5 Perbedaan Target Konsumen Pemasaran Online dan Offline Yang Wajib Kamu Ketahui Agar Dapat Menentukan Strategi Terbaik

5 Perbedaan Target Konsumen Pemasaran Online dan Offline Yang Wajib Kamu Ketahui Agar Dapat Menentukan Strategi Terbaik

Dalam berbisnis selalu ada target yang akan dituju, tidak berbeda dengan Bisnis yang dilakukan secara online atau offline.

Tahukah kamu apa perbedaan Taget Konsumen Pemasaran secara online dan offline? Sebelum itu kamu harus mengetahui apa yang dimaksut dengan pemasaran Online dan Offline, berikut adalah pengertiannya.

• Pemasaran Online merupakan pemasaran yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan media elektronik ataupun system komputer yang bertujuan untuk menghubungkan antara konsumen dengan pembeli melalui dunia maya.

• Pemasaran Offline merupakan pemasaran yang dilakukan dengan cara langsung yaitu antara komsumen dan juga pembeli bertemu secara langsung dan melangsungkan transaksi jual beli ditempat tertentu

Perbedaan Target Konsumen Pemasaran Online dan Offline

Antara bisnis online dan juga bisnis offline memiliki banyak perbedaan, mulai dari biaya yang harus dikeluarkan, cara memasarkan dan juga kegiatan dalam pemasarannya.

Banyak yang mengatakan bahwa bisnis online memerlukan biaya lebih murah dibandingkan dengan bisnis offline, disamping tidak memerlukan toko fakta pemasaran bisnis online juga lebih mudah, cepat dan memiliki jangkauan lebih luas

Sedangkan pada bisnis offline memerlukan biaya yang lebih besar karena harus memiliki tempat atau toko untuk memasarkan produknya, selain itu tips memasarkan produknya juga tergolong sulit karena harus memiliki brand yang populer agar memiliki pasar yang bagus. 

Menurut Valentine (2018 ) perbedaan target pada bisnis online dan offline ditentukan dari berbagai faktor, apa saja faktor tersebut ?

Jangkauan

Dalam bisnis online dan offline memiliki target konsumen yang berbeda, pada bisnis  online jangkauan yang ingin disasar dalam pemasaran tidak terbatas, dengan digital marketing yang apik maka semua produk dapat dipasarkan dimana saja

Sedangkan bisnis offline jangkauan yang ingin dituju terbatas, biasanya hanya pada tempat tertentu saja.

Waktu

Dalam pemasaran Online pada umumnya memiliki waktu tertentu yang dijadikan patokan agar produknya dapat laku dipasaran, misalnya jika target kita adalah ibu-ibu maka gunakan lah waktu siang  pukul 11.00 – 13.00 atau malam pukul 19.00-21.00, sebab pada jam-jam itulah ibu- ibu sedang bersantai dan melihat smartphone.

Pada pemasaran Offline kamu dapat memasarkan diwaktu pagi sampai sore, karena dijam tersebut kamu dapat menyebar brosure tentang produk yang kamu miliki.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran online jelas menggunakan digital marketing, seperti sosial media,  menggunakan SEO dan teknologi marketing yang lain, oleh sebab itu jangkauan konsumennya lebih luas 

Strategi pemasaran offline menggunakan spanduk dan juga brosure untuk mengenalkan toko dan produknya kepada konsumen, namun semua itu hanya didaerah tertentu atau daerah sekitarnya, jadi jangkauan pasar offline lebih sempit daripada pasar online

Pengenalan Brand

Pada bisnis online terkadang brand tidak terlalu penting, pada umumnya konsumen online melihat harga yang terjangkau dan juga marketplace nya terpercaya, sehingga membuat konsumen percaya dengan toko tersebut

Sedangkan pada bisnis offline kebanyakan konsumen melihat brand yang tersedia telah terpercaya, sehingga membuat konsumen kembali ketoko tersebut karena tidak mau ambil resiko dengan toko lain yang belum terpercaya.

Customer Experience (Pengalaman Konsumen)

Costomer experience  dapat dikatakan sebagai pengalaman konsumen dalam berbelanja dalam toko offline ataupun online.

Dalam bisnis online konsumen yang puas terhadap pelayanan dari toko online akan memgberikan review yang bagus yang akan membuat pelanggan baru yang melihat aka tertarik berbelanja di toko tersebut

Pada bisnis offline pengalaman berbelanja ditoko dengan pelayanan yang ramah dan juga memuaskan akan membuat pelanggan kembali berbelanja ditoko tersebut, selain itu dengan pelayanan yang baik akan membuat konsumen menyebarluaskan toko tersebut melalui mulut ke mulut, dengan begitu toko tersebut akan mendapatkan promosi gratis dari sumber terpercaya

Itulah  5 Perbedaan Target Konsumen Pemasaran Online dan Offline yang dapat saya samapaikan, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

0 Komentar

Posting Komentar