Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telegraf Merupakan Alat Yang Biasanya Digunakan Untuk Mengirim Pesan Menggunakan Kode Morse Berikut Sejarah Perkembangannya

Telegraf Merupakan Alat Yang Biasanya Digunakan Untuk Mengirim Pesan Menggunakan Kode Morse Berikut Sejarah Perkembangannya

Samuel F.B Morse dan asistennya Alexsander Bain adalah seorang tokoh dari Amerika Serikat yang telah menciptakan suatu alat yang digunakan untuk mengirim dan juga menerima pesan jarak jauh. Telegraf merupakan alat yang digunakan berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan kode morse sebagai kode komunikasi

Sebelum dikenal nya telephone jarak jauh, telegraf merupakan alat yang sangat terkenal digunakan dalam pengiriman dokumen dalam perjanjian bisnis. Pesan pada telegraf dikirim oleh operator telegraf menggunakan kode morse yang dikenal dengan kabelgram atau sering disebut dengan pesan kawat atau pesan kabel.

Sejarah Telegraf

Pada tahun 1809 Samuel Von Sommering menemukan telegraf elektrik, kemudian disusul oleh Baron Schilling pada tahun 1832 yang berhasil menciptakan telegraf elektrik pertama. Pada tahun tersebut telegraf belum menjadi alat komersil yang tersebar diseluruh masyarakat, Carl Friderich Gauss dan Wilhelm Weber merupakan orang pertama yang menggunakan telegraf menjadi alat komunikasi tetap pada tahun 1833 di Gottingen.

Pada tahun 1837 William Fothergill Cooke mampu mengkomersilkan telegraf di Great Western Railway dan dipatenkan di inggris pada tahun 1837, komunikasi telegraf saat itu dikirimkan dari jarak 21Km dari stasiun Paddington ke West Drayton dan mulai beroperasi pada tanggal 9 april 1839. 

Pada tahun 1843 seorang warga skotlandia Alexander Bain, menemukan alat yang mampu mengirimkan gambar menggunakan kawat elektrik yang disebut dengan mesin faksimil atau recording telegraph (telegraf Perekam)

Pada tahun 1855 Giovanni Caselli dari Italy juga menciptakan suatu telegraf elektrik yang mampu mengirimkan pesan, caselli menyebut penemuannya dengan Pantelegraf,  telegraf elektrik caselli sukses digunakan di Paris dan Lyon yang dikenal dengan telegraf aliran selamg kota.

Suatu telegraf elektrik yang ditemukan Samuel F.B Morse pada tahun 1837 berhasil dipatenkan di Amerika Serikat , telegraf tersebut menggunakan kode morse dalam penyampaian pesannya, Telegraf pertama kali dikirimkan oleh Samuel pada  tanggal 6 januari 1838 dengan jarak 3Km si Speedwell ironworks akrab Morriston, New Jarsey.

Pesan yang dikirimkan pertama kali adalah “Seorang penunggu yang sabar bukanlah pecundang”( A patient waiter is no loser), setelah itu telegraf Morse berhasil disebarkan dengan cepat dalam waktu 20 tahun kedepannya.

Beberapa kali percobaan dengan kabel lintas antlantik namun belum berhasil, percobaan tersebut dilakukan pada tanggal 1857, 1858, dan 1865. Pada akhirnya pada 18 Juli tahun 1866 kabel lintas atlantik berhasil diselesaikan.

Berita baru tersebar diseluruh dunia pada tahun 1872 ketika negara Australia mampu menjadi penghubung telegraf bawah laut di Darwin. Setelah itu pada tahun 1970 telegraf menemukan titik pencapaian yang sangat fenomenal ketika Thomas Edison menemukan telegraf dua arah dengan rangkap dua penuh ( Full duplex two –way telegraf), dan mampu menggandakan kapasitasnya dengan menemukan quadruplex  pada tahun 1874.

Telegaraf temuan Edison tercatat dan dipatenkan di lembaga Pematen US pada  1 september 1874.

Perkembangan telegraf

Awal ditemukan telegraf elektrik pada tahun 1830, alat ini menggunakan tegangan listrik yang digunakan sebagai pengontrol electromagnet yang didengarkan pada ujung transmisi, dengan keterbatasan teknologi saat itu pengiriman kode melewati kabel tidak mampu untuk diprint.

Seiring dengan perkembangan zaman telegraf elektrik menggunakan electromagnet receiver, dengan begitu kode yang dikirimkan melalui kode morse mampu diartikan untuk pendengarnya dalam struktur tulisan.

Kode Morse

Kode morse merupakan cara yang digunakan untuk mengirimkan informasi, menggunakan data pengiriman berupa suara, nada atau cahaya dengan membedakan dash, dot dan kalimat dalam mengirimkan pesan kalimat, kata, angka dan tanda baca.

Pesan kode morse mampu dikirimkan melalui Peluit, cahaya, bendera dan juga ketukan morse.

Itulah perkembangan telegraf didunia, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " Telegraf Merupakan Alat Yang Biasanya Digunakan Untuk Mengirim Pesan Menggunakan Kode Morse Berikut Sejarah Perkembangannya"