Cara Agar Selalu Siap Menghadapi Masalah Dengan Self Efficacy

Cara Agar Selalu Siap Menghadapi Masalah Dengan Self Efficacy

Setiap orang akan mengalami masalah yang besar dalam hidupnya, entah itu masalah keluarga, masalah keuangan ataupun masalah dengan orang lain, dan kamu berfikir bahwa kamu sedang berjalan sendiri dan tidak mempunyai seseorang yang mendukung kamu dalam menyelesaian masalah yang sedang kamu alami.

Perasaan yang muncul ketika kamu sedang mendapati suatu masalah dan berfikir tidak mampu untuk menyelesaikan masalah sebenarnya adalah penyakit yang harus dibuang, karena itu semua akan menjadi suatu mindset gagal dalam hidupmu.

Mindset itulah yang menjadikan kamu gagal dalam mengahadapi suatu masalah, dan membuat kamu ingin menghindari dan lari dari semua masalah yang sedang kamu alami. Sekarang kamu harus merubah mindset yang ada dalam pikiran itu 

Kamu harus yakin kepada dirimu sendiri dan juga percaya diri  dalam menyelesaikan masalah yang ada bahwa kamu pasti mampu untuk menyelesaikannya.

Cara Menumbuhkan Percaya Diri

Jika kamu sedang mengalami masalah kamu harus membayangkan kamu percaya diri dan dapat menyelesaikan masalah tersebut, selain itu kamu harus membentuk karakter self efficacy sebelum kamu menyelesaikan masalah yang ada.

Self Efficacy merupakan cara kita untuk mengorganisir aksi-aksi dalam mencapai sesuatu, contoh kecil dalam self efficacy adalah 2 orang yang berbeda yang mengerjakan tugas yang sama, si A  tidak mengeluh dan terus mencoba meskipun belum mendapatkan hasil yang maksimal, dan  Si B selalu mengeluh dalam mengerjakannya karena merasa tidak bisa mengerjakan tugas tersebut.

Dari contoh tersebut Si A memiliki self efficacy yang bagus yang akan menimbukan rasa percaya diri yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaannya, sedang kan si B akan semakin terpuruk dengan masalah nya sendiri karena selalu mengeluh dengan tugasnya.

Cara Meningkatkan Self Efficacy

Hidup ini seperti Puzzle yang belum tertata dan kita lah yang akan menata kembali puzzle tersebut, setiap satu masalah selesai akan ada waktunya masalah yang lain datang agar kita selalu siap menghadapi masalah kita harus melatih self efficacy agar membuat kita semakin luwes dan santai dalam menghadai masalah.

Cara meningkatkan self efficacy adalah sebagai berikut 

• Meningkatkan Pengalaman 

Secara umum pengalaman kita saat berhasil dalam pencapaian akan membuat semakin percaya diri, meskipun gagal kita akan memiliki suatu bekal yang kuat dalam menjalankan masalah itu suatu saat. 

Maka dari itu pengalaman akan sangat berpengaruh dalam percaya diri seseorang.

• Observasi 

Observasi orang lain yang sudah pernah mengalami masalah tersebut dan berhasil menyelesaikannya akan membuat seseorang memiliki percaya diri yang lebih kuat, itu semua dikarenakan orang tersebut menganggap memiliki pegangan yang kuat dalam menjalani masalah.

• Dorongan Orang Lain

Ucapan semangat dari orang lain akan memberikan kekuatan yang timbul dari dalam hati, entah itu ucapan dari orang tua, teman atau bahkan orang yang kita sayangi. Semua itu akan membuat kita memiliki rasa percaya diri yang berlebih.

• Keadaan Fisik

Tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan fisik akan mempengaruhi tingkat percaya diri setiap orang, orang yang memiliki fisik yang bagus akan memiliki percaya diri yang tinggi, sedangkan pada umumnya orang dengan fisik yang kurang memilliki mental yang kurang.

Dalam meningkatkan Self efficacy kamu dapat melakukannya dengan cara cepat yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi yaitu sebagai berikut 

1. Sering Observasi dari orang lain, untuk mendapatkan sesuatu yang besar memerlukan pengorbaan yang kuat dan segera kamu lakukan demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Fokus terhadap apa yang menjadi tujua, jangan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu namun fokuslah pada satu bidang agar kamu benar-benar menguasai.

3. Lingkungan dimana kamu bergaul dan teman bermain akan menjadi satu pengaruh yang luar biasa terhadap percaya diri kamu , teman yang menjadi toxic akan menghancurkan kamu secara perlahan. Maka dari itu kamu harus selektif dalam mencari pergaulan dan lingkungan. 

Itulah cara agar selalu siap dalam menghadapi masalah dalam hidup dengan cara meningkatkan self efficacy. Semoga memberikan wawasan tambahan bagi kita semua

Terimakasih  


0 Komentar

Posting Komentar