Sukses Itu Keahlian atau Keberuntungan

Sukses Itu Keahlian atau Keberuntungan

Mayoritas masyarakat sekarang sadar akan pentingnya investasi dalam hidup, baik itu untuk tabungan jangka panjang ataupun berjaga-jaga dalam hal-hal tertentu. Namun untuk menyikapi hal tersebut ada yang perlu dipertimbangkan dalam investasi, investasi bukan hanya sekedar menaruh uang dan melupakan.

Ada factor-faktor yang perlu diperhitungkan dalam berinvestasi, mulai dari modal, keuntungan dan juga tingkat resiko yang akan diterima. Dalam hal ini ada cara tersediri yang perlu di research untuk menentukan keputusan yang akan kamu ambil.

Dalam investasi yang pertama harus kamu ketahui adalah investasi  merupakan  cara untuk menyimpan dan menggandakan uang jadi jangan dibalik menjadi invetasi adalah cara untuk membuang uang. Namun untuk mendapatkan itu semua bukanlah hal yang mudah kamu tentukan.

Strategi Investasi

Untuk menentukan investasi yang akan kamu lakukan , kamu harus memiliki strategi yang akan menjadikan dasar sebagai investor. Dalam strategi saya akan merekomendasikan Strategi mediocrity yang telah digunakan oleh Ben Trotsky 

Arti dari strategi Mediocrity adalah menjadi biasa saja secara strategis, dahulu strategi ini  digunakan untuk menjual dan beli saham atau obligasi dengan resiko tinggi, namun semua diperlukan analisa yang baik. Selain itu Ben tidak mau menjadi orang dengan  peringkat satu dalam waktu yang cepat.

Sebab dia sadar dengan menjadi orang peringkat satu dalam waktu yang cepat tidak akan menutup kemungkinan juga akan menjadi nomer terakir dalam waktu yang cepat juga, karena semua itu memiliki resiko yang sangat tinggi.

Belum tentu menjadi nomor satu dalam 1 tahun ini akan memberikan kepastian tetap menjadi nomer satu dalam 5 tahun mendatang, semua itu akan berubah seiring dengan perkembangan zaman. Maka dari itu Ben melakukannya dengan waktu yang panjang dan tidak ingin menjadi peringkat nomer satu dalam waktu yang singkat.

Ben lebih memilih mendapatkan keuntungan 10 % setiap bulan namun dilakukan dengan konsisten daripada harus menerima keuntungan 100% dalam waktu yang singkat, bukannya tidak mengharapkan keuntungan yang besar, namun Ben sadar keuntungan tersebut memiliki resiko yang sangat tinggi.

Sukses  Itu Skill atau Luck

Kita semua tua bahwa portofolio keuangan hari ini mengalami penurunan yang sangat hebat, baik itu dalam saham, reksadana bahkan yang lebih parah adalah crypto. Tahun ini crypto mengalami penurunan hingga 50% lebih dari harga awal pasa tahun 2022 ini.

Setelah mengetahui kondisi keuangan yang ada, menurut kamu sukses dalam investasi adalah skill atau luck ? Ilmuwan  dari inggris melakukan penelitian tentang investasi  itu merupakan suatu skill atau luck, dan menjadikan raja obligasi yang bernama Bill Gross sebagai risetnya.

Ilmuwan tersebut menggunakan factor alpha yang merupakan indicator imbal hasil dari peneliti berdasarkan pada kinerja pasar. Jadi seseorang yang mampu menghasilkan keuntungan lebih dari kondisi pasar yang ada merupakan orang yang memiliki factor alpha

Sedangkan orang yang hanya mampu menghasilkan keuntungan sesuai dengan kondisi pasar yang ada dianggap tidak memiliki factor alpha. Bill gross adalah orang yang banyak mengekspos  tentang investasi yang dia beli dan dia jual.

Dari itulah ilmuwan tersebut menentukan bahwa bill memiliki factor alpha atau tidak, meskipun minim informasi yang didapat karena memang tidak semua laporan keuangan diekspos di media massa. Dari sekian banyak investasi yang dibeli bill, rata-rata bill mampu mendapatkan keuntungan yang lebih dari rata-rata

Maka dari itu dapat ditentukan bahwa Bill memiliki factor alpha yang mampu menciptakan keuntungan diatas rata-rata, dan kemampuan itu tidak dimiliki oleh semua orang, diperlukan skill dalam menciptakan keuntungan tersebut.

Kesimpulan Strategi Dalam Investasi

• Aturan utama dalam investasi adalah untuk menghasilkan uang, bukan untuk membuang uang, banyak sekali orang diluar yang hanya ikut-ikutan dalam investasi tanpa memperhatikan efek yang akan diterima.

• Hindari menjadi peringkat pertama dalam waktu yang singkat, karena menurut Ben semua itu tidak akan bertahan lama.

• Manajer investasi hebat sekarang belum tentu menjadi hebat ditahun berikutnya, maka dari itu manajer investasi yang hebat diperlukan waktu yang lama untuk mendapatkannya.

Sukses adalah keahliahan bagi sebagian orang , namun sedikit orang yang mampu memberikan keuntungan besar  dari kondisi pasar.

Semoga dapat memberikan wawasan tambahan bagi kita semua.

Terimakasih. 


0 Komentar

Posting Komentar