Cara Mengatasi dan Mencegah Financial Distress (Kesulitan Keuangan) Agar Keuangan Anda Terarah

Cara Mengatasi  dan Mencegah Financial Distress (Kesulitan Keuangan) Agar Keuangan Anda Terarah

Sudah 2 tahun yang lalu sejak pandemi mulai menyebar kesuluruh negara yang menyebabkan kondisi keuangan menjadi terganggu, kesulitan dalam hal keuangan ini dirasakan oleh perusahaan ataupun individu yang banyak mengeluh akan sulitnya mendapatkan uang. Banyak perusahaan yang mengalami Financial Distress.

Financial distress adalah kondisi dimana suatu perusahaan ataupun individual tidak mampu menghasilkan pendapatan atau laba yang cukup yang menyebabkan tidak memiliki kemampuan membayar suatu kewajiban keuangan. Financial distress sering disebut sebagai awal kehancuran suatu perusahaan.

Penyebab Kesulitan Keuangan

Banyak factor yang menjadi penyebab sulitnya mendapatkan uang dalam hal usaha, namun secara garis besar  penyebab kesulitan dalam hal keuangan adalah sebagai berikut

1. Penyebab Financial  Distres Bagi Perusahaan 

• Penjualan tidak mencapai target

• Manajemen keuangan yang buruk

• Perputaran karyawan yang tinggi

• Biaya yang terlalu boros

• Banyaknya hutang yang tidak sebanding dengan asset

• Penyalahgunaan asset yang ada

• Perubahan kebijakan pemerintah

• Harga bahan baku yang semakin melambung tinggi

2. Penyebab Financial Distress bagi individu 

• Banyaknya pengeluaran konsumsi

• Banyaknya hutang untuk konsumtif

• Kurangnya perencanaan keuangan

• Kehilangan sumber pendapatan.

Cara Mengatasi  dan Mencegah Financial Distress (Kesulitan Keuangan) Agar Keuangan Anda Terarah

Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan

Dari beberapa penyebab kesulitan keuangan, anda dapat menggunakan cara-cara dibawah ini agar dapat membantu mengoptimalkan keuangan anda, namun semua hal tersebut  harus sesuai dengan manajemen keuangan yang harus anda rencanakan sebelum melakukan hal berikut. 

Restrukturisasi Kredit ( Perpanjangan jangka Waktu Kredit )

Restrukturasi kredit adalah suatu kebijakan yang diberikan oleh Pihak Sumber dana  untuk memberikan keringanan kepada Peminjam dalam bentuk Keringanan Bunga, memperpanjang Jangka waktu kredit dan mengecilkan jumlah angsuran.

Jika anda sudah diberikan kebijakan tersebut maka anda harus mengevaluasi semua usaha anda dan melakukan inovasi agar bisnis anda bisa optimal kembali.

Penekanan Pada Pengeluaran

Hal ini sangat penting dilakukan baik penerapan dalam perusahaan ataupun individu yaitu penekanan pengeluaran, perusahaan dapat melakukan  hal ini dengan cara  menekan biaya promosi, mengurangi biaya bonus, ataupun mengurangi pegawai.

Sedangkan bagi individu penekanan pada pengeluaran ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi uang jajan setiap hari, mengurangi pengeluaran rekreasi, mengurangi kebutuhan komsumtif yang tidak diperlukan seperti kebutuhan pakaian dan lain-lain.

Dalam poin tersebut fokus utama yang harus dilakukan adalah menyisihkan uang atau menabung uang untuk kebutuhan yang lebih pokok, dapat digunakan untuk melunasi hutang, tambah modal dalam mengembangkan usaha dan juga dana jaga-jaga untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Menambah Sumber Pendapatan

Yang dimaksut menambah sumber pendapatan adalah anda dapat mencari penghasilan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari dengan cara menjalankan bisnis yang lain, menggunakan skill anda untuk mendapatkan uang (editor Foto, Youtube, Writter dan lain-lain)

Semua itu dapat anda coba demi mendapatkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan anda dan lai-lain. Banyak kasus yang terjadi penghasilan tambahan bagi seseorang dapat menjadi penghasilan utama yang tak terduga..

Cara Mencegah Financial Distres

Sebelum anda ataupun perusahaan anda mengalami Financial distress ada baiknya harus mencegah terlebih dahulu dari semua yang dapat menyebabkan financial distress, seperti pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan. Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah financial distress baik perusahaan ataupun individu.

• Terapkan manajemen keuangan yang ketat  dan benar

• Kelola keuangan anda pada porsi yang tepat

• Pastikan hutang anda tidak melebihi asset total anda 

• Mencari Sumber pendapatan lain sejak awal

• Menggunakan perlindungan finansial yang tepat

Itulah cara mengatasi financial distress semoga bisa jadi rujukan untuk mengelola keuangan anda

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar