5 Peran Penting Teknologi Informasi Serta Hubungan Bisnis dan Teknologi Informasi di Era Digital

5 Peran Penting Teknologi Informasi Serta Hubungan Bisnis dan Teknologi Informasi di Era Digital

Banyak sekali peran teknologi informasi dalam bisnis yang dapat ditemukan, bahkan tidak mungkin menjalankan bisnis tanpa bantuan teknologi. Baik pemilik bisnis maupun karyawan harus memahami teknologi jika ingin bertahan dan tetap terdepan. 

Perkembangan teknologi juga dianggap sebagai musuh bisnis yang lebih besar dari pesaing bisnis. Padahal, teknologi membawa berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis dan perusahaan pada umumnya. 

Pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, belum lagi berurusan dengan pembeli dapat dilakukan dengan lebih mudah. Produk yang kamu miliki juga dapat dipasarkan ke segmentasi yang lebih luas, sehingga jumlah pembeli semakin banyak yang datang.

Selain itu bisnis dengan menggunakan teknologi juga dapat meminimalisir pengeluran dibeberapa sektor bisnis online.

Apa Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis?

Ternyata, peran teknologi informasi dalam bisnis tidak hanya sebatas manfaat yang disebutkan di atas. Dalam sebuah bisnis atau perusahaan, selalu ada beberapa pihak yang diuntungkan dengan hadirnya teknologi.

Ada lima peran atau fungsi utama teknologi informasi ketika digunakan dalam menjalankan bisnis atau perusahaan.

1. Memudahkan Komunikasi

Perkembangan teknologi selalu menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi, seperti penggunaan aplikasi messenger atau email. Fungsi ini dapat dirasakan oleh karyawan perusahaan, pelanggan konsumen, bahkan pemasok atau distributor produk kita. 

Aplikasi email dan messenger bisa menjadi sarana komunikasi yang lebih murah daripada telepon. Selain itu, komunikasi juga dapat berjalan lebih cepat, sehingga proses penyampaian informasi berjalan lancar tanpa hambatan.

2. Sistem Manajemen Data

Perkembangan teknologi informasi juga memudahkan pengelolaan data. Arsip bisnis atau perusahaan yang selalu identik dengan dokumen dalam bentuk kertas kini berubah menjadi data digital yang tersimpan di komputer perusahaan. 

Data dokumen digital ini lebih mudah disimpan dan diakses oleh semua orang, terlepas dari lokasi mereka yang jauh dari tempat usahanya. Data yang sudah terekam masih bisa bertahan untuk beberapa periode ke depan, yang tentunya berguna untuk bahan pertimbangan atau evaluasi nantinya. 

Selain itu, data digital dinilai lebih ekonomis dan ramah lingkungan karena minimnya penggunaan limbah kertas.

3. Sederhanakan CRM

Customer Relationship Management (CRM) atau komunikasi antara bisnis dan pelanggan juga semakin lancar berkat perkembangan teknologi informasi ini. Aktivitas bisnis dan layanan pelanggan juga dapat berjalan selama 24 jam karena aktivitas bisnis terus berjalan tanpa mengenal batas ruang dan waktu jika diperlukan. 

Teknologi informasi juga telah menciptakan beberapa bot atau layanan komunikasi otomatis yang dapat melayani pelanggan secara langsung dan cepat. Selain itu, CRM juga dapat menyimpan data kronologis pelanggan sebagai catatan aktivitas mereka.

4. Sumber Informasi Bisnis

Teknologi menyediakan berbagai informasi berharga dan disayangkan untuk bisnis. Jika suatu usaha atau perusahaan ingin maju, mereka harus aktif mencari segala informasi yang dapat memajukan usahanya. 

Banyak sekali informasi dan pengetahuan tentang bisnis di internet, hanya saja para pebisnis harus berhati-hati dan tetap memilah-milah informasi yang benar-benar bermanfaat. Bisnis juga bisa mendapatkan banyak mitra atau mitra untuk bekerja sama yang dapat menguntungkan bisnis masing-masing.

5. Mempermudah Manajemen Sistem Informasi

Yang terakhir adalah kemudahan pengelolaan sistem informasi di suatu perusahaan. Data yang tersimpan dapat digunakan secara efektif dengan menggunakan sistem informasi. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan data penjualan, biaya, dan tingkat produktivitas untuk pertimbangan atau evaluasi guna meningkatkan laba dari waktu ke waktu. 

Dengan adanya sistem informasi komputasional, pegawai yang membutuhkan dapat memperoleh data dengan mudah.

Hubungan Bisnis dan Teknologi Informasi

Adanya teknologi yang begitu komplek dalam kehidupan sehari-hari membuat banyak perusahaan menggunakan teknologi sebagi alat untuk pemasaran bisnis yang dimiliki, dengan menggunakan teknologi dapat memasarkan semua produk dan berbagai informasi dengan jangkauan yang sangat luas.

Seperti yang diketahui dari teknologi tersebut suatu perusahaan dapat melakukan promosi ataupun penyebaran informasi dengan cara  Iklan, Berita, content creator dengan memanfaatkan influencer dan informasi lainnya.

Penyebaran informasi tersebut memanfaatkan jaringan internet yang saat ini sudah tersebar seluruh dunia, dengan begitu informasi tersebar dengan cepat dan luas, selain itu biaya yang digunakan lebih sedikit dibandingkan dengan cara konvensional yang menggunakan surat kabar dan pemasangan iklan.

Saat ini media massa merupakan dunia bagi mayoritas orang, semua nya dilakukan menggunakan teknologinya masing-masing, contoh saja  perbankan yang menggunakan E-banking, E wallet dan e bussines , dan masih banyak lagi yang menggunakan teknologi demi memajukan bisnisnya.

Maka dari itu Hubungan Bisnis dan Teknologi Informasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan demi memajukan suatu bisnis yang telah dijalankan.

Itulah  5 Peran Penting Teknologi Informasi Serta Hubungan Bisnis dan Teknologi Informasi di Era Digital, semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Terimakasih


 


0 Komentar

Posting Komentar