Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kerugian Memiliki Bisnis Sendiri yang Harus Kalian Tau

Keuntungan dan Kerugian Memiliki Bisnis Sendiri yang Harus Kalian Tau

Mungkin Anda pasti pernah berpikir untuk memulai atau memiliki bisnis sendiri. Alangkah indahnya ketika uang yang kita bayangkan menjadi bos bagi diri kita sendiri, menghasilkan lebih banyak untuk bebas dari api waktu. Selain itu, ada banyak hal menarik yang bisa menjadi alasan untuk memulai bisnis sendiri. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari bisnis itu sendiri.

Apa Keuntungan dan Kerugian Memiliki Bisnis Sendiri?

1. Keuntungan Memiliki Bisnis Sendiri

Apalagi di tengah perekonomian Indonesia yang saat ini sedang mengalami resesi. PHK terjadi pada pekerjaan yang semakin sulit. Sementara itu, ekonomi tidak pernah mati. Jika Anda mulai berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, berikut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan:

Kebebasan

Menjadi pengusaha berarti Anda adalah bos dari bisnis itu sendiri. Anda tidak bisa dipecat. Terlebih lagi, Anda juga memiliki kebebasan untuk membuat keputusan bisnis yang penting. Kebebasan yang Anda peroleh juga terdiri dari cara Anda mengendalikan bisnis.

Peluang untuk memiliki lebih banyak uang

Berbisnis memang memiliki risiko finansial yang tinggi. Selain itu, Anda juga menghasilkan lebih banyak uang. Kesempatan ini tentu tidak akan didapatkan jika Anda bekerja sebagai karyawan.

Anda juga dapat memilih untuk mengumpulkan dan menggunakan uang untuk mengembangkan bisnis Anda. Baik dari modal investor, atau dari modal sendiri.

Peluang Belajar

Sebagai pemilik bisnis, Anda akan terlibat dalam setiap aspek bisnis. Mulai dari manajemen operasional, keuangan, pemasaran, hingga manajemen sumber daya manusia. Meski pada akhirnya Anda akan mendapatkan bantuan dari orang lain, namun proses pengelolaan bisnis tetap berada di tangan Anda.

Baca juga : Alasan usaha produk pangan sangat menarik dan diminati oleh pengusaha

2. Kerugian Memulai Bisnis Anda Sendiri

Meskipun banyak keuntungan menjadi seorang pebisnis, Anda juga harus memahami apa saja kerugian yang akan Anda terima ketika membuka usaha sendiri. Baik dari segi waktu, resiko finansial, atau dari segi lainnya.

Resiko keuangan

Dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha untuk mencapai titik impas relatif kecil. Jika Anda ingin berbisnis, kemungkinan besar itu akan menjadi semua tabungan Anda. Tentunya pada awalnya akan sulit untuk mengatur keuangan.

Akhirnya Anda mungkin memerlukan kredit bisnis. Namun jika bisa bertahan, buah manis bisa didapatkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Menjadi seorang wirausahawan tidak menghasilkan uang dalam jumlah besar dari bekerja di bawah orang lain. Namun, semua itu hanya bisa didapatkan jika Anda bertahan di awal bisnis.

Harus Bersedia Melakukan Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

Sama seperti bekerja di bawah orang lain, Anda harus profesional. Dalam mengelola bisnis, Anda harus melakukan hal-hal yang mungkin tidak Anda sukai secara pribadi demi bisnis. Semua tanggung jawab akan jatuh ke pemilik bisnis. Sebagai pemilik, Anda harus membuat keputusan sulit dan terus bekerja keras untuk menjaga bisnis tetap berjalan.

Dalam bisnis, konsumen merupakan target penting yang harus dibidik. Jika jangkauan pelanggan masih pada titik lemah, maka dapat dikatakan bahwa bisnis perlu lebih banyak upaya untuk berkembang. Pada titik inilah Anda mencari seorang profesional.

 Itulah ulasan tentang  Keuntungan dan Kerugian Memiliki Bisnis Sendiri yang Harus Kalian Tau, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " Keuntungan dan Kerugian Memiliki Bisnis Sendiri yang Harus Kalian Tau"