Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Sikap Bangsa Indonesia Pada Awal Kedatangan Bangsa Barat Masuk Nusantara

Bagaimana Sikap Bangsa Indonesia Pada Awal Kedatangan Bangsa Barat Masuk Nusantara

Sebagai masyarakat indonesia tentunya kita tidak asing dengan kata-kata Orang Barat. Secara umum mayoritas orang Indonesia menganggap turis dari luar adalah bangsa barat, tapi tahukah kamu kalau bangsa barat adalah bangsa yang datang dari Benua Eropa ?

Lalu bagaimana dengan bangsa lain seperti Amerika Serikat, Australia bahkan Selandia Baru ? apakah mereka termasuk dengan bangsa barat atau mungkin memiliki nama bangsa sendiri. 

Bangsa barat merupakan bangsa yang berasal dari Eropa ataupun Amerika dan pada umumnya  istilah Bangsa Barat diasosiasikan dengan Negara-negara yang penduduknya berkulit putih. Jadi secara umum autralia, selandia Baru dan bangsa yang memiliki kulit putih dapat kita sebut dengan bangsa barat.

Sejarah Singkat Kedatangan Bangsa Barat di Indonesia

Portugis adalah bangsa barat yang mendarat didaratan Indonesia pada tahun 1511 dipimpin oleh  Alfonso d’Albuquerque tepatnya di malaka , pada tahun 1521 bangsa Spanyol berhasil mendarat di Maluku tepatnya di Tidore dengan armada yang dipimpin oleh Sebastian del Cano , disusul oleh bangsa inggris yang dipimpin oleh Francis Drake dan Thomas yang mendarat di Ternate pada tahun 1579

Thomas dan Drake membeli rempah-rempah bangsa Indonesia untuk dibawa pulang ke Inggris, setelah itu pada tahun 1596 belanda mendarat diIndonesia tepatnya di Banten dipimpin oleh Cornelis de Houtman, namun kedatangan mereka ditolak oleh masyarakat karena sikap kasar dan sombong dari bangsa belanda. 

Dua tahun setelah kejadian tersebut bangsa belanda kembali kedataran banten dipimpin oleh Jacob Van Heck pada tahun 1598 dengan tujuan awal untuk membeli rempah-rempah bangsa Indonesia.

Daya Tarik Indonesia 

Dengan kekayaan bangsa Indonesia yang sangat melimpah membuat bangsa barat tertarik mengunjungi negara Indonesia, disamping itu pada tahun 1453 Konstantinopel jatuh ketangan Turki yang membuat bangsa barat kesulitan dalam mendapatkan rempah-rempah.

Adanya revolusi Industri dan runtuhnya Kekaisaran Romawi membuat bangsa barat berusaha mencari rempah-rempah ke Indonesia, karena rempah-rempah semakin sulit didapatkan dan jika barangnya ada harga nya sangat mahal.

Harga rempah-rempah bangsa Indonesia yang masih murah membuat bangsa barat ingin membeli dan menguasai demi kepentingan bangsanya.

Bagaimana Sikap Bangsa Indonesia Pada Awal Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Pada awalnya bangsa Indonesia menerima dengan baik kedatangan bangsa barat, kerana pada mulanya bangsa barat datang dengan maksut berdagang rempah-rempah, hal tersebut membuat bangsa Indonesia merasa diuntungkan.

Namun setelah berjalan sifat asli bangsa barat mulai terlihat, keinginan nya untuk menguasai rempah-rempah yang ada di Indonesia semakin terlihat jelas, terbukti dengan adanya monopoli perdagangan yang dilakukan oleh bangsa barat, upaya-upaya untuk menguasai daerah-daerah membuat bangsa Indonesia semakin geram.

Hingga pada akhirnya terjadi perang konflik antara bangsa pribumi dan bangsa barat.

Itulah sikap bangsa indonesia pada awal kedatangan bangsa barat masuk keindonesia, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih 


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " Bagaimana Sikap Bangsa Indonesia Pada Awal Kedatangan Bangsa Barat Masuk Nusantara"