Beginilah Sejarah Lahirnya Pancasila yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Juni

Beginilah Sejarah Lahirnya Pancasila yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Juni

Setiap tanggal 1 juni negara kita selalu memperingati hari lahirnya pancasila selain itu setiap tanggal 1 juni presiden selalu menetapkan hari libur nasional untuk negara Indonesia. Penetapan hari lahirnya pancasila tersebut merupakan penetapan yang dilakukan oleh pemerintah  melalui perjalanan yang panjang dengan kajian yang mendalam dari pemerintah dan MPR.

Tahukah kalian kenapa pada tanggal 1 juni ditetapkan sebagai hari lahirnya pancasila? Kenapa tidak pada tanggal yang lain ?

Negara kita dan para pemimpin kita terdahulu telah sepakat untuk menjadikan pancasila sebagai ideology negara Indonesia, jadi tidak heran kalau pemerintah menetapkan pada tanggal 1 juni sebagai hari libur nasional. Telah disepakati oleh rakyat Indonesia bahwa pancasila adalah ideology pemersatu bangsa.

Beginilah Sejarah Lahirnya Pancasila yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Juni

Perumusan Dasar Negara Indonesia

Didalam pancasila terdapat nilai-nilai keberagaman, kebhinekaan dan persatuan antarkomponen yang digunakan sebagai pondasi berbangsa dan bernegara. Lahirnya pancasila berawal dari kekalahan jepang ketika perang pasifik yang telah terjadi pada tahun 1941-1945 silam. Dengan kekalahan tersebut jepang bersiasat untuk menarik simpati masyarakat Indonesia  dengan cara menjanjikan kemerdekan sekaligus membentuk suatu badan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Lembaga tersebut bernama Dokuritsu Junbi Cosakai atau dengan nama Indonesia sebagai BPUPKI ( Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).  Lembaga BPUPKI memiliki 63 anggota termasuk Dr KRT,Radjiman wedyodiningrat sebagai ketua. Sidang perdana bpupki dilaksanakan pada tanggal 29 mei tahun 1945 di gedung Chuo Sangi In ( yang sekarang telah menjadi gedung Pancasila). Sidang tersebut berlangsung selama 5 hari dengan mengusung tema Dasar negara.

Dari sidang tersebut mendapatkan berbagai usulan tentang dasar negara dari berbagai tokoh yakni 

 Mohammad Yamin dengan rancangan nya :

• Ketuhanan Yang Maha Esa

• Kebangsaan Persatuan Indonesia

• Rasa Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

• Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 

• Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

Seopomo juga mengusulkan gagasan dasar negara yaitu :

• Paham Persatuan

• Perhubungan Negara dan Agama 

• Sistem Badan Permusyawaratan

• Sosialisasi Negara

• Hubungan antar Bangsa yang Bersifat Asia Timur Raya

Pada puncaknya Soekarno menyampaikan gagasannya pada tanggal 1 juni 1945 tentang lima dasar negara yang sesuai dengan pancasila sampai sekarang,  yaitu :

• Kebangsaan 

• Internasionalisme atau perikemanusiaan

• Demokrasi 

• Keadilan sosial

• Ketuhanan yang Maha Esa

Dari gagasan tersebutlah terbentuknya Pancasila sampai sekarang sehingga pada tanggal 1 juni diperingati sebagai lahirnya pancasila. Alasan mengapa pada tanggal 1 juni diperingati hari lahirnya pancasila adalah pada bagian huruf c Keppres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila disebutkan bahwa untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Ir. Soekarno, Anggota BPUPKI di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945. 

Sedangkan pada bagian huruf d sejak kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945,Pancasila mengalami perkembangan hingga menghasilkan naskah Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, yang dilakukan oleh Panitia Sembilan dan disepakati menjadi rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( PPKI)

Rumusan Pancasila tanggal 1 juni 1945, Rumusan Piagam Jakarta pada tanggal 22 juni 1945 sampai tanggal 18 agustus 1945 merupakan satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Itulah sejarah singkat tentang lahirnya Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 juni.
Terimakasih

0 Komentar

Posting Komentar