Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telemarketing adalah Strategi Pemasaran yang Masih Eksis Sampai Saat Ini, Tahukah Kamu Skill Apa Yang Digunakan Untuk Menunjang Telemarketing

Telemarketing adalah Strategi Pemasaran yang Masih Eksis Sampai Saat Ini, Tahukah Kamu Skill Apa Yang Digunakan Untuk Menunjang Telemarketing

Dalam memasarkan produknya perusahaan memiliki strategi yang berbeda-beda, salah satu yang digunakan adalah strategi telemarketing, meskipun strategi ini tergolong strategi lama namun masih banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini

Diera digital saat ini banyak sekali strategi baru yang diciptakan oleh perusahaan dengan menggunakan riset yang mendalam tentang pemasaran, produk dan konsumen, meski begitu strategi telemarketing masih digunakan oleh perusahaan hingga sekarang.

Pengertian Telemarketing 

Telemarketing adalah suatu strategi yang menggunakan telephon untuk menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan. Sedangkan orang yang melakukan strategi ini disebut dengan telemarketer, strategi ini masih sering digunakan bahkan oleh perusahaan besar sekalipun.

Namun bagi sebagian orang strategi ini dianggap kurang efektif ketika melakukan panggilan yang dilakukan berulang kali atau disebut spam, maka dari itu diperlukan indentifikasi yang baik terhadap pelanggan agar promosi atau penawaran kita dapat diterima oleh pelanggan.

Sampai sekarang strategi ini masih digunakan oleh perusahaan besar, karena dianggap masih relevan dan memiliki beberapa alasan.

Baca juga Mengapa pemasaran merupakan faktor penting suksesnya perusahaan

Alasan Strategi Telemarketing Masih Digunakan

Berpeluang Untuk Follow Up Pelanggan

Tidak semua pelangganmu menyukai semua produk yang ada ditoko mu, dengan adanya telemarketer dapat membantu perusahaan dalam menyakinkan pelanggan akan produk yang dijual.

 Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Strategi telemarketing membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness kepada masyarakat. Telemarketing dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan sehingga pelanggan merasa puas, kembali lagi untuk melakukan pembelian sehingga memberikan ulasan yang positif sampai memberikan rekomendasi kepada keluarga atau  orang terdekat.

Meningkatkan Penjualan Produk atau Jasa

Selain meningkatkan brand awareness peran telemarketing juga bagus dalam peningkatan penjualan produk atau jasa, karena pelanggan akan lebih intens mengerti tentang produk yang sedang kamu tawarkan yang berpeluang besar pelanggan akan tertarik dengan produk yang dijual

Skill yang Harus Dimiliki

Tidak semua orang mampu menjadi seorang telemarketer yang apik dan handal, diperlukan skill khusus agar seorang telemarketer mampu melakukan penjualan yang bagus serta mendapatkan dampak yang positif bagi perusahaan

Berikut adalah beberapa skill yang diperlukan seorang telemarketer

Multitasking

Seorang marketer harus multitasking karena kegiatan sehari harinya harus membuat catatan, cek email dan melakukan panggilan dalam jumlah yang tergolong banyak,  maka dari itu multitasking diperlukan oleh seseorang yang ingin bergelut dengan Telemarketing

Problem Solving

Problem solving yang dimaksut adalah mampu menyelesaikan dengan baik masalah yang ada, dengan jalan keluar yang tidak membuat pelanggan kecewa dengan perusahaan kita. Dengan begitu pelanggan kita tidak akan menurun dan tidak memperburuk citra perusahaan

Listening

Seorang telemarketer harus bisa menjadi pendengar yang baik, orang jawa mengatakan harus memiliki telinga yang tebal, Karena pekerjaan setiap hari adalah mendengarkan keluh kesah orang lain, complain, bahkan marah marah tentang produk yang sudah dijual. Maka dari itu seorang marketer harus memiliki skill listening yang baik

Keuntungan dan Kerugian Telemarketing

Disetiap strategi pemasaran pasti memiliki keuntungan dan juga kekurangan ketika kita mengaplikasikannya dalam pasar yang sesungguhnya, berikut adalah keuntungan dan kekurangan strategi telemarketing

1. Keuntungan

• Dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan

• Dapat menjelaskan secara detail tentang produk kita kepada pelanggan

• Mudah menjangakau pelanggan karena dapat dilakukan dengan telephone

• Hemat biaya dan dapat menekan biaya perusahaan

2. Kerugian

• Berpotensi menggangu pelanggan karena spam panggilan 

• Memerlukan waktu yang lama untuk menjadikan staf yang handal dan apik

• Sedikit kesalahan bicara dengan pelanggan akan memperburuk citra perusahaan dimata pelanggan

Itulah penjelasan tentang  Strategi Pemasaran yang Masih Eksis Sampai Saat Ini dan skill yang diperlukan untuk menjadi telemarketer yang baik. Semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " Telemarketing adalah Strategi Pemasaran yang Masih Eksis Sampai Saat Ini, Tahukah Kamu Skill Apa Yang Digunakan Untuk Menunjang Telemarketing"