Cara Mengatasi Rasa Kesepian Rahasia Ampuh Jarang Orang yang Mengetahui

Cara Mengatasi Rasa Kesepian Rahasia Ampuh Jarang Orang yang Mengetahui

Kesepian memang hal yang sangat menyedihkan bagi siapapun orang, entah itu orang kaya, orang miskin, orang tua bahkan anak muda sekalipun bisa menjadi sangat kesepian dalam hal-hal tertentu. Bahkan kesepian dapat dirasakan oleh orang yang memiliki banyak teman dan berada ditengah keramaian.

Kesepian sangat berbahaya bagi kondisi seseorang karena kita tau bahwa kita adalah makhluk sosial sejak dahulu kala, yang dimaksut makhluk sosial dalam hal ini adalah manusia yang bisa berfungsi bagi orang lain ketika hidup  dalam tatanan tertentu.

Sudah sejak dulu manusia selalu membentuk ikatan sosial yang memiliki fungsi nya sendiri-sendiri, ada orang yang bertugas berburu, menjaga tenda, memasak dan lain-lain, mereka semua sadar tidak dapat mengerjakan semuanya sendiri, maka dari itu mereka membentuk kelompok sosial demi melanjutkan hidupnya.

Bahaya Kesepian 

Rasa kesepian memberikan dampak yang sangat negative terhadap seseorang, bahkan dampaknya meningkatkan resiko kematian terhadap seseorang. Jadi jangan pernah menganggap rasa kesepian ini adalah masalah yang sepele.

Kesepian adalah rasa ketika ekspektasi dan dukungan dari pihak luar tidak sejalan atau tidak ketemu, yang akan membuat seseorang menjadi kecewa. Contoh saja ketika seseorang  ingin curhat kepada temannya namun ternyata temannya tidak mampu menjadi pendengar yang baik maka orang itu akan merasa sangat kecewa.

Dan anehnya rasa itu akan membuat seseorang bingung menyalahkan siapa dalam hidupnya dan pada akhirnya akan menyalahkan dirinya sendiri dan menyalahkan tuhan.  Itu semua akan mengganggu kestabilan pertumbuhan hidup seseorang.

Yang akan menyebabkan stress  yang berkelanjutan, membuat otak dan hati berjalan sendiri-sendiri  dan dapat menyebabkan tingginya resiko kematian.

Cara Menghilangkan Kesepian

Meskipun kesepian adalah hal yang sulit untuk dihilangkan namun mengantisipasi kondisi tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin, kamu harus mengetahui bagaimana cara untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Yang pertama kali harus dilakukan adalah carilah lingkungan yang dapat memberikan support tentang kebutuhan yang kamu inginkan, apakah selama ini lingkungan kamu dapat memberikan apa yang kamu butuhkan? Jika tidak dapat memberikankebutuhanmu, segera  kamu cari lingkungan lain yang dapat memberikan kebutuhanmu.

Carilah partner, teman, relasi yang dapat menjadi pendengar yang baik ketika kamu memiliki masalah, ketika kamu ingin bersenang-senang dan dapat memberikan rasa nyaman ketika kamu membutuhkannya. Kamu harus sadar bahwa semua orang butuh orang lain dan tidak dapat hidup sendiri.

Dijaman sekarang lebih mudah mencari partner atau teman, kamu dapat menggunakan media sosial, grub komunitas yang sehobi denganmu dan lain-lain. Fasilitas itu kini dimiliki oleh semua orang, meskipun tidak mudah mencari yang cocok dengan kita tapi setidaknya media sangat membantu kita.

Setelah kamu menemukan teman yang dapat memberikan kamu rasa nyaman dan dapat memenuhi kebutuhan yang kamu perlukan kamu perlu menjaga hubungan kamu dengannya, menurut riset yang ada menjaga hubungan baik dengan teman kamu perlu bertemu dengannya 2 minggu sekali.

Kamu dapat bercanda bersama, hangout bareng , atau melakukan ide-ide bisnis yang sudah kamu jadwalkan.

Kesepian bukanlah hal remeh yang dapat kamu abaikan, terlalu lama seseorang merasa kesepian akan menimbulkan rasa stress yang tinggi, maka dari itu jangan sampai dirimu merasa kesepian dalam hidup ini.

Itulah cara mengatasi rasa kesepian, semoga dapat menambah sedikit pengetahuan kita semua.

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar