Tips Berbicara Dengan Baik Didepan Orang Banyak ( Bicara Itu Ada Seninya )

Tips Berbicara Dengan Baik Didepan Orang Banyak ( Bicara Itu Ada Seninya )

Diantara kalian pasti ada orang yang merasa bahwa dia tidak bisa untuk berbicara lancar didepan umum, grogi ketika berada didepan dan merasa hilang ingatan ketika ingin berbicara. Kondisi ini memang sangat mengganggu bagi kalian, apalagi kalian ditugaskan menjadi suatu pemimpin dalam suatu kelompok tertentu.

Pasti akan terasa sangat aneh jika pemimpin tidak mampu memberikan motivasi-motivasi untuk membakar semangat anggotanya. Sebenarnya bicara itu bukan hanya tentang bakat, berbicara adalah suatu skill atau kemampuan yang dapat diasah.

Namun banyak sekali orang yang bilang kalau bicara itu adalah bakat yang dimiliki dari lahir, memang tidak salah anggapan seperti itu namun tidak berarti orang yang belum memiliki bakat dalam berbeicara akan seterusnya seperti itu.

Kali ini saya akan membahas tentang buku karangan  Oh Syu Hyang dengan judul  “Berbicara itu ada seninya”. Disini hyang berkata bahwa bicara itu dapat dipelajari dan dapat diasah dengan kemampuan individu masing-masing.

Tips Berbicara Dengan Baik Didepan Orang Banyak ( Bicara Itu Ada Seninya )

Bicara Itu Ada Seninya 

Dalam berbicara memiliki cara tersendiri agar semua yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh orang lain. Adapun cara yang dianjurkan oleh Hyang agar dapat berbicara dengan baik didepan banyak orang adalah sebagai berikut

1. Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama yang kamu berikan terhadap orang lain akan memberikan pertimbangan yang sangat besar,  kesan pertama menjadi nilai pertimbangan orang lain terhadap dirimu selanjutnya.

Kesan tersebut sangat cepat ditangkap oleh orang lain bahkan  dalam 1-3 menit kesan pertama tersebut dapat masuk kedalam otak dan perasaan orang lain. Maka kamu harus perhatikan kesan pertama yang akan kamu berikan terhadap orang lain, karena itu akan menjadi penilaian terhadap kamu seterusnya.

2. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Pribadimu

Mengenal bagaimana kelebihan dan kekurangan  kita adalah hal yang wajib kamu ketahui, karena itu akan menjadi patokan untuk dirimu sendiri dalam menjual kemampuan pribadi yang kamu miliki.

Orang lain akan menilai bagaimana kemampuan yang kamu miliki, dalam hal ini jika kamu tidak memiliki kemampuan dan menjual diri dengan nilai yang sangat tinggi sudah pasti orang lain tidak akan menerimamu.

Sebaliknya jika kamu memiliki kemampuan diatas rata-rata maka orang lain akan memberikan nilai lebih terhadap dirimu. Maka dari itu mengenal kekurangan dan juga kelebihan  pribadimu adalah hal yang wajib kamu kuasai agar kamu dapat menentukan nilai yang cocok untuk dirimu sendiri.

Satu tips menurut Oh Syu Hyang yang sangat penting untuk menentukan nilai pada dirimu adalah menjadi original dirimu sendiri, tetap fokus terhadap apa yang kamu sukai, karena orang yang setia dalam kelebihannya akan menemukan satu titik yang tidak dimiliki oleh orang lain.

3. Menangkan Pembicaraan Tanpa Perkelahian

Orang yang cerdas tidak akan berdebat dengan orang yang bodoh karena dia sadar jika dia menang akan menimbulkan perkelahian, jika dia kalah maka tidak akan mendapatkan apa-apa. Maka dari itu orang yang cerdas akan berdebat dalam suatu forum debat.

Zaman dahulu orang yahudi menggunakan forum debat dalam menyelesaikan masalah atau ingin mendapatkan jawaban yang pasti, forum debat orang yahudi tersebut dinamakan havruta, maka tidak heran 22% peraih penghargaan Nobel diraih oleh orang yahudi.

Agar dapat berdebat dengan baik maka kamu harus memiliki intelektual yang bagus, karena banyak orang diluar sana yang berlomba dalam intelektual .

Jadi menurut Oh Syu Hyang agar bisa berbicara dengan baik didepan orang banyak harus menguasai  ketiga aspek tersebut, karena menurutnya kemampuan bicara yang baik bukanlah didapat dari bakat saja namun sebuah keahlian yang dapat diasah agar lebih baik lagi.

Semoga dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi kita semua. 

Terimakasih 



0 Komentar

Posting Komentar