Selat Apa yang Menjadi Pemisah Antara Singapura dan Malaysia

KITA HEBAT – Selat apa yang menjadi pemisah antara singapura dan Malaysia ? Jika Anda mendapatkan pertanyaan tersebut jangan khawatir cek ulasan berikut ini.Dalam geopolitik Asia Tenggara, perbatasan laut antara negara-negara sering kali memiliki dampak penting.

Salah satu perbatasan penting di wilayah ini adalah antara Singapura dan Malaysia. Perbatasan ini ditentukan oleh selat yang memisahkan dua negara tersebut.

Lalu selat apa yang menjadi pemisah antara singapura dan Malaysia ? Dalam artikel ini, Kita Hebat akan mengulas selat mana yang menjadi pemisah antara Singapura dan Malaysia, serta dampak pentingnya dalam hubungan kedua negara tersebut.

Apa itu Selat ?

Selat adalah sejenis perairan yang lebih sempit yang terletak di antara dua daratan atau pulau. Ini adalah bagian dari laut yang menghubungkan dua wilayah tetapi memiliki lebar yang lebih kecil daripada laut itu sendiri.

Selat biasanya memiliki kedalaman yang beragam dan dapat digunakan untuk lalu lintas maritim, perdagangan, dan transportasi antara dua wilayah yang dipisahkan oleh selat tersebut.

Selat Pemisah Singapura dan Malaysia

Selat yang menjadi pemisah antara Singapura dan Malaysia adalah Selat Johor. Selat ini memiliki peran krusial dalam menghubungkan Laut Cina Selatan dengan Laut Malaka.

Selat Johor adalah perpanjangan dari Sungai Johor yang mengalir dari barat laut dan memisahkan wilayah utara Singapura dengan wilayah selatan Semenanjung Malaysia.

Sejarah Singkat Perbatasan

Sejarah Selat Johor sebagai perbatasan antara Singapura dan Malaysia memiliki akar sejak masa kolonial. Pada abad ke-19, wilayah ini berada di bawah pengaruh berbagai kekuatan kolonial, termasuk Inggris dan Belanda.

Pembentukan perbatasan menjadi isu yang kompleks, terutama ketika Singapura merupakan bagian dari Federasi Malaysia sebelum merdeka pada tahun 1965.

Implikasi Geopolitik

Selat Johor memiliki implikasi geopolitik yang signifikan. Kontrol atas selat ini memengaruhi lalu lintas maritim, perdagangan, dan keamanan di wilayah tersebut.

Kedua negara memiliki kepentingan ekonomi dan keamanan yang terkait dengan selat ini. Ini mencakup masalah perlindungan lingkungan, penanggulangan pencemaran, dan keberlanjutan sumber daya laut.

Perkembangan Terkini

Dalam beberapa tahun terakhir, Singapura dan Malaysia telah bekerja sama untuk meningkatkan kerjasama lintas batas, termasuk kerjasama dalam mengatasi masalah lingkungan di sekitar Selat Johor.

Kedua negara telah bekerja sama dalam proyek-proyek perlindungan lingkungan dan pemulihan ekosistem.

Meningkatkan Hubungan Bilateral

Kesepakatan bilateral antara Singapura dan Malaysia berfokus pada menjaga stabilitas di kawasan Selat Johor. Mereka juga telah bekerja sama dalam hal pertukaran budaya, pendidikan, dan ekonomi. Dalam beberapa dekade terakhir, hubungan kedua negara telah mengalami perbaikan, mengarah pada kerjasama yang lebih baik.

Pertanyaan

Selat apa yang menjadi pemisah antara singapura dan Malaysia ?

a. johor

b. malaka

c. singapura

d. karimata

Jawaban

Dari ulasan diatas jawaban yang paling tepat adalah a. johor

Kesimpulan

Selat Johor memainkan peran penting sebagai pemisah antara Singapura dan Malaysia. Perbatasan ini memiliki implikasi yang mendalam dalam hal geopolitik, ekonomi, dan lingkungan.

Meskipun memiliki sejarah yang kompleks, kerjasama antara kedua negara telah membantu menjaga stabilitas dan meningkatkan hubungan bilateral.