Pengertian Teknologi Informasi Beserta Fungsinya

Pengertian Teknologi Informasi Beserta Fungsinya

Tahukah kamu pengertian teknologi informasi? Apa saja sih fungsi dari teknologi informasi? dibawah ini adalah uraian dari pengertian teknologi beserta fungsi dan tujuannya.

Pengertian teknologi informasi secara umum ialah studi tentang perencanaan, pengembangan, implementasi, dukungan atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, terutama pada perangkat keras atau perangkat lunak. 

Teknologi informasi ialah desain, studi, implementasi, dukungan, pengembangan atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi perangkat keras atau perangkat lunak komputer. 

Teknologi ini menggunakan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, memproses, melindungi, mengirimkan, menyimpan, dan memperoleh informasi dengan aman. 

Teknologi ini tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana komunikasi melalui sarana elektronik, tetapi juga merupakan alat penting yang harus dimiliki dalam sebuah bisnis agar dapat berkoordinasi dengan baik dan juga mengarsipkan berbagai dokumen penting lainnya. 

Teknologi diterapkan untuk dapat mengelola informasi secara real time, yang merupakan bagian penting karena semakin kompleksnya tugas manajemen, dampak ekonomi globalisasi, dan pentingnya waktu respons yang lebih cepat, serta tekanan akibat persaingan bisnis.

Apa Fungsi Teknologi Informasi?

Jika sudah berbicara dengan teknologi baik hal yang kecil hingga besar teknologi pasti memiliki banyak  fungsi. Teknologi tentunya mempunyai fungsi yang sangat penting. Setidaknya ada enam fungsi utama teknologi informasi, yaitu menangkap, menyimpan, mentransmisikan, memproses, mengambil, dan menghasilkan. Berikut ini ialah penjelasan dari fungsi informasi.

1. Menangkap (capture)

Dalam hal ini, menangkap didefinisikan sebagai melakukan input. Misalnya, menerima input dari keyboard, mic, scanner, dan lain-lain. Fitur ini mungkin tidak asing bagi kita yang menggunakannya untuk menyimpan beberapa informasi khusus.

2. Processing

Fungsi ini berkaitan dengan menggabungkan catatan aktivitas rinci. Seperti menerima input dari keyboard, mic, scanner. Dengan fungsi ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk memproses file atau data Anda.

3.  Mengolah atau Memproses Data

Pengolahan atau pengolahan suatu data dapat berupa konversi, analisis, sintesis, perhitungan dalam segala bentuk data dan informasi. Dengan fungsi ini, pengguna akan lebih mudah.

4.  Generating

Artinya, teknologi ini mempunyai peran penting sebagai alat untuk mengatur informasi ke dalam bentuk yang lebih fokus dan lebih mudah dipahami, contoh sederhana seperti tabel atau grafik.

5.  Penyimpanan (Storage)

Fungsi teknologi informasi selanjutnya adalah merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang mudah digunakan untuk keperluan lain. Contohnya seperti disimpan di harddisk, floppy disk, kaset, CD, dan media lainnya.

6. Retrieval

Dalam hal ini, teknologi ini berfungsi untuk menelusuri, mengambil informasi atau menyalin data dan informasi yang telah disimpan sebelumnya. Misalnya mencari data supplier yang sudah lunas. 

Data yang sudah berhasil disimpan terkadang sulit ditemukan karena terlalu penuh, tetapi dengan adanya fungsi tersebut akan memudahkan pengguna juga menghemat waktu.

7. Transmisi 

Teknologi berfungsi untuk mengirim data dan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan jaringan komputer. Contohnya, mengirimkan data penjualan dari pengguna X ke pengguna Y. Jadi, mereka tidak perlu lagi menyalin satu per satu, cukup berbagi file saja.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan utama dari teknologi ini ialah untuk bisa memecahkan masalah, meningkatkan efektivitas, kreativitas, juga efisiensi dalam hal melakukan pekerjaan. Jadi, teknologi dibangun berdasarkan itu. Dengan hadirnya teknologi informasi, pekerjaan manusia akan menjadi lebih mudah.

Meskipun teknologi ini mempunyai banyak dampak positif, namun juga tidak lepas dari dampak negatif. Beberapa dampak negatif dari teknologi ini ialah kecanduan dan ketergantungan. Untuk itu kita harus lebih bijak dalam menggunakan teknologi informasi, salah satunya dengan menggunakan teknologi software akuntansi dari Accurate Online.

Itulah Pengertian Teknologi Informasi Beserta Fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan untuk kita semua. 

Terimakasih.



 


0 Komentar

Posting Komentar