6 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Marah Bagi Kamu yang Sering Marah-Marah Wajib Coba Cara ini

6 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Marah Bagi Kamu yang Sering Marah-Marah Wajib Coba Cara ini

Mayoritas orang sekarang sering ekspos kemarahannya dimedia sosial, entah dengan kata-kata kasar, gambar ataupun video. Semua itu dilakukan untuk menghilangkan atau melampiaskan kemarahannya. Terkadang ketika marah seseorang tidak sadar dan mengganggap bahwa kemarahannya adalah sisi dirinya yang lain, padahal marah adalah sifat yang ada disetiap orang yang sudah ada sejak lahir.

Marah adalah emosi yang datang ketika kita merasa terancam, frustasi, diperlakukan secara tidak adil dan ketika kita tidak disrespect sama orang lain, sedangkan emosi adalah hak universal mengungkapkan perasaan yang dimiliki manusia.

Emosi terjadi bukan hanya kepada manusia emosi juga terjadi kepada hewan, hampir semua makhluk hidup memiliki emosi. Ciri-ciri emosi baik manusia ataupun hewan juga hampir sama, raut wajah yang tegang, mata melotot, suara yang keras dan lain-lain.

Marah adalah tindakan yang tidak bagus apalagi terlalu sering marah akan membuat otak dan darah naik, seorang peneliti mengungkapkan bahwa setiap kita marah ada ratusan sel diotak akan putus, yang akan membuat organ tubuh semakin menurun.

Maka dari itu bagi kalian yang sering marah, kalian harus mencoba cara dibawah ini agar perasaan marah ini bisa berkurang bahkan kalian akan lupa bagaimana cara marah.

Cara Menghilangkan Rasa Marah

Kamu harus mengetahui apa alasan kamu marah, dan apa yang sering membuat kamu marah sehingga kamu dapat menghindari semua itu, berikut adalah cara untuk menghilangkan rasa marah

1. Segera Tarik Napas Dalam-Dalam

Menurut Emil Coccaro, MD, ketua departemen psikiatri di University of Chicago,  masing-masing individu memiliki cara mengatasi marah berdasarkan zat kimia otak seperti serotonin.  Dengan menarik napas dalam-dalam  akan langsung mengurangi rasa emosi kalian.

2. Sadar Pada Diri Sendiri

Untuk menghindari rasa marah yang berkelanjutan kamu harus berlajar untuk menyadari diri sendiri, menurut Prof Raymond W Novaco, Phd yang merupakan pengagas “Anger Management” pada tahun 1975 menyarankan bawa mengakui pada diri sendiri bahwa marah akan mengaburkan diri sendiri.

3. Menjauhi Sesuatu yang Sering Membuat Kamu Marah

Jika kamu sering marah kamu juga harus menjahui kegiatan yang sering menimbulkan kamu marah, misalnya saja sering berdebat masalah pendapat yang berbeda, bermain suatu hal ataupun yang lain, semua itu harus harus kurangi dalam sehari-hari.

4. Menulis Hal-Hal yang  Membuatmu Marah

Cara ini sangat baik digunakan bagi siapapun, yaitu menulis apa saja yang menyebabkan kamu emosi dan marah, dengan begitu kamu dapat menentukan sikap ketika kamu mengalami masalah yang sama agar kamu tidak mengulanginya lagi.

5. Hindari Lingkungan yang Suka Kekerasan

Dalam kenyataannya lingkungan juga sangat mempengaruhi rasa emosi, ketika kamu berada didalam lingkungan yang memiliki tensi yang tinggi kemungkinan besar kamu akan memiliki rasa emosi yang tinggi, disamping itu kamu akan mudah terpancing emosi. Maka dari itu kamu harus mengurangi sosialisasi dengan lingkungan tersebut atau bahkan menghindarinya.

6. Instropeksi Diri

Harus kamu sadari bahwa dari sekian banyak hal yang dapat membuat kamu marah, emosi tersebut muncul dari dalam diri kamu sendiri, maka mulai sekarang biasakanlah jangan menyalahkan orang lain disetiap kamu emosi. Luangkanlah waktu mu untuk intropeksi terhadap diri kamu sendiri 

Itulah 6 cara jitu menghilangkan rasa marah dari dalam diri, bagi kamu yang sering marah-marah kamu dapat mencoba cara diatas agar rasa emosi kamu dapat terkontrol. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Terimakasih.


0 Komentar

Posting Komentar