6 Cara Perlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone & 6 Tips Kecil Merawat Battery iPhone Agar Memiliki Performa Stabil

6 Cara Perlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone & 6 Tips Kecil Merawat Battery iPhone Agar Memiliki Performa Stabil

Salah satu fitur yang terdapat pada Apple seperti Iphone, Ipad dan apple Watch adalah Battery Health, fitur ini digunakan untuk mengetahui kondisi dari battery yang tertanam pada perangkat tersebut.

Fitur ini digunakan pertama kali pada tahun 2018 pada IOS 11.3, cara mengetahui battery health sangat mudah , kamu tinggal masuk ke menu setting-Battery-Maximum Capacity, dan kamu dapat mengetahui kondisi battery yang ada didalam perangkat tersebut

Fitur ini terdapat pada IOS 13 keatas, seperti Iphone 6s/6s+ sampai Iphone terbaru sekarang, namun setiap battery memiliki batas kesehatannya tidak terkecuali dengan Iphone, meskipun terkenal dengan kualitas yang bagus namun sering kali banyak yang mengeluh dengan performa battery pada Iphone.

Penyebab Battery Health iPhone Menurun

Ada beberapa penyebab performa battery Iphone menurun dari pertama kali kamu memilikinya, adapun faktornya sebagai berikut

Faktor Pemakaian 

Ketika kamu baru memiliki Iphone kekuatan battery nya mampu bertahan hingga 5 jam hingga battery habis namun dengan berjalannya waktu performa battery akan semakin menurun, faktor tersebut sangat wajar karena memang pemakaian yang digunakan terus menerus yang menyebabkan kandungan kimia yang terdapat pada battery semakin melemah.

Terjadi Kesalahan Pemakaian

Kesalahan pemakaian ini biasa terjadi ketika kamu menggunakan Powerbank yang terlalu sering atau sering  cas ketika battery masih penuh dan menunggu batu drop 0 % baru cas ulang. Kesalahan tersebut akan membuat kondisi battery mudah rusak.

Dengan adanya fitur tersebut pengguna dapat mengetahui secara jelas bagaimana kondisi kesehatan battery Iphone yang dimiliki namun dilain sisi membuat pengguna khawatir dengan performa battery Iphonenya yang semakin menurun.

Maka dari itu berikut adalah Cara Perlambat Penurunan Kesehatan Baterai IPhone yang dapat kamu lakukan agar battery memiliki performa yang apik.

6 Cara Perlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone & 6 Tips Kecil Merawat Battery iPhone Agar Memiliki Performa Stabil

Cara Perlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

1. Update Perangkat Lunak Secara Rutin

Agar kesehatan battery tetap terjaga maka kamu harus update secara rutin perangkat lunak atau system operasinya karena update perangkat lunak biasanya memiliki fitur-fitur terbaru yang berguna untuk Iphone.

Fitur-fitur tersebut juga mencangkup kesehatan battery seperti sisem operasi versi IOS 13 dan yang terbaru, Apple menghadirkan fitur yang berfungsi untuk berhanti mengisi baterai secara otomatis setelah batteray terisi 80 % apabila perangkat sedang dipakai.

2. Hindari Suhu Tinggi yang Extreme 

Suhu yang tinggi akan membuat kondisi battery Iphone mudah rusak jika penggunaan perangkat dilakukan secara intens, karena Iphone dirancang untuk bekerja didalam kisaran suhu 16-22 derajat celcius.

Diindonesia memiliki suhu yang panas maka dari itu penting untuk kamu mengetahui karakter perangkat yang kamu gunakan, jangan menggunakan Iphone di suhu yang tingginya 35 derajat celcius keatas, karena dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada battery kamu. 

Selain itu Iphone juga dapat menghentikan pengisian daya diatas 80 % jika ada aktivitas yang menyebabkan temperature perangkat meningkat drastic dari suhu yang telah ditentukan. 

3. Menggunakan Charger Asli atau MFi

Banyak orang yang menggunakan charger KW atau Palsu karena dirasa sama saja namun harganya yang murah, padahal charger KW dapat merusak kesehatan Battery iPhone.

Selama ini Apple memiliki program yang disebut dengan MFI (Made For Iphone/Ipad/Ipod) yang telah menawarkan Lisensi kepada vendor charger, dengan program tersebut vendor harus lulus ujian dan memenuhi persyaratan Apple demi keamanan dan kompabilitas untuk mendapatkan sertifikasi MFI.

Disamping itu output Charger Original dari apple telah dirancang untuk menyesuaikan dengan kemampuan battery Iphone, karena output yang melebihi dari kapasitas akan menyebabkan battery cepat rusak.

4. Melepas Casing iPhone Saat Mengisi Battery 

Saat pengisian daya battery akan menyebabkan suhu meningkat, suhu yang panas akan menyebabkan konidisi battery cepat menurun, jika itu terjadi terus menerus dapat dipastikan battery kamu akan cepat rusak, sehingga penting bagi kamu untuk melepas casing pada saat mengisi daya battery.

5. Jika Ingin Menyimpan iPhone Dalam Waktu Yang Lama Jangan Dicas Sampai Penuh

Jika dirasa kamu tidak menggunakan Iphone yang kamu punya karena sudah memiliki yang lain dan ingin menyimpannya maka jangan cas Iphone sampai penuh, karena jika kamu isi daya penuh dan disimpan dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi sebagian kapasitas maksimalnya.

Jadi leboh baik isi daya battery dikisaran 50-80 persen dari kapasitas battery, selain itu disarankan untuk menyimpan Iphone didalam ruangan dengan suhu dibawah 32 derajat celsius

6. Isi Daya 80 Persen Saat iPhone Sedang Digunakan

Jika kamu pengguna Iphone secara intens, bermain game atau suka  merekam video dengan waktu yang lama lebih baik jangan isi daya sampai dengan 100 persen.

Penggunakan perangkat secara intens akan menyebabkan suhu atau temperature Iphone cepat meningkat, jika kamu isi daya full secara terus menerus maka kesehatan battery kamu akan cepat rusak, karena suhu yang terlalu panas  dapat membuat Battery Health semakin menurun

6 Tips Kecil Merawat Battery Health agar Memiliki Performa Stabil

Selain cara-cara diatas dapat kamu gunakan untuk Perlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone ada juga tips kecil agar battery Iphone kamu tetap awet dan memiliki performa stabil, berikut adalah caranya

• Aktifkan  Mode rendah ketika menggunakan Iphone 

• Menurunkan kecerahan layar ketika menggunakan Iphone

• Mematikan layanan lokasi dan jga Bluetooth

• Menggunakan dark mode untuk IOS dan gunakan aplikasi yang mendukung

• Selalu cek fitur aplikasi apa saja yang banyak menghabiskan battery dan gunakan aplikasi tersebut sebak mungkin

• Manfaatkan dengan baik opsi Optimized Battery Charging

Itulah 7 tips kecil merawat iphone agar battery health  memiliki performa stabil.  Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Terimaksih 


0 Komentar

Posting Komentar