3 Cara Seorang Pemimpin Hebat Menciptakan Budaya Pemenang | The Hero Factor

3 Cara Seorang Pemimpin Hebat Menciptakan Budaya Pemenang | The Hero Factor

Seorang pemimpin yang hebat bukanlah pemimpin yang hanya pandai berkata-kata, namun seorang pemimpin yang mampu menjalankan apa yang telah dibicarakan dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Kali ini saya akan mengulas buku yang berjudul The Hero Factor yang ditulis oleh Jaffrey Hayzlet, buku ini berisi tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang hebat , dalam buku tersebut Jaffrey mengatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

Jika seorang pemimpin tidak mampu beradaptasi maka sudah dipastikan organisasi/perusahaan yang dipegang akan mengalami kerugian atau bahkan bangkrut. Selain itu pemimpin harus menjalankan budaya yang ada pada organisasi yang dijalankannya.

3 Cara Seorang Pemimpin Hebat Menciptakan Budaya Pemenang | The Hero Factor

Cara Pemimpin Menciptakan Budaya Kerja

Menurut Jaffrey seorang pemimpin harus mampu menciptakan budaya kerja yang hebat agar perusahaan mampu tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman,untuk menciptakan budaya tersebut maka pemimpin harus mampu menguasai 3 faktor berikut.

• Fokus Pemimpin 

Seorang pemimpin harus memiliki fokus yang kuat agar perusahaan memiliki dasar atau pondasi yang kuat, jika seorang pemimpin ditanya manakah yang terpenting antara karyawan atau laba perusahaan maka sudah seharusnya kedua pilihan tersebut tidak dipilih salah satu.

Karena karyawan dan laba perusahaan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan,  untuk mendapatkan laba yang besar maka perusahaan harus memiliki karyawan yang hebat, dan karyawan yang hebat akan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan, baik pencapaian laba atau yang lain.

Untuk itu perusahaan harus memiliki nilai-nilai penting yang dijalankan.

• Budaya Kerja Perusahaan 

Untuk menciptakan budaya perusahaan yang hebat seorang pemimpin tidak bisa melakukan sendiri, selalu membutuhkan orang sekitar agar dapat membangun budaya tersebut, budaya kerja yang hebat adalah budaya yang benar-benar nyata, tidak hanya tertempel didinding dan hanya dibaca.

Budaya kerja perusahaan secara sederhana dapat dilihat dari cara interaksi antar karyawan , kebiasaan karyawan dan bagaimana menyelesaikan permasalahan yang ada pada perusahaan. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan karyawan juga mampu membuat budaya kerja perusahaan.

Selain itu untuk menciptakan budaya tersebut seorang pemimpin harus menjadi contoh dan gambaran bagi semua orang yang ada disitu, agar budaya tersebut dapat diterima dan dijalankan.

• Karakter Pemimpin 

Menjadi seorang pemimpin bukanlah tugas yang mudah , karena apapun yang kamu lakukan akan memiliki dampak besar bagi banyak orang, harus memiliki jiwa adil dan juga tanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan.

Seorang pemimpin harus memiliki dasar yang kuat dalam mejalankan sesuatu, mampu  beradaptasi terhadap lingkungan termasuk karyawan perusahaan dan memiliki inisiatif terhadap kemajuan perusahaannya.

Dalam factor-faktor tersebut menurut Jaffrey yang perlu ditekannya adalah seorang pemimpin yang hebat tidak memilih salah satu antara karyawan atau laba perusahaan karena keduanya memiliki hubungan yang sangat kuat.

Mampu menciptakan budaya yang ada pada perusahaan agar semua karyawan dapat memberikan kontribusi yang hebat, dan seorang pemimpin harus memiliki karakter yang kuat dalam menjalankan perusahaannya.

Selain itu seorang pemimpin harus ingat terhadap mereka yang telah membuatnya diatas, harus disadari kerena merekalah, seorang pemimpin yang hebat dapat terwujud.

Semoga ulasan ini dapat memberikan wawasan lebih bagi kita semua.

Terimakasih


0 Komentar

Posting Komentar