Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Perkembangan Teknologi Persenjataan Berbahaya Bagi Lingkungan, Inilah Penyebabnya dan Dampak yang Terjadi

Mengapa Perkembangan Teknologi Persenjataan Berbahaya Bagi Lingkungan, Inilah Penyebabnya dan Dampak yang Terjadi

Peradaban dunia mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat, baik itu teknologi komunikasi, transportasi bahkan teknologi persenjataan dunia. Semua teknologi tersebut diharapkan dapat membantu dan memudahkan segala aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dari tahun ketahun teknologi persenjataan mengalami kemajuan yang sangat pesat, teknologi yang satu ini identik dengan militer yang ada disuatu negara bahkan didunia, seiring dengan banyaknya konflik yang terjadi maka seseorang akan semakin berfikir keras untuk menciptakan teknologi yang dapat mengatasi konflik tersebut.

Jadi jangan heran jika banyaknya konflik akan mempengaruhi perkembangan teknologi persenjataan, selain berpengaruh didalam bidang militer, teknologi juga mempengaruhi ekosistem lingkungan dan juga sosial budaya, maka dari itu persenjataan tidak boleh semata-mata untuk pamer, pengawasan yang ketat harus dilakukan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Jenis Teknologi Persenjataan

Senjata Api Mesin

Senjata ini sering disebut dengan senjata otomatis karena senapan mesin ini bisa menembak ratusan peluru dalam waktu tertentu  secara otomatis, selain itu senapan ini dapat diisi dengan sabuk amunisi atau magazen berkapasitas besar

Bom Atom

Bom atom adalah senjata yang dapat memusnahkan kelompok atau tempat tertentu secara missal, senjata ini merupakan senjata nuklir yang mempunyai reaksi fusi dan daya ledak yang tinggi,dalam sejarah tercatat bahwa bom atom digunakan oleh amerika serikat melawan jepang pada saat perang dunia II dan berhasil mengahancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki.

Kekuatan bom atom saat itu adalah 20 kilo ton TNT, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini bom atom mampu meledak dengan kekuatan 70 kilo ton TNT, bisa kebayang jika bom tersebut jatuh di Jakarta kemungkinan jawa barat akan musnah.

Dari efeknya yang sangat mengerikan penggunakan senjata ini harus dibatasi, bagi negara yang memiliki senjata tersebut seperti amerika serikat, Rusia, India, Inggris, dan China memiliki hak menggunakan senjata tersebut dalam kepentingan tertentu

Dampak Perkembangan Teknologi Persenjataan

Faktanya perkembangan teknologi tidak selalu baik, dengan penggunakan yang bijak maka teknologi persenjataan akan memiliki dampak yang positif, namun jika penggunakannya tidak sesuai dengan prosedur akan menimbulkan efek yang negative.

 Dampak Positif

Bagi kehidupan manusia baik bernegara maupun dalam masyarakat perkembangan senjata memberikan efek yang positif dalam kehidupan sehari-hari, suatu contoh penggunakannya  dapat menjaga dan melindungi negara agar tercipta suasana damai dan sejahtera.

Meminimalkan kriminalitas yang ada dimasyarakat dan melindungi semua masyarakat agar tercipta suasana yang aman dan terlindungi.

Dampak Negatif

  • Perkembangan teknologi memberikan efek yang negative bagi lingkungan, karena limbah yang dihasilkan mengandung kimia yang dapat merusak ekosistem  lingkungan
  • Jika terjadi perang antar negara dan Bom Atom digunakan maka radiasi dari bom akan menyelimuti atmosfer bumi yang akan berakibat buruk terhadap kehidupan

Perkembangan teknologi persenjataan berbahaya bagi lingkungan jika tidak ada yang mengawasi secara intens dan akan menimbulkan kriminalitas semakin meningkat.

Semoga ulasan tersebut  dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

 

KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Mengapa Perkembangan Teknologi Persenjataan Berbahaya Bagi Lingkungan, Inilah Penyebabnya dan Dampak yang Terjadi"