Cara Mengenali Diri Sendiri Ternyata Banyak Remaja yang Tidak Mengetahui Kesalahannya

Cara Mengenali Diri Sendiri Ternyata Banyak Remaja yang Tidak Mengetahui Kesalahannya

Banyak orang yang sering sekali terpengaruh dengan orang lain, mudah iri dengan pencapaian orang lain dan juga apapun yang didapatkan orang lain, merasa ingin seperti ini dan seperti mereka,  itu semua karena orang tersebut tidak benar-benar memahami dengan pribadinya.

Banyaknya teknologi yang saat ini semakin berkembang membuat kita semakin banyak mengenal dunia luar, banyaknya seminar yang telah diadakan oleh mentor ternama dunia untuk membuat dan membentuk mental sukses kita.

Namun itu semua  belum cukup untuk membuat kita dapat mencapai sesuatu yang telah kita impikan jika kita belum mampu untuk mengenal diri sendiri, mengenal diri sendiri dapat membentuk kekuatan dalam diri dan juga menciptakan motivasi yang tinggi dalam hidup.

Mengenal Diri Sendiri 

Pada dasarnya setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, tapi kebanyakan orang tidak memahami dan mengetahui kepribadiannya sendiri secara mendalam yang pada akhirnya sering kali terbawa emosi dan bergejolak dalam hati. 

Kita sering terjebak dengan ambisi yang ada pada lingkungan dan juga pengaruh dari media online lainnya, padahal kita harus sadar bahwa semua itu memiliki passion nya masing-masing yang tidak bisa disamakan.

Jujur dan juga selalu menerima dengan apa yang sudah kita punya dan berusaha menjadi baik lagi adalah kunci dari mengenal lebih dalam lagi siapa diri kita sendiri. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengenal diri sendiri.

1. Mengenal Kepribadian/Karakter Diri Sendiri

Kita harus mengenali karakter yang ada pada diri sendiri, contohnya saja ada orang yang selalu pendiam didalam rumah ataupun dalam sekolah tetapi anehnya orang tersebut sangat ramai jika diluar rumah ketika bersama dengan teman lainnya.

Itu berarti ada kemungkinan orang tersebut adalah orang yang ramai dan asik namun ketika dirumah atau disekolah dia mengalami tuntutan tersendiri yang mengakibatkan dia menjadi pendiam. Maka dari itu kita harus memahami dulu karakter yang kita punya, agar dapat menentukan tujuan selanjutnya 

2. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Selain memahami karakter yang sudah terbawa sejak kecil maka kita harus  memahami kelemahan dan juga kelebihan agar kita tau dan dapat menempatkan dimana kita harus berada. Contoh saja kita adalah olahragawan 

Disuatu hari kamu diajak bermain volley bersama dengan teman kamu namun mereka tidak mengerti kalau kamu tidak bisa bermain volley tapi sebenarnya kamu  mahir dalam olahraga basket. Jika seperti  itu potensi yanga dalam diri sendiri kamu tidak akan bernah berkembang. Maka dari itu kamu dapat  memilijh jalan yang terbaik buat kamu.

Selain itu kamu harus mengutarakan tentang kelebihanmu dan apa yang cocok untuk kamu.

3. Prinsip yang Kamu Junjung Tinggi

Untuk menentukan tujuan yang ingin kamu capai, kamu harus memiliki prinsip dalam mencapai tujuan kamu. Prinsip tersebut harus kamu junjung tinggi dan tidak menginginkari apa yang sudah kamu tetapkan.

Karena jika kamu sudah sekali melanggar maka seterusnya akan membuat kamu ketagihan dalam melanggar prinsip tersebut.

4. Cintai Tubuhmu 

Demi mengenal diri sendiri lebih dalam, mencintai tubuh adalah hal yang wajib dilakukan,  proses untuk mengenal diri sendiri bukanlah hal yang dapat dilakukan dalam waktu satu atau dua hari tetapi melalui proses yang terus berkelanjutan.

Berikan kebutuhan lahiriah dan juga batiniah untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari makanan yang bergizi, pikiran yang damai, Rekreasi dan juga berdoa kepada yang Maha Kuasa, itu semua berguna untuk kelanjutan hidupmu dalam memahami diri sendiri dan juga mencapai sesuatu yang kamu inginkan

Cara diatas adalah Cara untuk mengenali diri sendiri agar dapat memberikan sesuatu yang kamu inginkan kedepannya, memahami diri sendiri merupakan suatu proses yang panjang yang tidak akan kamu dapat dengan cara yang Instan, maka dari itu kamu harus belajar secara berkelanjutan demi mendapatkan yang terbaik.

Semoga dapat memberikan wawasan terbaru tentang diri sendri 

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar