6 Cara Mengatur Kebutuhan Keluarga Dengan Uang Bulanan 1.500.000 Begini Caranya

6 Cara Mengatur Kebutuhan Keluarga Dengan Uang Bulanan 1.500.000 Begini Caranya

Kondisi saat ini masih menjadi kondisi sulit untuk semua masyarakat, meskipun  virus yang menyebar sudah tidak histeris seperti kemarin namun kondisi keuangan masyarakat masih sangat mengalami kendala yang bermacam-macam. Ditambah lagi kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan harga yang fantastis.

Disamping kebutuhan yang semakin kompleks ternyata banyak masyarakat yang masih memiliki penghasilan yang minim, kondisi ini masih menjadi mayoritas bagi semua masyarakat. lalu bagaimana cara mengatur keuangan agar dapat mencukupi kebutuhan.

Kali ini saya akan mengulas tentang cara mengatur uang bulanan sejumlah 1.500.000 untuk keluarga, adapun caranya baca sampai akhir agar kalian benar-benar memahami.

Cara Mengatur Uang Bulanan

Penghasilan setiap orang cenderung berbeda, begitupun dengan kebutuhan yang dihasilkan biasanya akan berpengaruh dengan penghasilan mereka. Semakin banyak penghasilan maka semakin banyak kebutuhan yang akan dikeluarkan. 

Namun ketika penghasilan tidak dikelola dengan baik maka pasti akan habis tanpa tersisa, bahkan sangat bisa penghasilan tersebut akan menjadi kurang untuk mencukupi kebutuhan hidup. Inilah cara mengatur keuangan dengan penghasilan 1,5 juta

1. Membagi Kebutuhan Setiap Bulan

Setiap kamu menerima penghasilan kamu harus membagi menjadi beberapa kebutuhan, mulai dari kebutuhan rumah dan kebutuhan luar. Kebutuhan rumah meliputi kebutuhan makan keluarga untuk tetap bertahan hidup

Kamu dapat mengalokasikan 40% penghasilan untuk kebutuhan tersebut, setelah itu 30% penghasilan kamu dapat kamu gunakan untuk kebutuhan luar misalnya saja kebutuhan untuk transportasi kerja dan lain-lain

Setelah semua tercukupi kamu gunakan 25% penghasilan kamu untuk kebutuhan jaga-jaga karena kondisi setiap orang tidak ada yang tau dan sisa penghasilan 5% kamu gunakan untuk tabungan

2. Kurangi Pengeluaran Diluar 

Dalam kondisi tersebut kamu harus benar-benar dapat membatasi pengeluaran luar seperti membeli barang sekunder yang kurang perlu, keluar makan diluar dengan keluarga, nongkrong dengan teman-teman kerja dan lain-lain. Kegiatan tersebut harus dikurangi

Kamu dapat sesekali melakukan kegiatan tersebut  misalnya saja kamu dapat uang bonus ataupun uang luar yang berbada dari uang kebutuhan kamu setiap bulan.

3. Mencari Penghasilan Tambahan Dengan Skill Yang Kamu Punya

Dalam hal ini kamu diwajibkan memiliki skill tertentu untuk mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya saja kamu dapat atau mahir menjadi editor video ataupun editor foto yang dapat kamu pasarkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain itu kamu dapat menjadi freelance penulis atau pun salesmen untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat membantu mencukupi kebutuhan keluarga ataupun menjadi uang tabungan kamu.

4. Jeli Dalam Membeli Barang Promo

Terkadang membeli barang promo adalah solusi bagi kita semua agar mendapatkan barang yang kita butuhkan  dengan harga yang relative murah. Dalam hal ini kamu harus benar benar jeli dalam melihat barang barang tersebut ketika berbelanja

Baik ketika belanja secara online ataupun oflfline. Selain itu kamu dapat menandai hari-hari besar dimana hari tersebut banyak toko-toko online ataupun offlineyang  memiliki banyak barang  diskon. Dengan barang tersebut dapat menghemat biaya kebutuhan kamu.

5. Utamakan Kebutuhan Daripada Keinginan

Setiap orang yang memiliki penghasilan akan mimiliki keinginan yang berbeda namun dengan kondisi penghasilan yang pas-pas an dan harus mencukupi kebutuhan keluarga kamu harus benar –benar bijak menggunakan keuangan kamu.

Kamu harus tau menempatkan kebutuhan dan juga keinginan. Kamu harus menunda mendapatkan keinginan kamu yang saat itu belum berguna pokok bagi kamu.

6. Tentukan Tujuan Kamu Dalam Mencukupi Keluarga

Setelah semua dapat kamu bagi diberbagai kebutuhan dan juga semua sudah dikurangi kamu juga harus menentukan tujuan dalam mencukupi keluarga, apakah akan berlangsung seperti itu secara terus menerus atau kamu memilki tujuan lain.

Kamu harus memiliki tujuan yang lebih baik kedepannya dengan uang yang telah kamu tabung secara teratur untuk  mengembangkan atau memulai usaha baru demi menunjang kebutuhan hidup. 

Maka dari itu disamping kamu membatasi semua kebutuhan kamu juga harus berfikir memiliki usaha atau penghasilan lain yang dapat menunjang penghasilan kamu kedepannya.

Itulah 6 cara mengatur keuangan dengan penghasilan 1.500.000 untuk kebutuhan keluarga. Semoga dapat menjadi referensi untuk mengatur keuangan kamu dan dapat kamu terapkan dalam hidup sehari-hari. Semoga bermanfaat

Terimakasih.




0 Komentar

Posting Komentar