Teknologi yang Digunakan Pemasaran Online dan Offline Serta Perbedaan Efektivitas Pemasaran Online dan Offline

Teknologi yang Digunakan Pemasaran Online dan Offline Serta Perbedaan Efektivitas Pemasaran Online dan Offline

Teknologi memang tidak pernah padam, seiring perkembangan zaman teknologi semakin kompleks digunakan dalam bidang apapun, teknik pembangunan, teknik administrasi ataupun pemasaran. Apapun itu teknologi memberikan efek yang dapat membantu semua pekerjaan manusia dengan baik.

Kini teknologi adalah hal yang umum bagi semua mayoritas penduduk, berbeda dengan tahun  melenium yang lalu teknologi merupakan hal yang sangat asing dan terkadang sering diabaikan bahkan ditinggalkan.

Dapat dibilang sekarang adalah era dimana media adalah suatu kehidupan bagi mayoritas orang, mayoritas orang memanfaatkannya menjadi target pemasaran secara online, meski begitu pemasaran offline masih tetap berjalan

Dimasa sekarang, apa sih strategi yang bagus digunakan untuk  pemasaran? Apakah menggunakan strategi secara online atau menggunakan secara offline?

Untuk kejelasannya dapat kita simak keterangan dibawah ini.

Strategi Pemasaran Online

Strategi pemasaran online merupakan strategi pemasaran yang fokus menggunakan internet melalui media massa, seperti facebook, instagram, Tik-Tok dan lain-lain. Maka dari itu banyak yang mengatakan bahwa pemasaran online lebih relevan digunakan saat ini dibandingkan dengan pemasaran offline.

Ada beberapa teknik dalam menjalankan pemasaran secara online,seperti :

  • Iklan Online: Saat ini banyak sekali yang menggunakan iklan online untuk memasarkan produk yang mereka punya, iklan tersebut dipasarkan melalui berbagai media massa seperti facebook, instagram, Youtube, Google dan masih banyak yang lainnya.
  • Search Engine Optimization (SEO) dengan menggunakan search engine mereka melakukan pemasaran dan promosi  secara online
  • Menggunakan Influencer Dimedia sosial, influencer merupakan icon yang saat ini banyak diminati oleh pembisnis jika ingin memasarkan produknya, dengan cara membuat content kreator yang bertujuan untuk melakukan promosi, cara ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Strategi Pemasaran Offline

Pemasaran offline adalah salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan secara manual dan tidak menggunakan internet dalam memasarkan produknya. Cara ini bertujuan untuk membangun Brand awareness dari masyarakat. 

Teknik pemasaran offline dapat menggunakan poster, papan reklame, memasang billboard dipinggir jalan ataupun mengadakan pertemuan diakhir pekan. Meskipun teknik ini terlihat kuno namun masih banyak yang menggunakan strategi pemasaran offline dalam pemasaran produknya

Perbedaan Efektivitas Pemasaran Online dan Offline

Dari  keterangan diatas terlihat jelas perbedaan antara pemasaran online dan juga pemasaran offline. Lalu bagaimana dengan Perbedaan Efektivitas pemasaran online dan pemasaran offline?

Jika dilihat dari keterangan diatas,  dimasa sekarang menggunakan pemasaran online akan lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran offline, disamping biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan pemasaran offline, target yang dapat dijangkau akan lebih luas.

Dengan menggunakan pemasaran online membuat semua konsumen dapat melakukan transaksi jual beli dimanapun dia berada,jadi tidak perlu pergi ke toko atau pergi ketempat dimana si penjual berada. Dengan begitu akan menghemat waktu dan biaya. 

Namun semua kembali pada masing-masing pembisnis, menggunakan pemasaran  online, menggunakan pemasaran offline atau menggabungkan kedua pemasaran tersebut, karena pada dasarnya jika seseorang sudah memahami celah dimana ada peluang, menggunakan pemasaran yang mana saja akan memberikan dampak yang efektif bagi seorang pembisnis.

Itulah penjelasan tentang perbedaan strategi pemasaran online dan  offline serta Perbedaan Efektivitas pemasaran online dan offline. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan untuk kita semua.

Terimakasih 


0 Komentar

Posting Komentar