Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Teknologi Bagi Pendidikan di Indonesia yang Terjadi Sampai Sekarang

6 Manfaat Teknologi Bagi Pendidikan di Indonesia yang Terjadi Sampai Sekarang

Sejarah penggunaan teknologi sudah ada sejak beberapa abad yang lalu. Dari waktu ke waktu, teknologi terus berkembang dan tidak hanya terbatas pada beberapa aspek kehidupan. Kehadiran teknologi dalam beberapa aspek kehidupan mampu membantu manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah. 

Penerapan teknologi juga cukup beragam serta manfaat yang diterima. Dunia pendidikan merupakan salah satu bagian yang tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan keberadaan teknologi, baik dalam aspek belajar maupun mengajar.

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan tentunya memberikan banyak manfaat yang tidak hanya dirasakan oleh siswa, tetapi juga oleh pendidik atau guru. Lalu, apa sebenarnya manfaat teknologi bagi pendidikan, khususnya pendidikan di Indonesia? Berikut penjelasannya

Baca juga Macam-macam teknologi diberbagai bidang dalam kehidupan manusia

Apa Saja Manfaat Teknologi Bagi Pendidkan di Indonesia?

Meningkatkan Dukungan Media Pembelajaran

Selama ini kegiatan belajar mengajar di Indonesia lebih banyak ditunjang oleh buku atau media lain, kebanyakan tekstual. Namun dengan hadirnya teknologi dalam dunia pendidikan di Indonesia, media pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa menjadi lebih beragam. 

Misalnya dengan adanya media pembelajaran seperti audio dan video seiring dengan hadirnya teknologi komputer, ponsel pintar, dan tablet. Banyak developer atau pengembang juga semakin tertarik untuk mengembangkan teknologi pembelajaran melalui software dan aplikasi mobile. 

Serta aplikasi bimbingan belajar online yang memberikan cara belajar baru bagi siswa. Hal ini membuat dunia pendidikan mendapatkan dukungan pembelajaran yang lebih baik bahkan dapat mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Materi Pembelajaran yang didapat Lebih Menarik

Manfaat kedua yang dapat dirasakan akibat pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah akses materi pembelajaran yang lebih menarik. Sering ditemukan banyak siswa yang merasa malas untuk belajar karena banyaknya materi yang harus dipelajari. 

Selain itu, materi pembelajaran yang disampaikan tidak menarik juga membuat minat belajar siswa menjadi rendah. Dengan bantuan teknologi di bidang pendidikan, masalah ini perlahan dapat diatasi. 

Semakin menarik materi pembelajaran maka keinginan siswa untuk mendalami suatu materi akan semakin meningkat. Dengan begitu, perlahan masalah rendahnya minat belajar akan teratasi sedikit demi sedikit.

Kegiatan Mengajar Tidak Monoton

Selain siswa yang mendapat manfaat dari penggunaan teknologi, guru atau pendidik juga bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan teknologi. Bagi pendidik, hadirnya teknologi pendidikan membantu guru dalam menyiapkan materi pembelajaran yang anti mainstream atau monoton. 

Membuat Kegiatan Belajar Lebih Fleksibel

Adanya kemajuan teknologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel. Salah satu bentuk kemajuan teknologi adalah internet yang dapat membantu kegiatan belajar menjadi lebih fleksibel. 

Pendidik dan siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online atau online, sehingga lebih fleksibel dan tidak terbatas waktu. Manfaat teknologi ini juga banyak membantu pendidik dan siswa selama pandemi Covid-19. 

Berkat teknologi internet, selama masa pembatasan kegiatan belajar mengajar selama masa Covid-19, kegiatan belajar mengajar dapat tetap dilaksanakan. Bisa dibayangkan ketika teknologi belum secanggih sekarang ini, kegiatan belajar mengajar di masa Covid-19 tentu akan mengalami kendala.

Peluang Penggalian Material Tanpa Batas

Manfaat ini juga terasa berkat hadirnya teknologi berupa internet. Ketika siswa merasa penasaran dan ingin mendalami materi pembelajaran, mereka tidak perlu khawatir kesulitan mencari sumber materi. Hal ini karena segala macam pengetahuan dan masalah dapat dengan mudah dicari melalui mesin pencari seperti Google.

Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Banyak hal yang menentukan seberapa baik kualitas pendidikan di suatu negara. Mulai dari metode pembelajaran, sumber daya manusia, media pembelajaran, suasana akademik, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak faktor tersebut, media pembelajaran dan proses pembelajaran merupakan faktor penting yang menentukan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Baca juga Cara mengembangkan prestasi anak dengan berbagai teknologi masa kini

Penggunakan dan penerapan teknologi di Indonesia memberikan banyak dampak positif terhadap dunia pendidikan, tentunya memberikan peluang terhadap kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " 6 Manfaat Teknologi Bagi Pendidikan di Indonesia yang Terjadi Sampai Sekarang"