Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan Teknologi di Era Digital dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Pemanfaatan Teknologi di Era Digital dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Di era Revolusi Industri 4.0, tentunya perkembangan teknologi digital meningkat sangat pesat. Inovasi dan kecanggihan yang terus dikembangkan akan membantu kehidupan manusia. Seperti yang kita ketahui, dalam kehidupan manusia di era digital ini, teknologi akan selalu terhubung. 

Teknologi sudah mempengaruhi dan mengubah manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kehidupan masyarakat Indonesia saat ini tidak lepas dari teknologi digital. Teknologi memiliki peran penting dan nyata di era Masyarakat Informasi atau Knowledge Society.

Apa saja kegunaan teknologi di era digital dalam bidang pendidikan di Indonesia?

Salah satu pemanfaatan teknologi digital di sekitar kita yang dapat menjadi fokus masyarakat Indonesia adalah teknologi digital sebagai media E-Learning yang terjangkau dan lengkap. Pemanfaatan teknologi digital ini dapat digunakan sebagai pengolah data menjadi informasi dengan mengolah, menyajikan, dan mengelola informasi pembelajaran. 

Di masa pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi, memaksa akselerasi di bidang pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Penerapan pembelajaran melalui E-Learning merupakan media baru yang dapat mengatasi sikap pasif siswa. 

Dengan penerapan E-Learning dapat memberikan manfaat, seperti tersedianya sumber belajar yang tidak terbatas dan terbentuknya komunitas belajar yang saling berinteraksi, memberi dan menerima, serta tidak terbatas pada satu lokasi.

Dengan teknologi digital, Indonesia dapat memajukan kapasitas dan pengetahuan bangsa secara lebih cepat, praktis, merata dan terjangkau di seluruh Indonesia. Dengan teknologi digital, akses pendidikan akan mudah didapatkan. 

Selain itu, pemanfaatan teknologi digital yang telah diuraikan dapat memberikan dampak positif dengan pengembangan dan penerapan yang bermanfaat di bidang pendidikan, antara lain munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pusat pendidikan. 

Dengan kemajuan teknologi, diciptakan metode-metode baru yang dapat dengan mudah dipahami dan sistem pembelajarannya tidak harus tatap muka. Pemenuhan kebutuhan fasilitas pendidikan bisa terpenuhi dengan cepat. 

Dalam bidang pendidikan tentunya banyak hal dan materi yang perlu dipersiapkan. Namun dengan berkembangnya teknologi semua itu bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat. Penyediaan media dan metodologi pendidikan yang dinamis, kondusif dan dialogis sangat diperlukan untuk pengembangan potensi peserta didik secara optimal. 

Hal ini dikarenakan potensi siswa akan lebih terstimulasi bila dibantu dengan sejumlah media atau sarana dan prasarana yang mendukung proses interaksi yang sedang dilakukan. Media dalam perspektif pendidikan adalah instrumen yang strategis dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. 

Karena keberadaannya secara langsung bisa memberikan dinamika tersendiri bagi siswa. Dengan keterbatasannya, manusia seringkali kurang mampu menangkap dan merespon hal-hal yang abstrak atau belum pernah terekam dalam ingatannya. 

Untuk menjembatani proses internalisasi, diperlukan media pendidikan yang memperjelas dan memudahkan peserta didik dalam menangkap pesan pendidikan yang disampaikan. 

Oleh karena itu, semakin banyak siswa disuguhkan dengan berbagai media atau sarana dan prasarana pendukung, maka semakin besar kemungkinan nilai-nilai pendidikan dapat diserap dan dicerna.

Dengan pemanfaatan teknologi digital tentunya akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi digital dapat membangun kreativitas yang dibutuhkan dalam teknologi informasi. 

Yang diharapkan dari kemajuan teknologi adalah percepatan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Perkembangan teknologi digital begitu pesat sehingga sulit untuk kita kendalikan. Hampir setiap detik produk teknologi digital tercipta di seluruh belahan dunia. 

Saat ini semua lapisan masyarakat sangat mengandalkan peran teknologi sebagai kegiatan pembelajaran dalam hal pengenalan kemajuan. Mengetahui beberapa contoh pemanfaatan teknologi digital dan dapat dikatakan bahwa saat ini kehidupan manusia sangat bergantung pada bantuan teknologi dalam kehidupan sosial ekonominya. 

Karena teknologi berkembang begitu pesat, secara tidak langsung menuntut manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.

Semoga ulasan Pemanfaatan Teknologi di Era Digital dalam Bidang Pendidikan di Indonesia dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

 

KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Pemanfaatan Teknologi di Era Digital dalam Bidang Pendidikan di Indonesia"