Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akuntansi dan Sistem Informasi Yang Menangani Tugas-Tugas Dari Akuntansi Adalah

Pengertian Akuntansi dan Sistem Informasi Yang Menangani Tugas-Tugas Dari Akuntansi Adalah

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu system yang pasti dibutuhkan oleh semua perusahaan dalam bidang apapun, system informasi sering disebut dengan SIA. System ini mengandung proses yang digunakan oleh perusahaan dalam mengatur laporan keuangan.

Dengan laporan keuangan yang tepat dan akurat, Tentu saja perusahaan dapat mengevaluasi semua kegiatan perusahaan, mempermudah kegiatan perusahaan dalam mengatur biaya produksi yang diharapkan mampu memajukan bisnis dan usaha perusahaan tersebut 

Pengertian Akuntansi 

Banyak orang yang mengatakan bahwa akuntansi adalah ilmu menghitung angka, persepsi tersebut bisa dikatakan benar namun tidak sepenuhnya akuntansi merupakan ilmu hitung, faktanya akuntansi merupakan sebuah proses yang tidak sederhana dan sering digunakan dalam kegiatan bisnis dan kegiatan sehari-hari.

Menurut Weygandt, Kieso, dan Kimmel

Bagi mereka Akuntansi merupakan sebuah bagian sistem informasi yang mengidentifikasi sebuah catatan dan mengkomunikasikan insiden ekonomi pada suatu organisasi terhadap pengguna yang berkepentingan”.

Secara umum dapat kita simpulkan bahwa Akuntansi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari, mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan ekonomi bisnis terhadap pengguna yang berkepentingan.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Berikut adalah pemgertian system informasi akuntasi menurut para ahli 

Menurut Nash dan Robert (dalam Sudaya) sistem informasi merupakan kombinasi dari user atau orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.

Menurut Romnet dan Steinbart, System Informasi Akuntansi merupakan sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan juga proses data menjadi informasi yang berguna dalam membantu proses pengambilan keputusan

Menurut Laudon dan Laudon (2010) Mereka mengatakan bahwa informasi merupakan sebuah data yang telah dibuat dan juga diolah dengan metode tertentu ke dalam bentuk yang nantinya akan memiliki arti tertentu bagi manusia sebagai penggunanya.

Menurut  Nugroho Widjajanto Sistem  informasi akuntansi merupakan susunan formulir, catatan, peralatan termasuk komputer dan perlengkapannya serta alat komunikasi, tenaga pelaksanaannya dan laporan yang terkoordinasi secara erat yang didesain untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen.

Menurut Mulyadi, Sistem Informasi Akuntasi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Secara umum dapat disimpulkan system informasi akuntasi memiliki arti system yang mencatat, menyusun, mengkoordinasi dan menginformasikan data keuangan kepada pengelola perusahaan yang diharapkan mampu memajukan bisnis perusahaan

Bagian-Bagian Sistem Informasi Akuntansi

Dalam system Informasi Akuntansi terdapat beberapa bagian penting, diantaranya adalah sebagai berikut

  • Orang (people) bertugas mengoperasikan system 
  • Procedure bertugas mengumpulkan, memproses,menyimpan data yang berhubungan dengan aktivitas organisasi
  • Data adalah bagian yang melakukan kegiatan dalam proses bisnis.
  • Software adalah bagian yang digunakan untuk memproses data yang terdapat pada organisasi.
  • Infrastruktur Informasi Teknologi yang terdiri dari komputer dan peralatan lain.

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi dalam Bisnis

Dalam berbisnis perusahaan memerlukan peran SIA demi memajukan bisnisnya, adapun Fungsi dari system Informasi Akuntasi adalah sebagai berikut 

• Meningkatnya efisiensi pada perusahaan berharap meningkatkan  pendapatan.

• Meningkatnya kemampuan perusahaan untuk mengambil suatu keputusan secara bijak.

• Terciptanya  informasi yang akurat dan tepat sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan.

• Meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

• Menghemat biaya produksi dan jasa dalam proses pembuatan produk perusahaan.

• Menambah sharing knowledge perusahaan.

• Meningkatkan efisiensi kerja pada bagian keuangan perusahaan karena adanya sistem informasi akuntansi.

• Mengumpulkan segala data yang berhubungan dengan aktiitas bisnis perusahaan

Itulah Pengertian Akuntansi dan Sistem informasi yang menangani tugas-tugas dari akuntansi, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih 


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Pengertian Akuntansi dan Sistem Informasi Yang Menangani Tugas-Tugas Dari Akuntansi Adalah"