Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Orang Zaman Prasejarah Berkomunikasi Serta Apa Saja Alat yang Digunakan

Bagaimana Cara Orang Zaman Prasejarah Berkomunikasi Serta Apa Saja Alat yang Digunakan

Pernahkan kalian berfikir bagaimana cara komunikasi orang prasejarah atau kita sering menyebutnya orang primitif? Lalu alat bantu apa yang mereka gunakan sedangkan pada zaman dahulu sangat terbatas alat komunikasi?

Prasejarah adalah zaman ketika tulisan belum dikenal disemua masyarakat dan digunakan dalam berkomunikasi, tulisan sendiri pertama kali digunakan oleh bangsa Sumeria  pada 3000 tahun SM, ketika itu bangsa Sumeria menggunakan symbol dan gambar yang dibentuk menjadi huruf piktograf.

Piktograf adalah suatu ide yang menyampaikan suatu makna melalui penampakan gambar yang menyerupai/meniru keadaan fisik objek yang sebenarnya. 

Cara Komunikasi Zaman Prasejarah

Cara komunikasi manusia zaman prasejarah sangatlah terbatas, mereka menggunakan berbagai alat yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi antara satu kelompok dengan kelompok yang lain, dengan menggunakan lukisan pada dinding gua dan juga batuan besar.

Mereka menggunakan cara ini untuk menggambarkan pengalaman kegiatan dalam berburu dan menggambarkan binatang yang telah diburu, dengan menggunakan pewarna alami yang didapatkan dari menumbuk tumbuhan dan juga buah-buahan, menurut para ahli tujuan menggambar manusia purba bermaksut memberitahukan tentang hewan yang aman untuk dimakan.

Dengan adanya lukisan yang ditemukan didinding gua dan juga batuan yang besar dapat disimpulkan  bahwa dizaman tersebut sudah muncul kehidupan social budaya

Alat Komunikasi Manusia Prasejarah

Manusia purba sudah mampu menggunakan bahasa isyarat baik itu isyarat tangan atau isyarat bunyi untuk berkomunikasi dengan kelompoknya ataupun kelompok lain, mereka menggunakan sejumlah alat yang dapat menghsilkan suatu bunyi dan isyarat.

Alat yang digunakan oleh manusia purba adalah terompet yang terbuat dari tanduk binatang, genderang dari kulit binatang, api dan asap yang digunakan untuk memberikan isyarat jarak jauh. Untuk menyampaikan isyarat terhadap kelompok yang terpisah mereka menggunakan api dan alat alat yang menghasilkan bunyi.

Sedangkan untuk mengisyaratkan adanya ancaman atau bahaya mereka menggunakan asap. Kemungkinan manusia purba sudah menggunakan kata kata dalam berkomunikasi namun sangat minim, sederhana dan terbatas, semua itu mulai terbentuk ketika tingkat hidup mereka mencapai titik berburu dan meramu.

Pada kemunculan manusia purba Homo Sapiens telah tercipta kata bahasa yang menjadi alat komunikasi utama dalam kehidupan sehari-hari, selain itu manusia purba Homo Sapiens diakui sebagai manusia purba yang pertaman kali menciptakan bahasa untuk berkomunikasi.

Jadi itulah cara yang digunakan oleh manusia purba berserta alat yang digunakan dalam berkomunikasi, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " Bagaimana Cara Orang Zaman Prasejarah Berkomunikasi Serta Apa Saja Alat yang Digunakan"