Cara Membangkitkan Semangat Hidup Dalam Diri Sendiri Wajib Kamu Praktekkan

Cara Membangkitkan Semangat Hidup Dalam Diri Sendiri Wajib Kamu Praktekkan

Pasti diantara kalian ada yang merasa bahwa diri kalian bodoh, selalu merasa salah dalam melakukan suatu hal, dan kamu menyalahkan orang-orang terdekat, lingkungan bahkan kamu menyalahkan tuhan karena kondisimu yang seperti itu.

Jika kamu memiliki pemikiran seperti itu maka sama saja kamu membangun pemikiran self concept pandangan pada diri sendiri, dan pemikiran itu adalah pemikiran buruk yang akan membangun keburukan bagi dirimu sendiri.

Menciptakan self concept pada diri sendiri adalah konsep penting yang harus terbentuk dalam diri sendiri tentunya konsep yang positif yang harus tertanam dalam diri sendiri. Maka dengan begitu kamu akan memiliki dasar yang kokoh dalam menjalani sesuatu.

Membangun Semangat Hidup

Demi membangkitkan semangat hidup dalam diri sendiri kamu harus membangun self concept positif dalam diri. Self concept adalah proses dimana kamu membangun sesuatu dalam diri sendiri yang berkelanjutan seiring kemampuan dan juga usia seseorang tersebut.

self concept  sendiri terbentuk dari beberapa factor lingkungan diantaranya sebagi berikut

•  Orang Tua

Dapat dipastikan orang tua adalah factor yang utama membentuk selfconcept pada anak, karena hampir 70% waktu nya adalah bersama dengan orang tua. Pola asuh orang tua terhadap anak akan berpengaruh besar terhadap konsep diri terhadap anak tersebut.

•  Teman Sebaya 

Factor kedua yang dapat mempengaruhi konsep terhadap diri adalah pengaruh dari teman sebaya atau teman bermain. Kebiasaan bersama dengan teman dekat membuat anak tersebut akan mengadopsi perilaku dan juga kebiasaan teman-temannya.

•  Lingkungan Masyarakat dan Tempat Tinggal

Factor selanjutnya yang mempengaruhi konsep dalam diri adalah dimana dia tinggal atau lingkungan dimana dia hidup. Mayoritas orang mengatakan bahwa lingkungan mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku seseorang.  

Jika seseorang berada di lingkungan pesantren maka dapat dipastikan memiliki perilaku sesuai dengan lingkungan pesantren, jika seseorang itu berada dalam lingkungan penjudi maka akan memiliki perilaku yang sama dengan lingkungan tersebut,

Cara Membangkitkan Semangat Hidup Dalam Diri Sendiri Wajib Kamu Praktekkan

Cara Membangun Self Consept

Setelah kamu mengetahui apa itu self concept pada diri sekarang kamu harus mengetahui bagaimana cara membangun self concept pada diri sendiri. Ada beberapa factor yang dapat membangun self concept pada diri sendiri diantaranya adalah sebagai berikut 

1. Pahami Diri Sendiri 

Kamu harus memahami bagiamana dirimu sendiri, lakukan sesuatu yang bedasar pada hatimu sendiri, jangan sampai kamu terpengaruh dari orang lain yang akan menjadi racun bagi dirimu sendiri. 

Selain itu terkadang orang terdekatmu sendiri seperti orang tua juga memiliki sifat mengatur dalam memilih suatu hal, contoh saja jika kamu suka music sedangkan orang tua suka matematika dan menyuruh kamu masuk kedalam kelas matematika, kamu jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk ikut dengan orang tua karena itu dapat menjadi toxic pada diri sendiri. 

Sudah sepantasnya kamu diskusikan kembali sacara baik - baik dan mengatakan bahwa kamu memiliki keahlian dibidang lain agar semuanya dapat berjalan seiring dengan keinginan hatimu.

2. Terima Kekuranganmu

Banyak sekali orang yang bangga dengan kelebihan yang dimiliki, tetapi selalu mengeluh dengan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Pemikiran ini adalah hal yang salah namun sangat umum terjadi bagi semua orang.

Mulai saat ini mulailah ikhlas dengan apa kekurangan yang kamu miliki, karena tuhan menciptakan manusia lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dengan ikhlas terhadap apa yang kamu miliki maka hidupmu akan lebih sempurna.

3. Kamu Bisa Berkembang 

Kamu bisa berkembang, tanamkan kata-kata ini dalam pikiran kamu bahwa kamu pasti bisa berkembang, meskipun sulit perkembangan dalam diri itu adalah suatu proses jangka panjang dan dapat dibentuk melalui perjuangan.

4. Selalu Ingat Self Concept Dalam Diri

Self concept merupakan proses yang panjang yang harus dijalani demi mencapai tujuan dalam diri, maka Dari itu kamu harus menyadari dan tidak mudah menyerah untuk selalu berjuang demi menjadi lebih baik lagi.

Kamu harus menyadari bahwa apapun yang kamu pikirkan tentang dirimu, maka itulah yang akan terjadi pada dirimu sendiri, jadi selalu berfikir positif dalam segala hal agar semua dapat memberikan yang terbaik kepada kamu.

Itulah cara membangkitkan semangat hidup. Jangan menyesali apa yang telah terjadi dalam hidupmu sebelumnya, jadikan yang kemarin pengalaman hidup dan terus berjuang untuk hidup yang lebih baik. Semoga dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi kita semua.

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar