4 Manfaat Teknologi dalam Bisnis dan Investasi

4  Manfaat Teknologi dalam Bisnis dan Investasi

Manfaat teknologi dalam berbagai bidang kehidupan telah dirasakan oleh banyak orang. Apalagi bagi generasi milenial yang merasakan transisi antara masa manual dan era digital. Sebagai generasi yang melek digital, milenial sudah terbiasa menggunakan smartphone dan komputer. 

Manfaat teknologi informasi terasa dengan berkembangnya jaringan internet. Anda pasti sudah terbiasa menggunakan koneksi internet dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan bisnis dan investasi yang belum memanfaatkan teknologi harus segera ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan. 

Inovasi di bidang teknologi harus dilakukan jika ingin terus bertahan dan berkembang. Selama ini penggunaan teknologi didominasi oleh perusahaan besar. Investasi dalam sistem teknologi informasi dianggap terlalu mahal dan tidak perlu bagi UKM. 

Padahal, manfaat teknologi dalam bisnis dan investasi juga penting bagi UKM dan investor individu. Berikut adalah manfaat teknologi untuk bisnis UKM dan investasi individu.

Apa Saja Manfaat Teknologi untuk Bisnis?

Akses Informasi Terbuka Lebar

Teknologi memungkinkan kita mendapatkan akses informasi yang lebih luas. Informasi ini penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Ada berbagai jenis informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan bisnis serta investasi. 

Pada zaman dulu, untuk melakukan survei kepuasan pelanggan atau survei selera pasar biasanya digunakan dari rumah ke rumah. Bisa juga dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di tengah keramaian. 

Tentu cara ini sudah tidak efektif lagi di era digital ini. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa melakukan survei online. Respon yang Anda dapatkan bisa lebih banyak tanpa harus mengeluarkan tenaga lebih. 

Anda juga dapat mengatur siapa calon responden dan laporan dapat disajikan dengan lebih tepat dan akurat. Selain survei, Anda juga dapat menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan berbagai informasi yang Anda butuhkan. 

Biaya dapat dikurangi

Bisnis UKM dan investor individu biasanya dikelola oleh tim kecil dengan modal terbatas. Masalah biaya seringkali menjadi pertimbangan utama dalam setiap pengambilan keputusan. Itulah mengapa masih banyak UKM yang belum memanfaatkan teknologi karena dianggap mahal. 

Dengan berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya penyedia layanan berbasis internet, tidak perlu lagi membayar lebih untuk mendapatkan manfaat dari teknologi. Selain itu, biaya operasional dan pemasaran dapat ditekan dengan menggunakan teknologi ini. 

Biaya operasional dan pemasaran dikurangi dengan menggunakan teknologi. Misalnya, jika biasanya biaya transportasi hanya diperlukan untuk koordinasi dan pengiriman materi promosi, sekarang bisa dikirim secara online.

 Untuk pemasaran, Anda tidak perlu lagi membuat billboard berukuran besar dan membayar sewa ruang pajangan yang mahal. Pemasaran melalui media sosial terbukti lebih mudah dengan harga terjangkau.

Tingkatkan Penjualan

Penjualan dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi. Gaya hidup masyarakat saat ini cenderung tidak mau ambil pusing dan menginginkan jasa delivery order. Anda dapat menambahkan layanan pemesanan berbasis online untuk menjawab kebutuhan pelanggan saat ini. 

Dengan peran teknologi seperti media sosial, Anda bisa melakukan promosi lebih gencar. Spesifikasi produk yang ditawarkan dapat dijelaskan lebih detail dan menarik bagi calon pembeli. Sehingga penjualan dapat meningkat dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Koordinasi Lebih Efisien

Manfaat lain dari teknologi yang dapat dirasakan adalah proses koordinasi dan komunikasi yang lebih efisien, baik secara internal maupun dengan hubungan bisnis. Dengan sistem informasi yang canggih, koordinasi antar tim akan lebih mudah. 

Bisnis UKM sulit berkembang jika komunikasi dan koordinasi antar karyawan tidak sinkron. Oleh karena itu, sebuah bisnis membutuhkan teknologi informasi untuk memudahkan koordinasi antara karyawan dan pimpinan.

Standarisasi Layanan Pelanggan

Dengan teknologi, layanan pelanggan akan lebih mudah diakses dengan standarisasi yang jelas. Pelanggan dapat dengan mudah melakukan proses pembelian, mulai dari pemesanan, pembayaran, hingga penyampaian saran dan keluhan. Pelanggan akan merasa lebih dekat dengan berbagai layanan yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. 

Itulah 4  Manfaat Teknologi dalam Bisnis dan Investasi. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua. 

Terimakasih


0 Komentar

Posting Komentar