Tuai Banyak Pujiaan Karang Taruna Mandalika Direkrut Jadi Marshal Motogp

Tuai Banyak Pujiaan Karang Taruna Mandalika Direkrut Jadi Marshal Motogp

Tuai Banyak Pujian Karang Taruna Apiknya kinerja para tim marshal didalam lintasan balapan pertamina mandalika international street circuit, dilombok tengah Nusa Tenggara barat (NTB), terima pujian dari Federasi Motor Internasional (FIM) dan juga Race Director Pertamina Grand Prix of Indonesia, Mike Webb.

Pujian tersebut diucapkan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) Priandhi Satria,Minggu (20/03/2022)

“Semua anggota sangat cekatan dan juga sigap dalam membersihkan permukaan lintasan” kata Priandhi, semua itu menunjukkan peningkatan yang signifikan bagi anggota marshal setelah Indonesia vakum selama 25 tahun.

"Mike Webb  sangat puas dengan kesigapan dan kecepatan marshal dalam memadamkan api dan juga membersihkan aspal permukaan lintasan dari bekas-bekas bensin dan oli," ujar Priandhi.

Tuai Banyak Pujiaan Karang Taruna Mandalika Direkrut Jadi Marshal Motogp

Pengertian Marshal

Marshal adalah petugas dalam circuit yang membantu di area lintasan, terutama saat terjadinya insiden dalam balapan. Ada sekitar 300 anggota marshal dalam circuit mandalika yang terdiri dari unsur karang taruna Kecamatan Pujut, Brimob Polda NTB, rescuer Basarnas, dan pendamping beberapa marshal dari Malaysia.

Priandi mengatakan cepatnya kinerja anggota marshal bisa dilihat ketika satu insiden besar yang terjadi saat itu, ketika bagian bawah motor Alex Rins( Susuki Ecstar) mengeluarkan api di tikungan 12 dan dia pergi meninggalkan motornya ketika ditikungan 13.

Akibat insiden tersebut banyak oli yang telah bercucuran dilintasan, yang membuat sesi tersebut menjadi red flag, menanggapi hal tersebut para marshal mampu bergegas secara sigap dan juga cepat

Para anggota marshal mampu memadamkan api, mengangkat serpihan, dan juga membersihkan lintasan dari oli sehingga sesi itu bisa berlanjut kembali.

Webb melihat para marshal yang menunjukkan perkembangan positif dari pramusim hingga sekarang. Selain itu  mantan wartawan dan pebalap itu juga mengatakan, pengetahuan para marshal lokal ini sudah jauh lebih maju dan  berkembang.

Semua itu didapat setalah ada masukan dan juga arahan dari beberapa marshal Malaysia yang dibawa masuk untuk berbagi pengalaman saat event balapan internasional  termasuk MotoGP

Banyaknya kecelakaan pada hari kedua tersebut bukanlah factor lintasan, dikutip dari penjelasan pihak FIM sebagai pemberi homologasi Grade A pada Sircuit Mandalika, “insiden itu tidak berhubungan dengan error di lintasan”.

“Itu semua evaluasi FIM sendiri setelah memastikan dengan kondisi lintasan, itu bukanlah error lintasan, dan hari ini saya berbicara dengan mike webb bahwa tidak ada hubungannya antara homologasi yang telah saya berikan terhadap Sircuit ini"


0 Komentar

Posting Komentar