Cara Menghidupkan Komputer PC dengan Mudah Minim Resiko

KITA HEBAT – Tidak semua orang sanggup menyalakan komputer miliknya. Oleh sebab itu, mereka perlu memahami cara menghidupkan komputer dengan benar agar komponen lainnya bisa bertahan lebih lama.

Komponen utama ketika salah menyalakan komputer adalah power supply (PSU). Ya, ini merupakan komponen terpenting agar suatu komputer bisa menyala dan dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas bagi pemiliknya.

Tanpa adanya PSU atau ketika komponen ini rusak, jelas komputer tidak bisa menyala. Bahkan terkadang jika kondisinya rusak, maka komputer akan menyala lalu tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Maka dari itu, agar masalah tersebut tidak menimpamu, lebih baik pahami cara menghidupkan komputer dengan benar sebagai tercantum dalam konteks berikut!


Cara Menghidupkan Komputer PC

Tutorial ini dimulai dari hal yang paling dasar dan mungkin juga beberapa orang menganggapnya bahwa ini adalah hal sepele. Meskipun demikian, tutorial ini sangat penting, sehingga kamu perlu memahami cara menghidupkan komputer dengan baik dan benar, yaitu:

  1. Sambungkan Kabel Power PC ke Terminal
    Sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu bahwa power pada komputer dalam keadaan non aktif. Untuk mengetahuinya, coba periksa bagian saklar pada PSU (jika komputer kamu mendukungnya). Pastikanlah bahwa saklar berstatus OFF, sehingga tahap pertama ini bisa kamu lakukan.
  2. Sambungkan Kabel Monitor Terminal Listrik
    Jika monitor tidak mendukung arus daya menggunakan USB, maka segera hubungkan langsung ke terminal dan nyalakan. Namun jika monitor tersebut menggunakan kabel USB, maka sambungkan lah langsung ke port USB pada komputer kalian. Hal ini berguna agar monitor bisa menampilkan sistem komputer.
  1. Tekan Tombol Power Pada CPU
    Coba cari bagian tombol power CPU komputer milikmu. Biasanya berada di bagian depan paling atas (untuk tipe casing standar). Jika sudah mendapatkan tombol tersebut, tekan lalu lepaskan tombol tersebut. Nantinya komputer akan menyala dan pada monitor akan menampilkan jenis motherboard yang kamu gunakan.
  2. Tekan F2 atau F4
    Setelah komputer menampilkan informasi jenis motherboard, maka seketika itu kamu akan masuk ke halaman booting. Segera tekan F2 atau F4 satu sampai dua kali. Ingat, perintah booting ini tidak selalu sama. Bahkan sebagian komputer tidak akan memberi perintah semacam ini. Sebab, semua itu tergantung dari pengaturan Bios yang kamu terapkan. Setelah itu, tunggu hingga komputer menyala.

KITA HEBAT.