Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Serta Manfaat Menggunakan Teknologi Digital

Pengertian Serta Manfaat Menggunakan Teknologi Digital

Contoh teknologi digital saat ini banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Teknologi digital merupakan salah satu hasil pengembangan berbagai pengetahuan dan inovasi para penciptanya yang bertujuan untuk memudahkan manusia dalam melakukan hal-hal tertentu

Berbicara tentang teknologi digital, tampaknya sekarang sudah banyak bentuknya. Tidak bisa dipungkiri, teknologi digital memang telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Diantaranya adalah mampu memberikan kemudahan yang maksimal bagi manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. 

Apa itu Teknologi Digital?

Mengetahui contoh-contoh teknologi digital akan lebih mudah jika kita memahami maknanya terlebih dahulu. Menurut laman system-computer-s1.stekom.ac.id, teknologi digital merupakan alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual. 

Sebaliknya, ia menggunakan sistem operasi yang dirancang secara otomatis dengan komputerisasi atau format tertentu di komputer. Pada dasarnya, teknologi digital adalah sistem penghitungan yang mampu menghasilkan output dalam waktu singkat dan cepat. 

Dengan demikian, segala bentuk informasi sebagai input yang tidak lain adalah kode digital akan diproses lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Dalam teknologi digital, semua input ini akan diproses menggunakan sensor dan mikroprosesor. 

Dari proses ini, muncul output berupa informasi yang dapat diterima oleh manusia pada layar monitor. Hal inilah yang membuat teknologi digital semakin banyak digunakan karena memuat berbagai informasi secara visual. 

Diketahui, teknologi digital mulai muncul pada tahun 1940 ketika teknologi komputer juga semakin berkembang. Sejak tahun 1989 sudah termasuk perkembangan teknologi digital berupa World Wide Web (www) hingga pada tahun 1997 muncul situs jejaring sosial.

Manfaat Menggunakan Teknologi Digital

Lebih Efisien

Penggunaan teknologi digital diklaim lebih efisien. Jadi, pengguna tidak perlu menghabiskan waktu dan uang ekstra untuk mendapatkan hasil yang mereka butuhkan. Dibandingkan dengan perhitungan manual, manusia akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang.

Oleh karena itu, teknologi digital kini semakin berkembang karena memicu kemudahan bagi kehidupan manusia di berbagai sektor.

Memungkinkan Menyimpan Data Dengan Mudah

Selain itu, teknologi digital juga menawarkan kemudahan lainnya. Salah satunya tentang kemudahan penyimpanan data dalam teknologi komunikasi digital. Teknologi digital memungkinkan pengguna untuk menyimpan data dalam bentuk kode digital dalam bentuk non fisik. Sehingga dapat diakses di berbagai tempat selama terhubung dengan jaringan.

⦁ Menghadirkan Inovasi di Bidang Komunikasi

Manfaat teknologi digital selanjutnya adalah mampu menghadirkan inovasi yang lebih cepat di bidang komunikasi. Hingga saat ini, teknologi komunikasi digital telah berkembang jauh lebih pesat dari sebelumnya. 

Hal ini memungkinkan manusia untuk lebih mudah mengakses dan terhubung dengan manusia lainnya. Dengan begitu, kebutuhan akan interaksi juga menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis.

Contoh Teknologi Digital

⦁ Teknologi Komunikasi Digital

Contoh pertama dari teknologi digital adalah teknologi komunikasi. Jenis teknologi digital saat ini paling banyak digunakan oleh manusia. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang tidak lepas dari kebutuhan akan interaksi dengan orang lain. 

Oleh karena itu, jenis teknologi ini juga mengalami perkembangan dan inovasi yang pesat. Misalnya, teknologi digital jenis ini seperti smartphone, televisi pintar, tablet, laptop, radio, dan sebagainya.

⦁ Teknologi Industri Digital

Selain bidang komunikasi, jenis teknologi digital selanjutnya adalah di bidang industri. Meski tidak sebanyak di bidang komunikasi, teknologi digital industri kini juga mengalami pertumbuhan yang pesat. 

Bahkan, penggunaannya kini tak terbantahkan lagi untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan berkuantitas tinggi. Sedangkan contoh teknologi digital di bidang industri seperti Big data, Artificial Intelligence, Cloud Computing, dan lain-lain.

 Semua teknologi yang telah ada bertujuan untuk memudahkan aktivitas manusia, namun perlu diketahui  bahwa teknologi dapat menimbulkan efek yang negatif jika tidak digunakan sesuai dengan anjurannya, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " Pengertian Serta Manfaat Menggunakan Teknologi Digital"