penting dan juga mendadak. Ada kalanya orang mendapatkan musibah yang tidak disangka-sangka,maka kamu dapat menggunakan dana jaga-jaga untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

5. Menumbuhkan Asset

Jika kamu sudah sampai tahap mampu menumbuhkan asset kamu akan memiliki jiwa dan mental yang sangat baik. Mampu menumbuhkan asset adalah kondisi dimana kamu sudah sangat stabil dalam financial, kamu sudah memiliki dana jaga-jaga, kamu juga memiliki penghasilan yang lebih ,dan juga dana kamu sudah terbagi menjadi beberapa hal dalam kebutuhan dan juga uang dingin yang dapat kamu gunakan untuk investasi .

Dalam kondisi ini kamu sudah memiliki income tambahan yang sudah mengalir kedalam penghasilan kamu, yang dapat kamu gunakan untuk investasi lebih, sehingga kamu lebih tenang menyikapi segala resiko dalam investasi .

Meskipun investasi kamu mengalami penurunan kamu bisa menyikapi hal tersebut dengan tenang dan santai.

6. Financial Freedom

Financial Freedom adalah kondisi yang jarang dimiliki oleh setiap orang, tidak banyak yang mampu mencapai titik tersebut. Financial Freedom adalah kondisi dimana orang mampu mencukupi semua kebutuhan hidup dan tidak mengalami kekurangan dalam keuangan.

Ciri-ciri orang yang mampu mencapai titik Financial Freedom adalah keuangan nya yang tak habis untuk 7 keturunan, Bisnisnya berjalan dengan lancar, pasif income dari berbagai instrument keuangan terus mengalir , investasi  besar-besaran semua itu dimiliki oleh mereka yang mampu mencapai titik ini.

Bagi orang yang mampu mencapai titik ini mereka dapat pensiun dari semua pekerjaan dan menikmati hidup dalam senang-senang, meskipun mereka tidak bekerja namun  uang  merekalah yang bekerja setiap hari untuk menambah pundi-pundi kekayaan mereka.

Itulah Tahap Investasi Yang benar dan  Gimana Sih Cara Investasi Dengan Gaji Kecil Pas Pasan. Agar kamu dapat menempatkan posisi kamu yang sekarang kamu alami.

Semoga bermanfaat

Terimakasih



 


0 Komentar

Posting Komentar