Pengertian Dana Refund dan Cara Mendapatkannya

Pengertian Dana Refund dan Cara Mendapatkannya

Semakin banyak transaksi online yang dilakukan oleh masyarakat semakin banyak juga istilah-istilah yang hadir, salah satu istilah yang sering kita dengar adalah pengembalian dana atau refund, ketika kamu ingin melakukan pengembalian dana kamu harus memahami dan mengetahui secara jelas prosedur yang berlaku.

Dengan begitu pengembalian dana yang kamu inginkan dapat terpenuhi dengan lancar, jika kamu tidak memahami aturan yang berlaku maka kamu akan kesulitan melakukan pengembalian dana atau bahkan pengembalian dana tersebut akan gagal.

Pengertian Dana Refund

Secara umum pengertian refund adalah pengembalian, jadi secara sederhana  dapat diartikan dana refund adalah dana pengembalian yang diterima oleh pihak yang mengajukan pembatalan terhadap suatu produk atau jasa pada perusahaan berbasis digital atau e commerce, pembatalan tersebut dipengaruhi banyak hal , misalkan saja barang rusak dan alasan lain.

Fasilitas refund suatu perusahaan  menjadikan pertimbangan oleh konsumen jika ingin membeli produk secara online dari perusahaan tersebut, karena konsumen tidak dapat melihat dan menyentuh secara langsung dengan produk yang akan dibeli.  Jadi motif berjaga-jaga konsumen akan menjadikan fasilitas refund suatu pertimbangan penting.

Selain itu dengan fasilitas refund menjadikan solusi terbaik bagi konsumen untuk membeli barang yang diinginkan secara online,  fasilitas tersebut juga berguna bagi perusahaan untuk menjaga konsumen dan kepercayaan konsumen, serta meningkatkan kredibilitas dari perusahaan tersebut.

Refund Tidak Sama dengan Retur

Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa refund dan retur adalah fasilitas yang sama yang diberikan oleh suatu perusahaan, padahal kenyataanya kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Retur lebih spesifik terhadap pengembalian barang yang dilakukan oleh pelanggan karena dianggap barang tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi yang sebelumnya telah didapat. Sedangkan refund adalah pengembalian sejumlah dana karena adanya pembatalan pembelian secara online.

Contoh Refund dalam Belanja Online

Saat ini banyak sekali contoh penggunaan refund dalam belanja online, yang sering kali dijumpai adalah seseorang membeli barang rumah tangga alat dapur ataupun kebutuhan elektronik, saat barang tersebut tidak sesuai dengan diskripsi yang telah diberikan maka kamu dapat mengajukan refund.

Selain itu jika kamu ingin membeli tiket hotel untuk menginap dalam perjalanan, ketika ingin berekreasi  kamu dapat membeli tiket tersebut jauh-jauh hari. Namun ketika 3 hari kamu mengalami masalah yang tak terduga, misalkan sakit atau ada keluarga sakit yang tak mungkin kamu tinggalkan kamu dapat refund tiket tersebut dengan cara menghubungi pihak hotel yang telah kamu booking.

Prosedur Pengajuan Refund

Untuk melakukan pengajuan refund terhadap suatu perusahaan kamu harus mengetahui bagaimana alur yang harus kamu lakukan agar pengajuan kamu diterima oleh pihak perusahaan, sebenarnya pengajuan refund tidaklah sulit namun terkadang masih banyak masyarakat yang belum memahami prosedurnya yang menyebabkan pelanggan kebingungan.

Setiap perusahaan memiliki syarat untuk pelanggan dalam pengajuan refund, Contoh saja jika kamu membeli suatu produk dari sebuah toko online biasanya toko tersebut akan meminta video ketika unboxing barang baru datang, karena bisa saja kesalahan bukan pada penjual namun kesengajaan dari pelanggan.

Jika kesalahan tersebut benar-benar dari pihak toko maka sudah kewajiban toko tersebut menerima pengajuan refund, Selain itu fasilitas refund juga memiliki batas waktu yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan dan jika telah melewati batas tersebut maka fasilitas tersebut dinyatakan hangus.

Pada umumnya syarat refund dari toko online memiliki jangka waktu 2-14 hari kerja, dan untuk pengembalian dana akan dikembalikan sesuai dengan transaksi dilakukan. Misalnya kamu menggunakan dompet digital Dana ketika melakukan pembelian maka pengembalian uang akan kembali ke dompet digital kamu.

Jadi dapat dipastikan bahwa refund adalah fasilitas penting dalam dunia bisnis online, oleh karena itu kamu harus lebih teliti jika ingin membeli barang secara online dan semua aturan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan. 

Dengan begitu jika terjadi kesalahan atau tidak sesuai dengan barang yang kamu inginkan kamu dapat melakukan proses refund dengan mudah dan lancar.

Terimakasih


0 Komentar

Posting Komentar