Pengertian dan Manfaat KSEI Yang Harus Diketahui Sebagai Investor

Pengertian dan Manfaat KSEI Yang Harus Diketahui Sebagai Investor

Bagi kalian yang masih belum paham tentang  KSEI, kali ini saya akan membahas dan mengulas tentang Ksei secara singkat dan jelas agar mudah dipahami. Apa saja kegunaan KSEI yang selama ini kalian hanya melihat berbagai aplikasi sudah terdaftar dalam KSEI, OJK dan juga BAPPEBTi.

Pengertian KSEI 

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) adalah Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian(LPP) di Pasar Modal Indonesia yang memberikan  layanan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian transaksi Efek yang teratur, wajar, dan efisien, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. 

Bisa disebut bahwa Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI ) merupakan lembaga yang menjamin dan mengawasi keamanan dana nasabah melalui pencatatan uang yang telah masuk dalam reksadana. Didirikan  pada  tanggal 23 Desember 1997  di Jakarta dan memperoleh izin usaha pada 11 November 1998.

KSEI merupakan salah satu Self-Regulatory Organization (SRO) bersama dengan  PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).  KSEI mulai menjalankan kegiatan operasional penyelesaian transaksi Efek dengan warkat pada tanggal 9 Januari 1998.

Manfaat KSEI Bagi Investor

Semakin berkembangnya teknologi dunia PT Kustodian Sentral Efek Indonesia ( KSEI ) juga berupaya  meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi dalam reksadana, terbukti KSEI mewujudkan melalui kewajiban kepemilikan Single Investor Identification (SID) pada tahun 2012. 

Single Investor Identification ( SID ) sebagai nomor identitas tunggal bagi investor yang memberikan kemudahan pada proses identifikasi investor sekaligus digunakan sebagai landasan berbagai pengembangan pasar modal lainnya, termasuk fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Selain itu KSEI memberikan manfaat bagi investor yaitu sebagai berikut :

• Dapat memeriksa secara real-time data kepemilikan efek dalam sub rekening KSEI yang dimiliki, sekaligus mutasi dalam jangka waktu 30 hari terakhir.

• KSEI akan memudahkan investor melakukan konsolidasi laporan seluruh portofolio yang investor punya jika membeli saham lewat berbagai Broker.

• Selalu memberi  transparansi, karena semua informasi di pasar modal dapat diakses oleh investor, ini akan memberikan transparansi yang diinginkan oleh para investor.

KSEI merupakan salah satu komponen yang harus kamu pahami terlebih dahulu jika kamu ingin melakukan investasi reksadana saham, sehingga dapat memberikan pengetahuan baru  yang akan menujang  kamu dalam investasi.

Selain itu masih banyak pengetahuan lain yang harus kamu pahami terlebih dahulu jika menginginkan terjun langsung dalam investasi saham tersebut, semoga dapat memberikan pengetahuan baru bagi kalian semua.

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar