Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teknologi Pangan dan Prosesnya yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Teknologi Pangan dan Prosesnya yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam teknologi pangan, kita akan mempelajari tentang bahan makanan, proses pengolahan hingga menjadi produk pangan yang aman, bergizi, dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Misalnya, kita bisa mengetahui cara mengolah susu segar menjadi susu UHT kemasan yang bisa kita beli di supermarket. 

Melalui teknologi pangan, kita bisa belajar banyak aspek, tidak hanya sains dan pangan. Tapi Anda juga bisa belajar tentang kewirausahaan, sosial, dan ekonomi.

Bagaimana Pengertian Teknologi Pangan dan Prosesnya?

Pengertian Teknologi Pangan dan Manfaatnya

Teknologi pangan merupakan salah satu disiplin ilmu yang menerapkan suatu ilmu yang berhubungan dengan pangan terutama sebelum panen atau pasca panen dengan menggunakan teknologi yang tepat. 

Sehingga manfaat yang akan didapat dapat meningkatkan nilai tambah dari bahan makanan tersebut. Dalam teknologi pangan, kita akan mempelajari sifat fisik, kimia, dan mikrobiologi dari suatu bahan pangan. 

Selain itu, kita juga akan mempelajari proses pengolahan bahan makanan tersebut. Kekhususan ilmu yang satu ini cukup beragam, antara lain memastikan, mengemas, menyimpan, mengawetkan, dan lain-lain.

Sejarah awal teknologi pangan adalah ketika Nicolas Appert melakukan proses pengalengan suatu bahan makanan. Proses ini masih berlangsung sampai sekarang. Namun saat itu Nicolas Appert melakukannya tidak berdasarkan ilmu pengetahuan. 

Penerapan teknologi pangan berbasis sains pada awalnya dilakukan oleh Louis Pasteur ketika ingin mencegah kerusakan yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba pada fermentasi anggur. Dia melakukan ini setelah melakukan penelitian pada anggur yang terinfeksi.

Proses dan Manfaat Teknologi Pangan

Dengan munculnya teknologi pangan, sangat berpengaruh terhadap ketersediaan pangan. Alan dan bumi dapat menghasilkan makanan secara berkala. Sedangkan kebutuhan manusia bersifat rutin atau berkesinambungan. 

Jadi, tidak mungkin kita harus menunggu kebutuhan fisik sampai panen tiba. Oleh karena itu, diciptakanlah teknologi pangan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan teknologi pengawetan pangan agar pangan dapat disimpan lebih lama dan dapat dikonsumsi dalam jangka panjang.

Seringkali banyak orang di Indonesia yang penasaran dengan ilmu yang dipelajari di bidang teknologi pangan. namun, teknologi pangan ini tidak pernah lepas dari proses. Proses yang dimaksud disini berkaitan dengan makanan yang masih mentah hingga menjadi makanan yang layak dikonsumsi oleh masyarakat. Berikut beberapa proses teknologi pangan dalam memproduksi bahan makanan:

Sortasi

Proses pertama yang harus dilakukan untuk menghasilkan makanan yang layak konsumsi adalah pemilihan bahan makanan yang akan diolah. Produk yang akan dihasilkan dapat memiliki kualitas terbaik jika bahan baku yang dipilih adalah produk yang terbaik, utuh, dan terjamin.

Misalnya, saat pemilihan biji kopi akan dilakukan berdasarkan perbedaan proses perendaman atau dibedakan dari pilihan. Pemilihan biji kopi berdasarkan ukuran biasanya akan disortir menggunakan mesin khusus yang dilengkapi dengan sensor warna. Sedangkan dalam proses perendaman, biji kopi yang masih akan terpisah dari biji kopi yang terendam. Contoh lain, pada saat proses pemilihan buah nanas biasanya akan disortir berdasarkan ukuran untuk masuk ke proses pengalengan.

Pemotongan

Mengolah makanan yang biasanya membutuhkan pengukuran yang tepat. Sehingga akan membutuhkan teknologi mesin pemotong makanan. Untuk memudahkan dan membagi makanan dengan cepat dan tepat sesuai ukuran yang diinginkan. 

Pencucian

Setiap kali membuat makanan olahan, bahan bakunya harus melalui proses pencucian dan sterilisasi terlebih dahulu. Jika bahan bakunya tidak dicuci dan disterilkan terlebih dahulu, maka akan sangat berbahaya jika dikonsumsi kemudian. Misalnya, makanan yang penuh dengan kotoran atau debu bisa membuat orang yang memakannya menjadi keracunan dengan munculnya diare.

 Itulah  Pengertian Teknologi Pangan dan Prosesnya yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-Hari, sangat berguna untuk kehidupan manusia karena era sekarang karakter masyarakat yang konsumtif dalam bidang apapun. Semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat

Terimakasih

KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk " Pengertian Teknologi Pangan dan Prosesnya yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-Hari"