Mengetahui Awal Mula Tanda-Tanda Kerusakan Pada Laptop Anda

Mengetahui Awal Mula Tanda-Tanda Kerusakan Pada Laptop Anda

Laptop merupakan alat yang tidak bisa jauh dari kehidupan manusia bahkan bisa jadi merupakan kebutuhan sehari-hari bagi sebagian orang untuk membantu setiap aktivitas yang ada. Tentunya sebagai pemiliknya Anda harus merawat laptop dengan baik dan benar agar laptop tersebut dapat menjaga kemampuannya.

Laptop selalu memberikan peringatan ketika rusak parah. Misalnya, ketika suatu perangkat tidak berfungsi, komputer atau laptop akan mengeluarkan suara tertentu. Walaupun tanda-tanda kerusakan yang muncul akan berbeda-beda pada setiap sistem komputer, berikut ini Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan Pada Laptop yang biasanya muncul.

Pesan Peringatan Terus Menerus

Jika pesan peringatan masih muncul, kemungkinan besar peretasan itu merusak perangkat keras atau instalasi program di komputer. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan mengapa pesan tersebut muncul.

Jika pesan merujuk ke program tertentu, maka masalah dapat diselesaikan dengan menghapus program itu. Namun, jika Anda tidak dapat menemukan akar masalahnya, Anda harus menginstal ulang Windows atau macOS di komputer Anda.

Performa Lambat Dan Tidak Responsif

Lambatnya kinerja laptop atau komputer tidak selalu menandakan bahwa sistem terinfeksi virus. Ini dapat merujuk pada aktivitas peretasan seperti mengirim spam atau mengambil informasi digital lainnya oleh peretas.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama lakukan pemindaian malware. Kemudian periksa program yang berjalan di Windows Task Manager atau Activity Monitor untuk macOS. Kemudian uninstall program yang melakukan aktivitas abnormal atau menggunakan banyak memori. Namun tanda ini juga bisa disebabkan oleh usia perangkat yang sudah tua.

Perubahan Pengaturan Yang Tidak Diinginkan

Jika tanda ini muncul, itu mungkin berarti virus yang menyerang komputer mencoba mengubah pengaturan program untuk mencegah antivirus menghancurkannya. Bendera ini biasanya menyebabkan alat pencarian komputer berubah.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama reset semua perubahan yang terjadi ke keadaan semula. Kemudian lakukan pemindaian penuh terhadap virus dan malware di sistem komputer Anda. Copot program yang ditemukan menyebabkan perubahan.

Suara Aneh

Suara aneh yang datang dari laptop Anda dapat mengindikasikan kerusakan perangkat keras. Ketika ini terjadi, Anda perlu menyimpan data di perangkat lain untuk mengantisipasi kehilangan data dari komputer.

Semakin tua perangkat keras Anda, semakin besar kemungkinan perangkat keras Anda akan gagal. Namun untuk mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengunjungi service center terdekat. Atau jika laptop Anda sudah sangat tua, Anda bisa membeli laptop baru.

Situs Web Yang Muncul Secara Acak

Jika pop-up muncul secara berlebihan, bahkan sampai menutupi atau menekan konten yang Anda baca, ini adalah tanda bahwa ekstensi browser Anda melakukan aktivitas yang buruk atau bahwa beberapa malware telah menyerang sistem komputer Anda.

Untuk memperbaikinya, periksa ekstensi di browser Anda. Kemudian hapus instalan add-on sebanyak mungkin. Jika masalah berlanjut, instal ulang browser di komputer Anda. Selain itu, jalankan pemindaian virus dan malware untuk mengatasi kemungkinan penyebab masalah di luar browser.

Demikian penjelasan dari saya tentang Mengetahui awal Tanda-Tanda Kerusakan Pada Laptop anda

Semoga bermanfaat

Terimakasih.

 

 

0 Komentar

Posting Komentar