Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Kamu Ciri Khas yang Membedakan Wirausaha Produksi Massal dengan Usaha Kerajinan Secara Signifikan

Tahukah Kamu Ciri Khas yang Membedakan Wirausaha Produksi Massal dengan Usaha Kerajinan Secara Signifikan

Wirausaha adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis mandiri dengan kondisi seluruh sumber daya dan lainnya dibebankan kepada pelaku usaha tersebut( wirausahawan) dalam memproduksi produk baru, menentukan konsep juga dalam proses produksi.

Tujuannya dari wirausaha adalah untuk menghasilkan barang baru atau sesuatu yang baru dan memiliki nilai yang lebih dibandingkan sebelum barang tersebut diolah, selain itu tujuan dari wirausaha adalah mendapatkan penghasilan yang dapat mencukupi kebutuhan hidup.

Sedangkan orang yang menjalankan kegiatan wirausaha disebut dengan wirausahawan. Orang itulah yang  bertanggung jawab dalam menyusun manajemen operasional dari keseluruhan proses kegiatan usaha, mulai dari pengadaan sampai dengan pemasaran produk yang telah jadi. 

Seorang wirausahawan dituntut memiliki skill dalam membaca gejolak yang terjadi dipasar, harus memiliki kemampuan dalam menentukan tren yang terjadi dipasar agar produknya laku dan tidak salah sasaran dalam memasarkan.

Dalam menjalankan usahanya seorang wirausahawan dapat memilih cara produksinya, mereka dapat menggunakan produksi massal dan ada juga yang menggunakan teknik kerajinan.

Pengertian Produksi Massal dan Kerajinan 

Produksi Massal

Dalam menjalankan usaha ada yang menggunakan produksi masal, Produksi massal adalah tindakan menghasilkan barang secara banyak pada waktu bersamaan. Teknik dilakukan dengan tujuan menekan harga jual, namun memperbesar keuntungan. 

Barang yang dihasilkan dari produksi massal memiliki bentuk yang sama persis dan tidak memiliki keunikan tersendiri 

Kerajinan

Secara umum kerajinan adalah sebuah kegiatan yang melibatkan kesabaran, ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang, selain itu ketrampilan memiliki nilai seni yang terkandung didalamnya. Kerajinan menekankan pada sebuah ketrampilan tangan yang tinggi pada saat pengerjaannya. 

Kerajinan sendiri sering disebut dengan seni Kriya. Barang yang dihasilkan dari kerajinann memiliki nilai fungsi dan juga nilai estetika yang tinggi.

Baca juga Sebutkan keuntungan produksi massal

Ciri Khas yang Membedakan Wirausaha Produksi Massal dengan Kerajinan 

Kedua teknik tersebut memiliki ciri- ciri yang berbeda secara signifikanc perbedaan tersebut adalah sebagai berikut 

Produksi Massal 

  • Jumlah produksi massal besar-besaran 
  • Waktu yang diperlukan relative lebih sedikit 
  • Proses produksi singkat
  • Penampilan produk sama persis
  • Nilai jual sama 
  • Kualitas lebih rendah 

Kerajinan 

  • Produksi barang terbatas 
  • Nilai jual tinggi 
  • Waktu proses pembuatan relative lama 
  • Setiap produk memiliki variatif tinggi 
  • Kualitas produk relatif bagus

Itulah Ciri Khas yang membedakan wirausaha produksi massal dengan usaha kerajinan secara signifikan, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat Kitahebat 

Terimakasih 


KITA HEBAT
KITA HEBAT Sebuah media digital Indonesia yang memberikan konten profesional dengan standart pedoman yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Tahukah Kamu Ciri Khas yang Membedakan Wirausaha Produksi Massal dengan Usaha Kerajinan Secara Signifikan"