Jelaskan Mengenai Iklim di Australia, Terbagi Menjadi Beberapa Wilayah

KITA HEBAT – Apakah Anda sedang mencari jawaban dari soal jelaskan mengenai iklim di Australia ? Jika iya, Anda sudah berada ditempat yang tepat.

Karena Kita Hebat akan memberikan informasi dan juga jawaban tentang jelaskan mengenai iklim di Australia.

Australia adalah salah satu benua kecil yang terletak di selatan pulau Indonesia. Meskipun begitu, Australia adalah negara yang sangat maju.

Australia adalah sebuah negara benua yang terletak di belahan selatan Bumi dan dikelilingi oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Australia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, lanskap alam, dan sejarah yang unik. Kehidupan di sana mencerminkan perpaduan antara tradisi kuno dan modernitas yang dinamis.

Berikut ini adalah ulasan mengenai iklim di Australia.

Iklim di Australia

Menurut informasi dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Australia memiliki 3 wilayah iklim jika ditinjau dari garis lintangnya, diantaranya adalah :

1. Iklim tropis: Terletak di 10 derajat LS – 23 derajat LS, di Australia bagian utara.

2. Iklim subtropis: Terletak di 23 derajat LS – 35 derajat LS, di Australia bagian selatan.

3. Iklim sedang: terletak di 35 derajat LS – 44 derajat LS, di selatan Victoria dan Tasmania.

Selain itu iklim di Australia juga dipengaruhi oleh arus samudra, jarak dari laut, dan bentang alam.  Wilayah yang berada di daerah pantai utara, barat, dan timur Australia, memiliki suhu hangat karena pengaruh aliran arus panas. 

Sedangkan di sepanjang pantai selatan dan Tasmania, suhu udara relatif dingin karena aliran arus dingin.

Ciri – ciri Iklim di Australia

Australia memiliki beragam iklim dan topografinya yang bervariasi. Secara umum, iklim di Australia cenderung kering dan dipengaruhi oleh pengaruh lautan yang luas di sekitarnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri iklim di berbagai wilayah Australia:

Iklim Gurun: Bagian tengah Australia, seperti bagian dari Northern Territory dan Australia Barat, didominasi oleh iklim gurun yang sangat kering. Suhu bisa sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari.

Iklim Semi-Gurun: Beberapa daerah di sekitar iklim gurun memiliki iklim semi-gurun, dengan curah hujan yang sedikit lebih tinggi. Daerah ini dapat mengalami suhu ekstrem dan fluktuasi cuaca yang tajam.

Iklim Steppe: Bagian dalam negara bagian Queensland dan New South Wales memiliki iklim steppe yang memiliki sedikit lebih banyak curah hujan dibandingkan dengan daerah gurun dan semi-gurun.

Iklim Tropis: Wilayah utara Australia, termasuk sebagian besar Northern Territory dan pesisir Queensland, memiliki iklim tropis. Ini berarti musim hujan dan musim kering yang jelas, dengan musim hujan biasanya terjadi selama musim panas.

Iklim Lautan: Pesisir timur dan selatan Australia memiliki iklim laut yang lebih lembab, dengan suhu yang lebih sejuk dan curah hujan yang lebih merata sepanjang tahun.

Iklim Mediterania: Bagian selatan Australia, termasuk wilayah sekitar Melbourne dan Adelaide, memiliki iklim mediterania dengan musim panas yang hangat dan kering serta musim dingin yang basah dan sejuk.

Iklim Pegunungan: Wilayah pegunungan, seperti Pegunungan Alpen Victoria dan Pegunungan Pembagian Great Dividing Range, memiliki suhu yang lebih sejuk sepanjang tahun dan sering mengalami curah hujan yang lebih tinggi.

Iklim Gurun Salju: Bagian tertentu di Pegunungan Alpen Victoria dan Tasmania memiliki iklim gurun salju di mana musim dingin sangat dingin dan curah hujan turun dalam bentuk salju.

Itulah ulasan tentang jelaskan mengenai iklim di Australia, semoga bermanfaat.