5 Tips Jitu Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak dan Awet Kamu Harus Coba

5 Tips Jitu Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak dan Awet Kamu Harus Coba

Punya laptop  baru ? kamu ingin laptop kamu awet dan tidak mudah rusak ? simak 5 tips dibawah ini agar laptop kamu awet dan tidak mudah rusak. Sekarang laptop adalah satu alat yang sangat penting bagi mayoritas orang, baik itu pekerja ataupun pelajar.

Laptop digunakan untuk menyelesaikan tugas atau membantu pekerjaan yang kamu miliki, entah itu pekerja ataupun pelajar perangkat ini sangat cocok untuk membantu menyelesaikan tugas yang telah diberikan pada kamu. 

Pentingnya perangkat yang satu ini maka kamu perlu memperhatikan kondisi laptop yang kamu punya, kamu harus simak tips ini agar laptop baru kamu bisa awet dan tidak mudah rusak. Sebagian masyarakat masih sering melakukan hal-hal yang dianggap sepele padahal hal itu sangat berpengaruh terhadap laptop yang kamu miliki.

Cara Merawat Laptop agar Tidak Mudah Rusak

1. Charger Laptop Terus-Menerus 

Jika kamu  masih sering Charger laptop kamu secara terus menerus maka mulai sekarang jangan diulangi kembali, terkadang ketika menggunakan laptop seringkali bersamaan dengan Charger laptop dan pada akhirnya kelupaan sampai selang hari.

Charger laptop secara terus menerus akan mengurangi daya baterai laptop yang kamu miliki, selain itu jangan charger laptop ketika baterai laptop masih penuh.

2. Cara Pasang Charger Laptop  yang Salah 

Cara pasang Charger kepada laptop akan mempengaruhi baterai laptop kamu, masih banyak orang yang salah dalam charger laptop, cara yang benar untuk charger laptop adalah sambungkan dulu stopkontak listrik kemudian kamu sambungkan ke laptop. 

Banyak yang masih terbalik ketika pengaplikasiannya, yang akan menyebabkan motherboard laptop kamu cepat rusak karena aliran listrik nya belum stabil.

3. Sering Menggunakan Sleep Mode

Fitur yang satu ini memang mempercepat untuk mengaplikasikan laptop, kebiasaan ini digunakan ketika memiliki pekerjaan yang banyak dan ingin jeda atau istirahat sebentar maka menggunakan fitur sleep mode. Kebiasaan ini akan mempercepat daya baterai kamu menurun, selain itu akan membuat laptop kamu cepat rusak, jadi kamu harus mengurangi menggunakan fitur yang satu ini.

 Jika kamu selesai ataupun ingin istrahat lebih baik kamu matikan secara benar dan gunakan kembali ketika kamu sudah benar-benar refresh.

4. Install Antivirus di Laptop

Meskipun laptop yang kamu miliki adalah laptop baru, menginstal antivirus dilaptop akan membantu kamu dalam merawat laptop, memastikan unggahan file benar-benar dari sumber yang terpercaya dengan begitu akan meminimalisir virus dari sumber lain yang dapat merusak hardware laptop kamu.

Virus dari sumber lain dapat menyebabkan performa dari laptop menurun selain itu akn menyebabkan data dilaptop hilang, dengan menginstall antivirus masalah tersebut dapa teratasi.

5. Jangan Menggunakan Tombol Shutdown

Masih banyak orang yang menggunakan tombol shutdown untuk mematikan laptop, apalagi ketika laptop Not responding maka kebanyakan orang akan mematikan laptop dengan menekan tombol Shutdown dengan lama. Cara ini memang mempercepat kamu dalam mematikan laptop namun efeknya akan membuat laptop kamu mudah rusak.

Untuk mengatasi jika laptop mengalami not responding cobalah tunggu beberapa menit, dan tutup software yang bermasalah melalui Task manager. Setelah itu kamu matikan laptop dengan cara yang benar.

Itulah 5 tips Jitu Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak dan Awet, tips diatas dapat kamu coba agar performa laptop kamu tetap stabil. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Terimakasih. 



0 Komentar

Posting Komentar