Tips Produktif Di Era Modern Dengan Cara Ninja Menurut Buku How To Be a Productivity Ninja

Tips Produktif Di Era Modern Dengan Cara Ninja Menurut Buku How To Be a Productivity Ninja

Diera sekarang setiap individu dituntut untuk memiliki produktifitas yang tinggi dalam mengerjakan pekerjaan ataupun sesuatu yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Namun setiap individu memiliki tingkat produktifitas yang berbeda.

Terlebih produktif seseorang terkadang hilang dalam waktu-waktu tertentu yang mengakibatkan semua perkerjaan tidak sesuai deadline dan juga menjadi kacau. Disini saya akan membahas bagaimana cara menjadi produktif diera modern dengan cara ninja.

Sesuai dengan yang ditulis oleh Graham Allcott dalam buku nya yang berjudul How to be a Productivity Ninja yang akan saya rangkum dalam 3 bagian. Berikut 3 cara produktif di era modern dengan cara ninja

3 Cara Produktif Di Era Modern

Banyak orang yang mengatakan setiap orang harus bekerja keras demi mendapatkan sesuatu namun menurut Graham Allcott berkerja keras bukanlah yang utama dalam menentukan produktifitas seseorang.

Karena bekerja keras dalam waktu panjang tidak menjamin seseorang lebih produktif,  jadi menurut Graham produktif bukan hanya soal waktu namun tingkat fokus kita dapat menyelesaikan pekerjaan. Ada 3 cara agar menjadi produktif menurut Graham, simak hingga akhir ya 

Tips Produktif Di Era Modern Dengan Cara Ninja Menurut Buku How To Be a Productivity Ninja

1. Produktif Seperti Ninja 

Dapat kita lihat bahwa seorang ninja tetap  tenang menghadapi sesuatu yang dapat kita terapkan harus tetap tenang dalam menyikapi masalah meski jadwal padat membayangi, sebagai seorang ninja dia harus memiliki prioritas yang harus diutamakan dari yang lain

Selain itu seorang ninja memiliki sifat yang kejam yang mampu memilih mana yang harus dikerjakan dan mana yang harus ditinggalkan, dalam menjalankan sesuatu ninja dapat menggunakan berbagai senjata dalam hal ini kamu tidak memakai pedang atau tongkat dalam menjalankan pekerjaanmu

Melainkan mampu untuk mengatur waktu yang telah diberikan kepada kamu, meskipun seorang tidak sempurna dalam menjalankan sesuatu bukan berarti itu semua tidak berguna, karena yang dituntut dalam hal ini bukan untuk menjadi sempurna dalam segala hal.

Namun memiliki konsistensi tinggi dalam menjalankan pekerjaan yang telah dibebankan terhadap kamu adalah fokus yang paling penting ..

Tips Produktif Di Era Modern Dengan Cara Ninja Menurut Buku How To Be a Productivity Ninja

2. Mengatur Perhatian Bukan Soal Waktu 

Graham memiliki pandangan bahwa perhatian kita itu lebih terbatas dari waktu yang ada jadi bukan masalah waktu yang paling terpenting namun bagaimana kita harus mengatur perhatian kita terhadap apa yang telah kita kerjakan daripada mementingkan waktu.

Selain itu kalau kamu hanya mampu berfikir terhadap sesuatu tanpa melakukan apapun maka sama saja waktu kamu akan terbuang sia-sia tanpa menghasilkan produktifitas yang ada. Dalam sifat manusia memiliki 3 perhatian secara umum yang dapat dipelajari yaitu 

  • Proactive Attention

Perhatian manusia yang sangat berfokus terhadap apa yang dikerjakan, fase inilah yang harus dibangun setiap orang agar mereka memiliki produktifitas yang tinggi. Agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berguna.

  • Active Attention 

Perhatian manusia yang memiliki pekerjaan namun terkadang masih terganggu terhadap hal-hal lain, kondisi ini memang masih wajar karena setiap manusia memiliki rasa malas bawaan dari lahir yang menempel pada setiap manusia.

  • Inactive Attantion 

Kondisi ini merupakan perhatian ketika manusia memiliki banyak pekerjaan namun tak punya tenaga atau energy untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Dari ketiga pandangan perhatian tersebut seseorang dituntut untuk dapat mengatur waktu sesuai dengan kondisi perhatian nya. Setiap individu harus dapat mengatur waktu dimana mereka berada pada kondisi Proactive attention agar dapat mengerjakan sesuatu dengan produktif.

Tips Produktif Di Era Modern Dengan Cara Ninja Menurut Buku How To Be a Productivity Ninja

3. Cara Kerja Produktif 

Agar dapat bekerja produktif kamu harus dapat menciptakan suasana pekerjaan kamu menjadi sangat simple, selain itu kamu dapat dengan mudah memahami pekerjaan tersebut sehingga kamu dapat mengerjakan dengan baik.

Misalnya saja jika kamu akan mengadakan suatu rapat pekerjaan maka kamu harus mengatur waktu dalam menyelesaikannya. Misalnya saja kamu dapat membagi menjadi 3 tahapan ketika akan rapat.

Tahap persiapan yang biasanya memakan waktu 40% dari waktu yang ada karena kamu harus memahami betul tentang konsep pekerjaan tersebut. Tahap ini kamu persiapkan ketika kamu belum masuk dalam ruangan rapat.

Tahap kedua biasanya membutuhkan waktu 20%, tahap ini dilakukan ketika kamu sedang didalam ruangan rapat dan kamu harus  mampu menyampaikan kepada semua anggota serta dapat menyakinkan terhadap apa yang menjadi konsep pekerjaan tersebut 

Tahap ketiga memiliki waktu 40%  dalam menjalankannya, tahap ini adalah tahap lanjutan setelah semua dapat diterima semua anggota. Pada tahap ini  harus diberikan deadline waktu agar semua dapat terorganisir secara tepat.

Jadi  menurut Graham cara produktif adalah bagaimana kamu dapat menentukan perhatian yang tepat terhadap apa yang kamu kerjakan dan membagi waktu secara tepat agar semua nya tidak terbuang sia-sia.

Graham percaya bahwa tidak ada manusia yang sempurna, setiap manusia memiliki kelemahan namun setiap manusia memiliki konsistensi yang dapat dilatih dalam menjalankan sesuatu yang dapat menjadi sejata bagi manusia itu sendiri.

Semoga Tips produktif era modern dengan cara ninja tersebut dapat menjadi wawasan tambahan bagi kita semua. Semoga bermanfaat 

Terimakasih 



0 Komentar

Posting Komentar