Cara Memahami Kepribadian Diri Sendiri Begini Caranya

Cara Memahami Kepribadian Diri Sendiri Begini Caranya

Kepribadian adalah sifat yang dimiliki setiap orang sejak lahir dan kepribadian tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda, secara umum kepribadian memiliki banyak arti yang didefinisikan oleh banyak pakar-pakar kepribadian.

Menurut  Sujanto, menyatakan bahwa kepribadian adalah  suatu totalitas psikofisis yang rumit dari individu, sehingga nampak dalam tingkah lakunya yang unik. 

Sedangkan menurut  Kartini dan Dali (2006), pengertian kepribadian merupakan  tingkah laku dan sifat seseorang  yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Kemudian, kepribadian dapat juga berarti integrasi karakteristik dari pola, minat, tingkah laku, potensi, minat, pendirian, kemampuan dan struktur-struktur yang dimiliki seseorang

Namun secara umum kepribadian dapat diartikan sebagai  keseluruhan sikap, pola pikir, perasaan, emosi , ekspresi, dan temperamen seseorang. Sikap, pola pikir, emosi, perasaan, ekspresi, dan temperamen itu akan terwujud dalam tindakan seseorang jika dihadapkan pada kondisi dan situasi tertentu.

Apakah Kepribadian Dapat Berubah ?

Menurut para ahli kepribadian itu terbentuk sejak kecil yang didapat dari genetic orang tua dan juga lingkungan dimana tempat dia tinggal, lalu bagaimana dengan kepribadian itu sendiri apakah bisa berubah atau tidak?

Secara umum kepribadian individu berbeda-beda , contoh saja seorang siswa akan berfikir keras ketika mendapat kan tugas dari guru namun sebaliknya ada juga siswa yang merasa tenang dan juga santai ketika mendapatkan tugas dari guru.

Dari kasus tersebut jelas kepribadian orang tersebut memiliki perbedaan yang bertolak belakang, lalu apakah kepribadian mereka bisa dirubah jawabannya adalah bisa iya bisa tidak karena merubah kepribadian bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Selain butuh waktu yang lama, lingkungan juga harus mendukung untuk berubah mulai dari keluarga yang paling dekat dengannya, teman bermain dan juga lingkungan sekitar dimana dia tinggal. Jadi merubah kepribadian seseorang bukanlah hal yang mustahil namun bukan juga perkara yang mudah.

Cara Pahami Kepribadian  

Sering kali kamu melakukan tes-tes kepribadian untuk mengetahui bagaimana sih kepribadian kamu, entah dalam seminar luar, seminar sekolah dan lain-lain.  Perasaan ingin tahu tentang bagaimana dengan diri sendiri seringkali membuat pribadi seseorang melakukan itu semua .

Untuk memahami itu semua dapat lakukan dengan cara melakukan seminar dalam memahami kepribadian beberapa kali, selain itu kamu harus benar benar memahami diri anda sendiri dengan berbagai sikap yang telah kamu lakukan dalam menghadapi situasi tertentu.

Selain itu kamu juga dapat konsultasi kepada pakar psikolog yang dapat membantu memahami sifat kamu, ataupun dapat berkonsultasi kepada teman dekat ataupun orang tua dalam memahami karakter kamu.

Memahami kepribadian adalah hal yang wajib kamu ketahui, selain dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah yang akan kamu hadapi memahami kepribadian akan membantu kamu dalam mencapai suatu tujuan atau cita-cita yang kamu impikan.

Itulah sedikit cara memahami kepribadian yang dapat kamu lakukan . semoga menambah wawasan bagi kita semua .

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar