Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Produk Produksi dan Produktivitas yang Sebenarnya Memiliki Nilai Satu Kesatuan

Apa Perbedaan Produk Produksi dan Produktivitas yang Sebenarnya Memiliki Nilai Satu Kesatuan

Dalam berbisnis kamu tentu sering mendengar kata produk, produksi, dan produktivitas. Ketiga istilah tersebut adalah kegiatan yang dilakukan dalam suatu usaha atau berbisnis. Meski ketiganya memiliki kata yang bisa dikatakan sama namun sebenarnya arti ketiganya sangatlah berbeda.

Apakah perbedaan produksi, produk dan produktivitas yang harus kamu pahami ? sebelum menyimpulkan ketiga kata tersebut simak arti dari produk, produksi dan produktivitas menurut ahli berikut 

Pengertian Produk Produksi dan produktivitas 

Produk

  • Menurut Kotler dan Armstrong salah satu pakar pemasaran terkemuka didunia dan dosen bisnis mengatakan bawha produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasaran dan dapat dipakai, diperoleh, diperhatikan atau dikonsumsi dengan tujuan untuk memberi kepuasan akan kebutuhan atau keinginan orang yang ada dipasar, serta suatu produk bisa berwujud dan tidak berwujud( intangible seperti jasa)
  • Menurut Manahati Zebua  dalam bukunya yang berjudul  Pemasaran Produk Jasa Kesehatan (2018) mengatakan bahwa produk adalah suatu hal yang ditawarkan kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya, produk bisa berupa barang, jasa, pengalaman, peristiwa, organisasi, informasi, ide, maupan hal lainnya yang dapat ditawarkan.

Produksi 

  • Menurut Drs Harsono (1994) Produksi adalah Proses Menciptakan Barang dan Jasa yang membawa benda ke dalam suatu keadaan sehingga dapat dipergunakan untuk kebutuhan manusia dengan lebih baik.
  • Menurut Nur Zaman dalam bukunya yang berjudul Manajemen Usaha Tani (2021) produksi adalah proses pembuatan dan penciptaan suatu barang atau jasa. Pengolahan serta pengubahan sumber daya menjadi sebuah komoditas yang berbeda dalam bentuk dan manfaatnya

Produktivitas 

  • Menurut Sinungan dalam Busro (2018:344), produktivitas kerja merupakan kemampuan seseorang atau sekelompok orang untuk menghasilkan barang dan jasa dalam waktu tertentu yang telah ditentukan atau sesuai dengan rencana. Menurut  peneliti kemampuan tersebut bisa diartikan sebagai kemampuan fisik atau bisa juga disebut kemampuan keterampilan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia keterampilan diartikan sebagai kecakapan untuk menyelesaikan tugas
  • Menurut subandriyo dalam bukunya yang berjudul “Pengaruh Kebijakan Pemerintah terhadap Pendapatan Petani Kakao di Kabupaten Jayapura (2016)” mengatakan bahwa produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Produktivitas merupakan ukuran yang menyatakan bagaimana sumber daya seharusnya diatur dan dimanfaatkan untuk memberi hasil optimal. 

Perbedaan Produk Produksi dan Produktivitas

Setelah mengetahui pengertian dari produk, produksi dan produktivitas diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ketiga kata tersebut memiliki makna yang berbeda produksi merupakan kegiatan untuk mengahasilkan barang atau jasa, Produk merupakan hasil dari produksi dan produktivitas adalah kemampuan pribadi seseorang dalam mengahasilkan sesuatu.

Memiliki makna yang berbeda namun ketiganya memiliki nilai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahan antara satu dengan yang lain, jika salah satu tidak tercapai maka hasilnya tidak akan pernah mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumya.

Semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih 


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Produk Produksi dan Produktivitas yang Sebenarnya Memiliki Nilai Satu Kesatuan "