4 Gaya Renang Yang Dilombakan dan Manfaat Yang Bagus Bagi Tubuh Kita

4 Gaya Renang Yang Dilombakan dan Manfaat Yang Bagus Bagi Tubuh Kita

Berenang merupakan aktifitas olahraga yang dilakukan didalam air, selain memberikan manfaat yang bagus bagi tubuh,  olahraga air ini sangat menyenangkan dilakukan. Selain itu berenang sudah menjadi primadona bagi masyarakat luas diseluruh dunia.

Olahraga renang sudah menjadi olahraga yang dipertandingkan secara internasional, dibawah federasi FINA, renang sangat sering  dijadikan ajang kompetisi internasional seperti Sea Games, Asian Games, hingga Olimpiade. 

Dalam perlombaan renang ada berbagai gaya yang diperbolehkan dan juga digunakan saat bertanding. Adapun gaya yang dipertandingkan dalam berenang adalah sebagi berikut. 

4 Gaya Renang Yang Dilombakan dan Manfaat Yang Bagus Bagi Tubuh Kita

Gaya Bebas

Gaya Bebas merupakan teknik berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, Kedua lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sedangkan kedua kaki secara bergantian diayunkan ke atas dan ke bawah ke atas dan ke bawah.

Pengambilan nafas dilakukan pada saat lengan dikeluarkan dari air, pada saat badan dimiringkan dan kepala dimiringkan ke samping. Saat mengambil napas, perenang dapat memilih untuk berbelok ke kiri atau ke kanan.

Berenang dengan gaya bebas bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh dan juga melatih kekuatan otot tangan

4 Gaya Renang Yang Dilombakan dan Manfaat Yang Bagus Bagi Tubuh Kita

Gaya Dada

Gaya Dada merupakan gaya renang dengan fokus menggerakkan tubuh secara teratur, gaya dada sangat mirip dengan teknik renang katak maka dari itu sangat sering disebut dengan gaya katak. Gaya dada merupakan gaya renang yang mudah dan cocok untuk dipelajari pemula.

Teknik renang gaya dada dilakukan dengan cara dada menghadap kepermukaan air dan gerakannya dilakukan secara teratur, maka dari itu gaya dada memiliki kecepatan yang rendah dibandingkan dengan gaya renang lainnya.

Berenang dengan menggunakan gaya dada memberikan manfaat dapat membakar kalori dan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung

4 Gaya Renang Yang Dilombakan dan Manfaat Yang Bagus Bagi Tubuh Kita

Gaya Kupu-Kupu

Gaya Kupu-Kupu adalah gaya yang diadopsi dari pengembangan gaya dada, gaya kupu-kupu juga sering disebut dengan gaya lumba-lumba karena gayanya yang mirip dengan lumba-lumba ketika muncul dipermukaan air laut

Gaya kupu-kupu harus memiliki kecepatan yang bagus maka dari itu dibutuhkan kekuatan yang besar dari perenang untuk dapat berenang cepat, dengan gerakan kedua tangan dan dikombinasikan dengan dorongan kaki secara bersamaan akan memberikan kecepatan yang diinginkan.

Gaya kupu-kupu memiliki manfaat untuk melatih otot tangan dan juga dada.

4 Gaya Renang Yang Dilombakan dan Manfaat Yang Bagus Bagi Tubuh Kita

Gaya Punggung

Gaya Punggung merupakan gaya yang sangat sering dipertandingkan dalam berbagai even internasional, gaya punggung memiliki kesamaan seperti orang tidur telentang karena gayanya yang telentang. Teknik ini cenderung lebih sulit dilakukan oleh pemula 

Posisi renang gaya punggung adalah posisi badan bagian depan dan wajah menghadap keatas dengan menggunakan kedua tangan diangkat bergantian seperti gaya bebas demi mendapatkan kecepatan yang diinginkan

Manfaat yang didapat dari gaya punggung adalah melatih otot tangan dan juga menjaga persendian agar tetap lentur.

Itulah 4 gaya renang dan manfaat yang diperoleh bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan informasi 

Terimakasih 

.


0 Komentar

Posting Komentar